Cara Memperbaiki Error ‘NTFS Partition Is In An Unsafe State’ Di Linux

Suatu hari saya mem-boot sistem Windows 10 dengan live cd Ubuntu. Ketika saya mencoba memasang partisi Windows dari lingkungan live cd Linux, partisi windows menolak untuk dipasang dalam mode baca/tulis dan menampilkan kesalahan ini – partisi NTFS dalam keadaan tidak aman. Di bawah ini adalah pesan error lengkapnya:

$ sudo mount /dev/sda2 /mnt/

Di sini, /dev/sda2 adalah partisi Windows. Disk berisi sistem file yang tidak bersih (0, 0). Metadata disimpan di cache Windows, menolak untuk dipasang. Kembali ke mount read-only karena partisi NTFS dalam keadaan tidak aman. Harap lanjutkan dan matikan Windows sepenuhnya (tanpa hibernasi atau restart cepat.) Tidak dapat me-mount baca-tulis, mencoba read-only
Partisi dipasang dalam mode read-only tetapi bukan mode baca-tulis. Saya pikir ini karena shutdown yang tidak bersih, jadi saya mematikan sistem Windows dengan benar dan mem-bootnya lagi dengan live cd. Namun, saya mendapatkan pesan kesalahan yang sama. Saya masuk ke sistem Windows, lalu mem-boot ulang. Tapi saya masih mendapatkan masalah yang sama berulang kali.

Saya menjalankan perintah ntfsfix yang digunakan untuk memperbaiki kesalahan umum di partisi NTFS:

$ sudo ntfsfix /dev/sda2

Sample output:

Mounting volume... Windows dihibernasi, ditolak untuk dipasang. GAGAL Mencoba memperbaiki kesalahan... Memproses $MFT dan $MFTMirr... Membaca $MFT... OK Membaca $MFTMirr... OK Membandingkan $MFTMirr dengan $MFT... OK Memproses $MFT dan $MFTMirr berhasil diselesaikan . Menyetel flag yang diperlukan pada partisi... OK Akan mengosongkan jurnal ($File Log)... OK Windows dalam mode hibernasi, ditolak untuk dipasang. Remount gagal: Operasi tidak diizinkan

Sayangnya, tidak berhasil. Saya tidak dapat memasang partisi Windows dalam mode baca/tulis dari live cd Linux saya.

Akhirnya, saya menyelesaikan kesalahan “Partisi NTFS dalam keadaan tidak aman” dengan mematikan fitur “Pengaktifan Cepat” di sistem Windows 10 saya. Kali ini berhasil. Bagi mereka yang tidak dapat memasang partisi Windows dari Linux live cd atau dual boot Linux dan lingkungan Windows, cukup nonaktifkan fitur Fast Startup di Windows 10 atau 8 Anda untuk memasang partisi Windows NTFS dalam mode baca/tulis seperti yang ditunjukkan pada berikut langkah-langkahnya.

Nonaktifkan Fast Startup di Windows

Untuk menonaktifkan Fast Startup di Windows 10, buka Control Panel -> opsi Hardware and Sound.

Selanjutnya, klik “Power Options”.

Di jendela berikutnya, klik opsi “Choose what the power button does” di sidebar kiri.

Di bawah bagian “Tentukan tombol daya dan aktifkan proteksi kata sandi”, Anda akan melihat tautan berjudul “Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia”. Klik di atasnya.

Hapus centang pada kotak centang “Aktifkan startup cepat” untuk menonaktifkan startup cepat dan klik Simpan pengaturan.

Sekarang, Fast startup telah dinonaktifkan. Tutup aplikasi Panel Kontrol.

Sekarang saya dapat memasang partisi Windows dalam mode baca-tulis tanpa masalah apa pun.

Semoga ini membantu.