Cara Memeriksa Penggunaan Ruang Disk Di Linux Menggunakan Ncdu

Panduan ini menjelaskan apa itu Ncdu, cara menginstal Ncdu di berbagai distribusi Linux dan cara menggunakan Ncdu untuk memeriksa penggunaan ruang disk di sistem operasi Linux dan Unix dengan contoh. SizeRun Ncdu Dalam Mode DiamSimpan Hasil Dalam FileAnalisis Penggunaan Disk Sistem Linux Jarak JauhNcdu KeybindingsKesimpulanApa itu Ncdu?

Ncdu, akronim dari NCurses  Disk Usage, adalah versi berbasis kutukan dari perintah ‘du’ yang terkenal. Ini menyediakan cara cepat untuk melihat direktori apa yang menggunakan ruang disk.

Meskipun ada banyak alat dan cara untuk menganalisis penggunaan disk di Linux, pengembang utilitas Ncdu tidak puas dengan semuanya. Jadi, ia mengembangkan Ncdu menggunakan bahasa pemrograman C dengan antarmuka ncurses.

Ncdu adalah penganalisis penggunaan disk yang sederhana dan cepat yang digunakan untuk menemukan direktori atau file mana yang menggunakan lebih banyak ruang baik pada sistem lokal atau jarak jauh.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita lanjutkan dan lihat cara menginstal Ncdu di Linux dan pelajari perintah Ncdu yang umum digunakan dengan contoh untuk memeriksa penggunaan disk di Linux dan sistem operasi mirip-Unix.
Install Ncdu Di Linux

Ncdu tersedia di repositori default sebagian besar distribusi Linux. Jadi, Anda dapat menginstalnya menggunakan manajer paket default distribusi.

Untuk menginstal Ncdu di Alpine Linux:

$ sudo apk add ncdu

Untuk menginstal Ncdu di Arch Linux, EndevourOS, Manjaro Linux, jalankan::

$ sudo pacman -S ncdu

Untuk menginstal Ncdu
Fedora, RHEL, CentOS, AlmaLinux, Rocky Linux:

$ sudo dnf install ncdu

Di sistem berbasis RHEL yang lebih lama, gunakan yum sebagai gantinya dnf:

$ sudo yum install ncdu

Untuk menginstal Ncdu di SUSE, openSUSE:ndu
Debian, Ubuntu, Linux Mint, Pop OS:

$ sudo apt install ncdu

Periksa Penggunaan Ruang Disk Di Linux Menggunakan Ncdu

Setelah diinstal, jalankan perintah Ncdu tanpa opsi apa pun untuk menganalisis penggunaan ruang disk direktori $HOME Anda di kotak Linux Anda.

$ ncdu

This perintah akan menganalisis direktori HOME Anda. Setelah menganalisis, itu akan menunjukkan kepada Anda laporan penggunaan disk, diurutkan dalam urutan menurun. Item yang lebih besar akan ditampilkan di atas.

Contoh output:

Gunakan panah ATAS/BAWAH (Atau k dan j di keyboard) untuk berpindah antar item.

Tekan “i” untuk melihat detail item yang dipilih.

Tekan “i” lagi untuk menutup jendela ini.

Untuk melihat item di dalam direktori yang dipilih, tekan panah “Kanan” atau tombol ENTER. Ini akan menampilkan daftar file dan direktori di dalam direktori yang dipilih.

Untuk kembali ke direktori induk, tekan “Kiri” panah.
Display Directory Size

Seperti yang sudah saya katakan, ketika kita menjalankan Ncdu tanpa flag, itu akan menunjukkan kepada kita ruang disk penggunaan direktori HOME. Kami juga dapat menampilkan ukuran direktori tertentu dengan menentukan jalur sebenarnya seperti di bawah ini.

$ ncdu Downloads/

Untuk menganalisis seluruh sistem file root (/), jalankan:

$ sudo ncdu -x /

Di sini, -x menunjukkan bahwa hanya menghitung file dan direktori pada sistem file yang sama dengan direktori yang sedang dipindai. Ini akan menghindari pemindaian perangkat yang terpasang.
Run Ncdu Dalam Mode Diam

Secara default, ncdu akan memperbarui layar output 10 kali per detik saat memindai direktori. Ini mungkin menghabiskan lebih banyak bandwidth jika Anda menganalisis penggunaan disk dari sistem jarak jauh.

Untungnya, ini akan dikurangi menjadi setiap 2 detik sekali dalam mode senyap. Kita dapat menggunakan fitur ini untuk menghemat bandwidth melalui koneksi jarak jauh.

Untuk menjalankan ncdu dalam mode senyap, gunakan tanda -q seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

$ ncdu -q

Simpan Hasil Dalam File

Kadang-kadang, Anda mungkin ingin menyimpan laporan dan tampilan pemindaian nanti. Dalam kasus seperti itu, pindai direktori dan ekspor hasilnya dalam format arsip apa pun untuk dilihat nanti seperti di bawah ini.

$ ncdu -1xo- / | gzip >export.gz

Perintah ini akan memindai direktori HOME dan menyimpan laporan pemindaian dalam file bernama export.gz.

Contoh output:

/usr/lib/locale/zh_CN.gbk/LC_MESSAGES/SYS_LC_MESSAGES 188375 files

Anda dapat melihatnya nanti dengan menjalankan perintah berikut:

$ zcat export.gz | ncdu -f-

Dimungkinkan juga untuk mengekspor ke file dan menelusurinya setelah pemindaian selesai:

$ ncdu -o- | tee export.file | ncdu -f-

Menganalisis Penggunaan Disk Sistem Linux Jarak Jauh

Untuk memindai sistem jarak jauh, tetapi menelusuri file secara lokal, jalankan:

$ ssh -C [email protected] ncdu -o- / | ncdu -f-

Di sini,
ostechnix adalah nama pengguna sistem jarak jauh saya.192.168.1.60 adalah alamat IP sistem jarak jauh.-C switch mengaktifkan kompresi.
Untuk keluar dari ncdu, tekan q.
Ncdu Keybindings

Berikut adalah daftar opsi kunci yang tersedia di ncdu utility.
up, k  – Pindahkan kursor ke atas.bawah, j  – Pindahkan kursor ke bawah.Panah kanan, tombol ENTER – Buka direktori yang dipilih.Panah kiri,