Cara Memperbaiki Kesalahan Dan Ketik Pada Perintah Konsol Sebelumnya Di Linux

Pernahkah Anda tanpa sadar menjalankan perintah dengan salah ketik di dalamnya? Nah, Anda cukup menekan panah ATAS/BAWAH untuk membuka riwayat perintah, menemukan perintah yang salah eja, dan mengedit kesalahan ketik, dan akhirnya menjalankannya kembali. Inilah yang biasanya dilakukan kebanyakan dari kita! Namun, ada juga cara lain untuk memperbaiki kesalahan ketik pada perintah yang dimasukkan sebelumnya. Dalam tutorial ini, kita akan melihat semua cara yang mungkin untuk memperbaiki kesalahan pada perintah konsol sebelumnya di Linux dan Unix.

Disclaimer:

Artikel ini berisi NSFW (Not Safe For Work), dan kata yang tidak biasa di beberapa tempat. Meskipun saya sedikit menutupi kata itu, saya tidak bisa menghindarinya sama sekali. Karena tidak ada cara untuk mengecualikan kata itu, terimalah permintaan maaf saya sebelumnya jika posting ini membuat Anda tidak nyaman dan jika saya menyinggung Anda dengan cara apa pun.
Contents
1. Perbaiki kesalahan pada perintah konsol sebelumnya menggunakan ‘thefck’ app1.1. Instalasi1.2. Konfigurasi1.3. penggunaan2. Perbaiki kesalahan dalam perintah menggunakan Fix2.1. Instal Perbaiki di Linux2.2. penggunaan3. Perbaiki perintah Bash yang salah eja dengan simbol Caret4. Perbaiki kesalahan ketik saat menggunakan cd commandBonus – Sarankan penginstalan paket saat menjalankan commandConclusion1 yang hilang. Memperbaiki kesalahan pada perintah konsol sebelumnya menggunakan ‘thefck’ app

Utilitas Thef*ck digunakan untuk memperbaiki kesalahan dan kesalahan ketik pada perintah yang dijalankan sebelumnya di Linux.

Apakah Anda menjalankan perintah dengan salah ketik secara terburu-buru? Apakah Anda lupa menambahkan sudo dalam perintah? Tidak masalah! Aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan perintah yang dikoreksi untuk perintah yang dieksekusi sebelumnya!!

Anda dapat memilih perintah yang benar dan tekan ENTER untuk menjalankannya. Tidak perlu menelusuri riwayat perintah untuk mengoreksi kesalahan ketik secara manual dalam suatu perintah!

Pengembang aplikasi ini mengambil inspirasi dari sebuah tweet dan membuat aplikasi keren ini. Itu ditulis dalam bahasa Python. Ini adalah aplikasi opensource dan kodenya tersedia untuk umum di GitHub.
1.1. Instalasi

Kita dapat menginstalnya menggunakan manajer paket PiP atau manajer paket default distribusi.

Pastikan Anda telah menginstal PiP.

Setelah menginstal PiP, jalankan perintah berikut untuk menginstalnya seperti di bawah ini:

$ pip3 install --user thefuck

Ini akan menginstal yang terbaru tersedia version.

Ini juga dikemas untuk banyak distribusi Linux dan Unix, sehingga Anda dapat menginstalnya menggunakan manajer paket default distribusi Anda. Lihat halaman GitHub proyek (diberikan di akhir) untuk mengetahui cara menginstalnya menggunakan manajer paket OS.
1.2. Konfigurasi

Disarankan untuk menambahkan baris berikut di .bash_profile, .bashrc, .zshrc atau skrip startup lainnya.

$ nano ~/.bashrc

Tambahkan baris berikut:

eval $(thefuck --alias fixthis)

Di sini, saya menggunakan ‘fixthis’ sebagai alias. Anda dapat menggunakan apa pun yang Anda inginkan sebagai alias.

Tekan Ctrl+o dan ENTER untuk menyimpan file dan Ctrl+x untuk menutupnya.

Jalankan perintah berikut untuk memperbarui perubahan:

$ source ~/.bashrc

1.3. Penggunaan

‘memperbaiki ini’ bekerja berdasarkan seperangkat aturan bawaan. Daftar lengkap aturan yang diaktifkan dapat ditemukan di sini. Anda juga dapat membuat aturan Anda sendiri.

Saat menjalankan perintah yang salah ketik, Perintah akan mencoba mencocokkan perintah sebelumnya dengan aturan. Jika kecocokan ditemukan, perintah baru dibuat menggunakan aturan yang cocok dan dieksekusi.

Mari kita lihat beberapa contoh.

