Cara membuat pengguna Sudo di Ubuntu Linux

Dalam posting ini, kami akan menunjukkan cara membuat pengguna sudo di Linux Ubuntu. Pengguna

Sudo adalah pengguna biasa di Linux yang memiliki beberapa hak admin untuk melakukan tugas administratif pada sistem. Di Linux, root adalah pengguna super yang memiliki hak admin penuh, tetapi tidak disarankan untuk memberikan kredensial root kepada pengguna lain atau bekerja pada sistem sebagai pengguna root.

Jadi, praktik terbaik adalah membuat pengguna biasa dan menetapkan hak sudo. Dengan demikian kita dapat melacak pengguna mana yang telah mengeksekusi perintah mana menggunakan log sudo (/var/log/auth.log).

Ketika kita menginstal Desktop Ubuntu atau server Ubuntu maka grup bernama ‘sudo’ dibuat secara otomatis. Jika kita menambahkan pengguna biasa ke grup sudo itu maka pengguna itu akan memiliki hak admin sudo.

Membuat Pengguna Sudo dari Baris Perintah

Dalam posting ini, kami telah menguji perintah berikut di Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish). Untuk membuat pengguna sudo baru, buka terminal dan beralih ke pengguna root dan jalankan perintah berikut,

# adduser

Example,
# adduser sysops

Perintah ini akan meminta untuk mengatur kata sandi pengguna sysops dan detail lainnya seperti yang ditunjukkan di bawah ini,

Output perintah id mengonfirmasi bahwa pengguna sysops berhasil dibuat, sekarang tambahkan pengguna ini ke grup sudo menggunakan perintah usermod,
# usermod -aG sudo sysops # id sysops

Output,

Untuk menambahkan pengguna yang ada ke grup sudo, jalankan

# usermod -aG Uji Pengguna Sudo sudo

, beralih ke pengguna sudo dan coba jalankan beberapa perintah admin dengan menempatkan sudo di depan command.
# su – sysops $ sudo ls -l /root $ sudo apt update

Seperti yang kita lihat di atas, pengguna sysops dapat menjalankan perintah admin dengan menempatkan Sudo di depan setiap perintah. Ketika kami menjalankan perintah dengan sudo pertama kali maka itu akan meminta Anda untuk memasukkan kata sandi pengguna dan akan menyimpannya selama 5 menit berikutnya. Setelah interval itu, ia akan meminta untuk memasukkan kata sandi lagi saat menjalankan perintah sudo.

Membuat pengguna sudo baru dari Lingkungan Desktop (GUI)

Jika Anda tidak nyaman dengan baris perintah dan ingin membuat pengguna sudo baru dari GUI, lihat langkah-langkah di bawah ini.

Dari Aktivitas, cari pengguna dan klik ikon pengguna seperti yang ditunjukkan di bawah ini,

Ini akan membawa kita ke jendela berikut, klik buka kunci dan masukkan kata sandi pengguna Anda,

Setelah memasukkan kredensial, klik opsi Tambah Pengguna dan tentukan detail pengguna seperti lengkap nama, nama pengguna, standar atau administrator (sudo) dan kata sandi.

Klik Add,

Hebat, jendela di atas menunjukkan bahwa pengguna sysops dibuat sebagai pengguna sudo (administrator). Untuk mulai menggunakan pengguna ini, keluar dan masuk dengan pengguna ini.

Itu saja dari posting ini. kami harap Anda telah belajar cara membuat pengguna sudo di ubuntu Linux dari baris perintah dan lingkungan desktop (GUI). Jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaan dan umpan balik Anda di bagian komentar di bawah ini.