Cara Install VirtualBox di Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish)

VirtualBox adalah alat virtualisasi sumber terbuka dan gratis untuk desktop dan server. Ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa mesin virtual dari sistem operasi yang berbeda secara bersamaan. Ini adalah hypervisor tipe 2 untuk virtualisasi x86.

Beberapa terminologi dasar yang digunakan di dunia Virtualisasi adalah: Sistem Operasi
Host (OS Host) – Ini adalah sistem operasi dari mesin fisik tempat VirtualBox diinstal atau akan diinstal. Host OS untuk kotak virtual dapat berupa Windows, UNIX dan Mac OS X. Sistem operasi tamu (Guest OS) – Ini adalah sistem operasi yang berjalan di dalam mesin virtual. Mesin virtual (VM) – Ini adalah lingkungan khusus yang dibuat VirtualBox untuk OS Tamu kami saat sedang berjalan. Dengan kata lain, kita dapat mengatakan bahwa kita menjalankan OS tamu di VM.
Dalam panduan ini, kita akan membahas cara menginstal VirtualBox di sistem Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) langkah demi langkah.
Persyaratan Sistem Minimum untuk VirtualBoxMinimal sistem Ubuntu 22.04 LTS diinstalSudo Pengguna dengan hak istimewa admin RAM 4GB atau lebih Prosesor Multi Core (4 CPU Core atau lebih)
Tanpa penundaan lebih lanjut, mari selami langkah-langkah instalasi

1) Perbarui Paket Sistem Cache

Untuk memperbarui cache paket sistem, jalankan
$ sudo apt update

2) Instal VirtualBox dengan apt command

Versi terbaru VirtualBox dan dependensinya tersedia di repositori paket default Ubuntu 22.04 LTS. Untuk melihat versi VirtualBox yang tersedia, jalankan
$ sudo apt-cache policy virtualbox

Untuk Menginstal VirtualBox beserta dependensinya, jalankan perintah berikut apt
$ sudo apt install -y virtualbox

Setelah VirtualBox berhasil diinstal, coba akses VirtualBox.
hhh
VirtualBox, ketik virtualbox di search dash.

Klik pada ikon VirtualBox, kita akan mendapatkan jendela berikut.

Ini menegaskan bahwa VirtualBox telah dimulai dengan sukses. Sebelum mulai membuat mesin virtual di dalam virtualbox, pertama-tama instal paket ekstensi di langkah berikutnya.

4) Instal Paket Ekstensi VirtualBox

VirtualBox Paket ekstensi menyediakan fungsionalitas tambahan untuk kotak virtual seperti dukungan untuk USB 2.0 & USB 3.0, boot PXE untuk Kartu Intel, enkripsi disk dan VirtualBox RDP.

Untuk menginstal paket ekstensi, pertama-tama mari kita unduh filenya menggunakan perintah wget di bawah wget.
$ wget https://download.virtualbox.org/virtualbox/6.1.32/Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack-6.1.32.vbox-extpack

Untuk menginstal paket ekstensi, jalankan command
$ berikut sudo VBoxManage extpack install Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack-6.1.32.vbox-extpack

Anda akan diminta untuk menerima perjanjian Lisensi, tekan ‘Y’ untuk menerimanya.

Layar di atas mengonfirmasi bahwa ekstensi GUI telah berhasil diinstal kembali. . Dari menu File pilih Preferences dan kemudian klik Extensions

. Jendela di atas juga mengonfirmasi bahwa ekstensi diinstal dan aktif. Sekarang, kami siap untuk membuat mesin virtual di dalam VirtualBox.

Catatan: Pastikan versi VirtualBox dan versi paket ekstensi harus cocok jika tidak, fungsionalitas tambahan tidak akan berfungsi dengan baik.

Itu saja dari panduan ini. Saya harap Anda telah menemukannya informatif dan berwawasan. Jangan ragu untuk mengirim pertanyaan dan umpan balik Anda di bagian komentar di bawah ini.