Cara Menginstal Desktop openSUSE Leap 15.3 – Panduan Langkah demi Langkah

Panduan langkah demi langkah ini menjelaskan cara mengunduh edisi openSUSE Leap dan Tumbleweed terbaru dan cara menginstal edisi desktop openSUSE Leap 15.3 dengan tangkapan layar.
Contents
PendahuluanUnduh openSUSE ISO imageBuat media bootable openSUSEInstal openSUSE Leap 15,3 langkah demi langkahKesimpulanPendahuluan

open-source yang didorong komunitas openSUSE distribusi Linux. OpenSUSE hadir dalam dua rasa yang berbeda.
OpenSUSE LEAPOpenSUSE Tumbleweed
OpenSUSE Leap dirancang untuk LTS dan merupakan pilihan sempurna bagi mereka yang lebih menyukai versi stabil. Ini berbagi basis kode yang sama dengan “SUSE Enterprise Linux”. Rilis terbaru dari lompatan adalah 15.3.

OpenSUSE Tumbleweed adalah distribusi rilis bergulir dan lebih cocok untuk mereka yang lebih menyukai perangkat lunak terbaru dan terkini. Paket akan diperbarui ke versi terbaru dengan setiap rilis dan jika Anda adalah seseorang yang ingin menjaga sistem dan paket selalu up-to-date, tumbleweed adalah pilihan yang sempurna.
Download openSUSE ISO image

Anda dapat mendownload image iso dari halaman resmi openSUSE . Gambar ISO ditawarkan sebagai pemasangan jaringan dan pemasangan offline. Ketika Anda tidak memiliki koneksi internet selama penginstalan, unduh gambar iso dari penginstalan offline. Ukuran pemasangan offline akan sekitar 4 GB karena berisi semua binari yang diperlukan.
Create openSUSE bootable medium

Setelah file ISO openSUSE diunduh, Anda perlu membuat media USB yang dapat di-boot. Ada banyak alat pembuatan USB yang dapat di-boot tersedia untuk membuat media USB yang dapat di-boot

Anda dapat memilih salah satu dari alat berikut untuk membuat USB yang dapat di-boot Alma Linux.

Alat pembuatan USB yang dapat di-boot baris perintah:
Cara Membuat Drive USB Multiboot Dengan Ventoy Di LinuxCara Membuat USB yang Dapat Di-boot Berkendara Menggunakan dd CommandBootiso Memungkinkan Anda Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot dengan Aman Di Linux
Alat pembuatan USB yang dapat di-boot grafis:
Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dengan Ventoy WebUI Di LinuxMembuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dan Kartu SD Dengan Etcher Di LinuxPopsicle – Buat Beberapa Drive USB yang Dapat Di-boot SekaligusBuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dengan USBImager Di LinuxKindd – Tampilan Grafis Untuk dd Command
Jika Anda ingin menginstal dan menguji Alma Linux di hypervisor apa pun (Virtualbox, KVM, Vmware), lewati saja pembuatan media dan boot ISO image.
Instal openSUSE Leap 15.3 langkah demi langkah

LANGKAH 1 – Sekali gambar ISO di-boot, Anda akan melihat layar awal seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Pilih “Installation” dan tekan ENTER untuk memulai proses instalasi.

Installer akan memuat kernel dan semua modul lain yang diperlukan untuk instalasi.

LANGKAH 2 – Pada langkah ini, Anda harus mengatur tata letak keyboard, bahasa, dan perjanjian lisensi. Secara default, bahasa Inggris dipilih. Ubah sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat menggunakan tab “Uji keyboard” untuk menguji tata letak keyboard. Setelah semuanya diatur, tekan “Berikutnya”.

LANGKAH 3 – Jika penginstal mendeteksi konektivitas internet, Anda akan diminta untuk mengaktifkan repositori online. Repositori tambahan ini menawarkan paket terbaru bersama dengan perbaikan bug dan patch keamanan.

Klik “Ya” untuk mengaktifkan repositori online:

Disarankan setidaknya untuk memilih “Repositori utama” yang akan menerapkan patch keamanan terbaru selama instalasi.