Saya akan memperbarui sistem Manjaro saya menggunakan perintah berikut sebagai pengguna biasa:

$ pacman -Syu

Sample output:

error: Anda tidak dapat melakukan operasi ini kecuali Anda adalah root.

Seperti yang Anda lihat, perintah di atas menampilkan kesalahan izin. Karena, saya tidak menambahkan sudo di depan perintah.

Tidak perlu menambahkan sudo dan menjalankan kembali perintah. Yang harus Anda lakukan hanyalah menjalankan perintah ‘perbaiki ini’ seperti di bawah ini:

$ fixthis

Sekarang, ia akan mencantumkan saran perintah yang valid untuk perintah yang dieksekusi sebelumnya.

Jika itu yang ingin Anda jalankan, cukup tekan ENTER untuk menjalankannya. Jika tidak, tekan panah ATAS/BAWAH untuk menampilkan perintah lain yang disarankan.

Dalam kasus saya, saya menggunakan yang pertama, yang merupakan perintah yang benar, seperti yang ditunjukkan pada output di bawah ini.

sudo pacman -Syu [enter/↑/↓/ ctrl+c]

Lihat? Jika perintah sebelumnya gagal karena kesalahan izin, aplikasi ‘perbaiki ini’ akan menambahkan perintah dengan sudo dan menjalankannya lagi. Keren, kan? Untuk membatalkan menjalankan perintah, tekan ctrl+c.

Demikian pula, jika Anda menjalankan perintah yang salah eja, itu akan memperbaiki kesalahan ejaan dan menjalankan perintah lagi.

$ pithon

Sample output:

bash: pithon: command not found
$ fixthis python3 [enter/ /↓/ctrl+c]

Jika Anda ingin memperbaiki perintah secara rekursif hingga berhasil, Anda dapat menggunakan opsi -r:

$ fixthis -r

Lihat tampilan layar resmi yang dibuat oleh pengembangnya di bawah untuk contoh lebih lanjut.

Meskipun sangat berguna untuk memperbaiki kesalahan ketik, dan kesalahan dalam perintah Linux dengan cepat, aplikasi ini memiliki nama yang sensitif dan tidak pantas, jadi Anda mungkin tidak ingin menggunakannya dalam beberapa situasi.

Jika Anda merasa tidak nyaman saat menjalankan perintah ini dalam situasi seperti itu, Anda cukup membuat alias (Misalnya tolong, perbaiki ini) seperti yang ditunjukkan pada bagian “Konfigurasi” di atas.
2. Memperbaiki kesalahan dalam perintah menggunakan Fix

Fix adalah utilitas keren lainnya yang membantu kita memperbaiki kesalahan atau kesalahan ketik dengan cepat dalam suatu perintah. Meskipun Fix melakukan hal yang sama dengan thefck, namun sedikit berbeda.

Thefck kuat pada sintaks sedangkan Fix lebih baik ketika aspek semantik penting. Thef*ck tidak dapat memberi tahu Anda paket apa yang harus diinstal saat menjalankan skrip tidak berfungsi.

Utilitas Fix dimaksudkan untuk digunakan ketika Anda tidak tahu cara memperbaikinya sendiri. Ini menyarankan beberapa solusi untuk perintah yang salah ketik atau salah eja.

Menggunakan Codex AI OpenAI untuk menyarankan semua solusi yang mungkin untuk memperbaiki kesalahan dalam perintah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan perintah dengan ‘fix’, dan AI akan menyarankan solusi optimal.
2.1. Instal Fix di Linux

Instal Fix itu mudah!

1. Pertama, Anda perlu mendapatkan akses ke Codex API OpenAI.

2. Dan git clone repositori:

$ git clone https://github.com/tom-doerr/fix.git

Ini akan mengkloning konten repositori github proyek di folder lokal bernama ‘fix’.

3. cd ke direktori ‘perbaiki’:

$ cd fix

4. Tambahkan main.py ke $PATH:

$ cp Anda $PWD/main.py ~/.local/bin/fix

2.2 Anda. Penggunaan

Untuk memperbaiki perintah yang salah ketik, cukup tambahkan ‘fix’ di depan perintah seperti di bawah ini:

$ fix mkdir abc/def

Untuk memperbaiki perintah terakhir, cukup lakukan:

$ fix !!

AI menghasilkan sebagian besar solusi yang salah, tetapi cukup solusi yang dihasilkan benar-benar berfungsi agar bermanfaat.

Berikut adalah demo visual dari aplikasi Fix.

Disarankan baca:
Cara Berbeda Untuk Mengulangi Perintah Terakhir Anda Di Linux3. Perbaiki perintah Bash yang salah eja dengan simbol Caret

Trik ini hanya akan bekerja pada BASH.

