Cara Mengatur Variabel Lingkungan $PATH Kustom di Linux

Terkadang, Anda mungkin ingin mendefinisikan variabel $PATH kustom Anda sendiri yang, dalam banyak kasus, tidak disediakan oleh sistem operasi Anda. Melakukan ini akan memungkinkan Anda untuk memanggil variabel Anda dari lokasi mana pun di shell Linux tanpa menentukan path lengkap ke variabel atau perintah. Dalam tutorial ini, kami akan memandu Anda melalui bagaimana Anda dapat mengatur variabel $PATH kustom Anda di Linux. Ini berfungsi di semua distribusi Linux, jadi jangan khawatir tentang distribusi yang Anda gunakan. Ini akan bekerja dengan baik.

Set Custom $PATH Variables di Linux

Ketika Anda mengetik dan menjalankan perintah pada shell Linux, pada dasarnya Anda menyuruh shell untuk menjalankan program. Ini bahkan termasuk perintah dasar seperti mkdir, pwd, ls, mv dan banyak lagi. Sekarang, sistem operasi Anda tidak bolak-balik ke beberapa direktori untuk melihat apakah ada program atau dapat dieksekusi dengan nama itu. Program-program ini adalah bagian dari variabel lingkungan yang disebut $PATH.

Variabel lingkungan $PATH memberi tahu shell direktori mana yang menemukan file atau program yang dapat dieksekusi sebagai respons terhadap perintah yang dijalankan oleh pengguna. Perintah sederhana seperti cp, rm, mkdir, dan ls adalah program kecil yang dapat dieksekusi di direktori /usr/bin.

Untuk menemukan lokasi program yang dapat dieksekusi dari perintah shell, jalankan perintah which sebagai berikut:

$ which command

Misalnya, untuk mengidentifikasi lokasi perintah cp, misalnya, jalankan perintah:
$ which cp

Lokasi lain tempat Anda dapat menemukan program yang dapat dijalankan antara lain /usr/sbin, /usr/local/bin dan /usr/local/sbin

To periksa apa yang ada di $PATH Anda, jalankan perintah echo berikut:
$ echo $PATH

Ini menampilkan daftar semua direktori – dipisahkan oleh titik dua – yang menyimpan program yang dapat dieksekusi, beberapa di antaranya baru saja kami sebutkan beberapa waktu lalu.

Sekarang , kita akan menambahkan direktori kustom ke variabel $PATH.

Menyetel PATH

Anda sendiri Dalam contoh ini, kita memiliki skrip shell bernama myscript.sh di direktori skrip yang terletak di direktori home seperti yang ditunjukkan. Ini hanyalah skrip sederhana yang mencetak salam saat dipanggil.

Untuk menambahkan skrip ke PATH sehingga kita dapat memanggilnya atau menjalankannya di direktori mana pun kita berada, kita akan menggunakan sintaks:

$ export PATH=$PATH :/path/to/directory

Di sini, kita akan menjalankan perintah:
$ export PATH=$PATH:/home/linuxtechi/scripts

Sekarang, kita dapat mengeksekusi atau menjalankan skrip dari direktori mana pun di sistem hanya dengan mengetikkan namanya tanpa menyertakan path lengkap ke skrip.

Dalam cuplikan yang ditampilkan, kami menjalankan skrip di lokasi direktori yang berbeda hanya dengan memanggil nama skrip saja.

Menyetel PATH khusus secara permanen

Ketika Anda me-reboot sistem Anda, atau memulai terminal baru, jalur yang Anda tambahkan tidak bertahan . Karena alasan ini, sebaiknya Anda menyetel PATH secara permanen sehingga tetap ada bahkan setelah sistem dimulai ulang.

Untuk mencapai ini, Anda perlu menambahkan baris PATH ekspor ke ~/.bashrc  atau ~/.bash_profile file.

Jadi, buka salah satu dari dua file.
$ sudo vim ~/.bashrc

Kemudian tambahkan baris yang ditampilkan. Tentu saja, ini akan bervariasi sesuai dengan PATH Anda sendiri.
export PATH=$PATH:/home/linuxtechi/scripts

Simpan file dan keluar. Kemudian muat ulang perubahan menggunakan perintah source.
$ source ~/.bashrc

Pada titik ini, kita telah berhasil mengatur $PATH kustom di Linux. Itu saja dari tutorial ini, umpan balik dan pertanyaan Anda tentang ini sangat diterima.