LANGKAH 4 – Pilih lingkungan desktop atau server yang disukai.

Each lingkungan dibuat sebagai peran sistem. Untuk lingkungan desktop, Anda dapat memilih KDE Plasma, Gnome, atau Xfce.

Jika Anda hanya ingin memiliki antarmuka terminal, maka Anda dapat memilih “Server” yang akan menginstal beberapa paket yang diperlukan dan hanya menyediakan antarmuka tekstual untuk Anda.

Dalam kasus saya, ini akan menjadi peran “Gnome”.

LANGKAH 5 – Pada langkah ini, Anda harus mempartisi drive Anda. Jika Anda seorang pemula, saya sarankan untuk tetap menggunakan skema partisi default yang ditawarkan oleh penginstal. Jika tidak, pilih “Expert Partitioner” dan buat skema partisi Anda sendiri.

Pada langkah berikutnya, Anda akan mendapatkan jendela baru tempat Anda dapat membuat partisi secara manual. Ada juga opsi untuk membuat LVM, Skema partisi Raid.

Setelah Anda mengklik tombol “Tambah Partisi”, Anda akan diminta untuk memilih penyimpanan untuk partisi dan tekan Berikutnya.

Pada langkah berikutnya, pilih “sistem operasi” sebagai peran .

Pada langkah berikutnya, Anda dapat memformat drive dan mengatur jenis sistem file bersama dengan opsi titik pemasangan. Anda juga dapat mengontrol opsi fstab di jendela ini.

Ikuti langkah yang sama dan buat skema partisi kustom Anda sendiri. Setelah selesai, tekan next.

STEP 6 – Pada langkah ini, jam dan zona waktu harus diatur. Anda dapat memilih wilayah dan zona waktu dari kotak tarik-turun atau langsung mengeklik wilayah Anda di peta.

Anda juga dapat menyinkronkan waktu dengan server NTP. Di sini layanan NTP akan berjalan sebagai daemon. Klik “Pengaturan Lainnya” dan klik “Sinkronkan sekarang”.

Menyinkronkan jam dengan server NTP juga dapat dilakukan setelah sistem operasi diinstal.

LANGKAH 7 – Pada langkah ini, buat pengguna baru dan atur hak administrator untuk pengguna tersebut. Langkah ini dapat dilewati dan pengguna juga dapat dibuat di dalam sistem operasi. Namun, selalu disarankan untuk membuat pengguna selain pengguna root dan mengatur hak administratif yang memungkinkan Anda melakukan aktivitas sistem tanpa beralih sebagai pengguna root.

LANGKAH 8 – Pada langkah ini, gambaran umum Instalasi akan ditampilkan. Jika Anda ingin mengubah salah satu parameter, Anda dapat melakukannya dari halaman ini dari bagian masing-masing.

LANGKAH 9 – Tekan Instal untuk memulai penginstalan dan tunggu hingga penginstal melakukan tugasnya. Tergantung pada peran sistem yang Anda pilih pada langkah sebelumnya, waktu penginstalan dapat bervariasi.

Setelah penginstalan selesai, masuk ke sistem operasi yang baru diinstal dan mulai menggunakan openSUSE.

Periksa versi openSUSE yang diinstal menggunakan perintah:

$ cat /etc/os-release

Conclusion

Dalam artikel ini, saya telah menunjukkan kepada Anda petunjuk langkah demi langkah tentang cara menginstal OpenSUSE. Meskipun artikel ini menunjukkan langkah-langkah instalasi openSUSE Leap, prosedur instalasi akan hampir sama untuk Tumbleweed juga.

Untuk umpan balik atau saran, gunakan bagian komentar dan kami akan senang mendengar dari Anda.

Baca terkait:
Cara Menginstal Red Hat Enterprise Linux 8 (RHEL 8)Cara Menginstal AlmaLinux 8.4 – Panduan Langkah demi LangkahCara Menginstal Rocky Linux 8.4