Trik ini sangat sederhana. Kita cukup mengganti kata yang salah ketik dengan kata yang benar menggunakan simbol Caret (^).

Katakanlah Anda ingin membuat direktori dengan perintah ‘mkdir’. Tapi, Anda melewatkan ‘i’ dalam perintah dan memasukkan ‘mkdr’ sebagai gantinya seperti di bawah ini.

$ mkdr ostechnix bash: mkdr: command not found

Untuk memperbaiki kesalahan ketik pada perintah di atas, kita cukup mengganti ‘dr’ dengan ‘dir’ dengan Simbol tanda sisipan seperti di bawah ini:

$ ^dr^dir^

Sekarang Bash akan menafsirkan ini sebagai ‘mkdir’ dan menjalankannya dan menampilkan output seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

mkdir ostechnix
  1. Kesalahan ketik yang benar saat menggunakan cd command

    Saya sering mencoba mengetik cepat di konsol dan berakhir dengan kesalahan ketik saat memasukkan cd ke direktori.

$ cd Pctures bash: cd: Pctures: Tidak ada file atau direktori seperti itu

Saya akan melewatkan satu atau dua kata saat mengetik nama direktori. Jika Anda seperti saya, berikut adalah cara memperbaiki kesalahan ketik secara otomatis saat menggunakan perintah cd.

Untuk memperbaiki gangguan ini, edit file ~/.bashrc:

$ nano ~/.bashrc

Tambahkan baris berikut di akhir:

shopt -s cdspell

Press Ctrl+o dan ENTER untuk menyimpan file dan Ctrl+x untuk menutupnya.

Jalankan perintah berikut untuk memperbarui perubahan:

$ source ~/.bashrc

Mulai sekarang, shell Anda secara otomatis mengenali jalur direktori yang benar bahkan jika salah ketik .

Trik ini memiliki beberapa kelemahan. Kasus dan ketertiban itu penting.

Misalnya, jika Anda menggunakan ‘pctures’ alih-alih ‘Pctures’, itu tidak akan mengenali jalurnya. Di sini, saya telah menggunakan huruf kecil ‘p’ untuk direktori ‘Pictures’.

$ cd pctures bash: cd: pctures: No such file or directory

Juga jika Anda menggunakan ‘Pctrues’ alih-alih ‘Pctures’, itu masih tidak akan mengenali jalur direktori bahkan jika Anda menggunakan huruf besar dan kecil yang benar dan mengeluh bahwa tidak ada file atau direktori seperti itu.

$ cd Pctrues bash: cd: Pctrues: Tidak ada file atau direktori seperti itu

Di sini, saya telah mengubah urutan huruf dari direktori ‘Gambar’.

Juga, jika ada lebih dari satu huruf yang hilang di jalur direktori, itu tidak akan berfungsi dengan baik.

Harap dicatat bahwa tip ini hanya untuk perintah ‘cd’. Juga, tip ini hanya untuk Bash. Di Fish and Zsh, fitur ini adalah built-in.
Bonus – Sarankan instalasi paket ketika menjalankan perintah yang hilang

Anda seharusnya memperhatikan bahwa ketika Anda menjalankan perintah yang tidak tersedia, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan seperti di bawah ini:

bash: ....: command not found

Jika Anda mengetahui paket mana yang menyediakan perintah yang hilang, Anda cukup menginstal paket tersebut dan menjalankan kembali perintah tersebut. Namun jika Anda tidak mengetahuinya, Anda mungkin memerlukan sedikit bantuan.

Untuk mengurangi masalah ini, ada paket yang disebut ‘command-not-found’. Ini akan menyarankan daftar paket yang akan diinstal untuk menggunakan perintah yang tidak tersedia.

Ini akan secara otomatis mencari repositori resmi, ketika memasukkan perintah yang tidak dikenal atau tidak tersedia. Untuk detailnya, lihat tautan berikut.
Sarankan Pemasangan Paket Saat Menjalankan Perintah yang Tidak TersediaKesimpulan

Ini dia! Ini adalah beberapa cara untuk menangani kesalahan ketik dan kesalahan baris perintah di sistem Linux dan Unix. Anda dapat memilih salah satu yang cocok untuk Anda atau menggunakan kombinasi dari dua atau lebih. Misalnya, saya menggunakan ‘Fix’ dan ‘thefck’ dari waktu ke waktu.

Resources:
‘Thef
ck GitHub RepositoryPerbaiki Repositori GitHub
Direkomendasikan Baca:
Cara Menggunakan Fitur Pemeriksaan Ejaan Di Editor Teks Vim Aspell GNU – Pemeriksa Ejaan Gratis, Open Source, dan Independen