Cara Menginstal Desktop Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish)

Ubuntu 22.04 LTS, dengan nama sandi Jammy Jellyfish, telah dirilis sebulan yang lalu. Panduan langkah demi langkah ini menjelaskan cara membuat drive USB bootable Ubuntu dan cara menginstal menginstal Ubuntu 22.04 LTS edisi desktop dengan screenshot.
Contents
Download Ubuntu 22.04 LTSCreate Ubuntu Bootable USB MediumInstall Desktop Ubuntu 22.04 Langkah Demi LangkahLangkah 1 – Boot Ubuntu ISOStep 2 – Pilih Instalasi BahasaLangkah 3 – Pilih Tata Letak KeyboardLangkah 4 – Pilih Pembaruan Dan Perangkat Lunak LainLangkah 5 – Pilih Jenis InstalasiLangkah 5.1 – Partisi OtomatisLangkah 5.2 – Metode Partisi ManualLangkah 6 – Pilih LokasiLangkah 7 – Masukkan Detail Nama Host dan Nama Pengguna AndaLangkah 8 – Masuk Ke Desktop Ubuntu 22.04 LTSKesimpulanUnduh Ubuntu 22.04 LTS

Head ke halaman unduh resmi Ubuntu dan unduh edisi desktop Ubuntu 22.04 LTS terbaru.

Persyaratan minimum untuk menginstal desktop Ubuntu pada PC atau Laptop Diberikan di bawah ini: Prosesor dual-core
2 GHz atau lebih baik, memori 4 GB, gratis 25 GB Ruang hard disk, Media Bootable USB, Koneksi Internet (Opsional). Buat Ubu ntu Bootable USB Medium

Setelah mengunduh ISO Ubuntu, Anda perlu membuat media USB yang dapat di-boot dengan file ISO. Ada banyak alat pembuatan USB yang dapat di-boot yang tersedia untuk membuat media USB yang dapat di-boot.

Kami telah membuat daftar beberapa alat untuk membuat drive USB yang dapat di-boot di Linux.

Baris perintah alat pembuatan USB yang dapat di-boot:
Cara Membuat Drive USB Multiboot Dengan Ventoy Di LinuxCara Membuat yang Dapat Di-boot Drive USB Menggunakan dd CommandBootiso Memungkinkan Anda Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot dengan Aman Di Linux
Alat pembuatan USB yang dapat di-boot grafis:
Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dengan Ventoy WebUI Di LinuxMembuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dan Kartu SD Dengan Etcher Di LinuxPopsicle – Buat Beberapa Drive USB yang Dapat Di-boot SekaligusBuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dengan USBImager Di LinuxKindd – Tampilan Grafis Untuk dd Command
Jika Anda ingin menginstal dan menguji Ubuntu Linux pada hypervisor apa pun (Virtualbox, KVM, Vmware), lewati saja langkah pembuatan media dan boot iso image.

Untuk tujuan demonstrasi, saya akan menginstal Mesin virtual Ubuntu di Proxmox VE.
Instal Desktop Ubuntu 22.04 Langkah Demi Langkah

Ubuntu adalah permulaan distribusi Linux yang sangat ramah, jadi menginstal Ubuntu tidak akan menjadi masalah besar. Cukup ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini dengan hati-hati dan Anda akan baik-baik saja.
Langkah 1 – Boot Ubuntu ISO

Boot sistem Anda dengan drive USB bootable Ubuntu 22.04 yang baru dibuat. Anda akan melihat menu berikut. Secara default, opsi pertama dipilih secara otomatis untuk boot ke sistem langsung.

Sekarang, Anda akan diberikan dua pilihan. Anda dapat mencoba versi Ubuntu langsung untuk melihat apa yang ada di sana atau mulai menginstalnya segera dengan mengklik tombol “Instal Ubuntu”. Saya telah memutuskan untuk menggunakan opsi kedua yaitu Instal Ubuntu.

Jika Anda lebih suka mencoba Ubuntu langsung tanpa membuat perubahan apa pun pada hard rive Anda, Anda dapat memilih opsi “Coba Ubuntu”. Jika Anda menyukai OS langsung dan ingin menginstal Ubuntu, klik dua kali tombol “Instal Ubuntu 22.04 LTS” di desktop atau Dash.
Ubuntu 2 – Pilih Bahasa Instalasi

Pilih bahasa instalasi pilihan Anda yang ingin Anda gunakan selama proses instalasi .
Langkah 3 – Pilih Tata Letak Papan Ketik

Pilih tata letak papan ketik untuk sistem Ubuntu Anda. Bahasa Inggris (AS) adalah tata letak default.
Langkah 4 – Pilih Pembaruan Dan Perangkat Lunak Lainnya

Pada langkah ini, Anda dapat memilih aplikasi apa yang ingin Anda instal. Ada dua pilihan.Instalasi
Normal. Jika Anda memilih ini, desktop Ubuntu lengkap akan diinstal dengan semua perangkat lunak penting, browser web, perangkat lunak perkantoran, permainan dan pemutar media. Instalasi minimal. Jika Anda memilih opsi ini, hanya browser web minimal dan sejumlah kecil utilitas dasar yang akan diinstal.
Anda juga dapat memilih,
to mendownload dan menginstal pembaruan saat menginstal Ubuntu 22.04,untuk menginstal perangkat lunak pihak ketiga untuk grafis dan driver WiFi dan lainnya codec medic.Langkah 5 – Pilih Jenis Instalasi

Pada langkah ini, Anda akan memiliki dua pilihan.
Metode partisi otomatis. Ini akan menghapus seluruh disk, secara otomatis mempartisi disk dan menginstal OS Ubuntu. Ini adalah pilihan untuk pemula. Secara manual mempartisi disk dan menginstal Ubuntu. Ini untuk pengguna menengah dan lanjutan.Langkah 5.1 – Partisi Otomatis
Jika Anda memilih opsi pertama, semua program dan data di hard disk Anda akan dihapus. Ini harus dipilih hanya ketika Anda tidak memiliki data penting atau tidak ingin data apa pun di hard drive Anda.

if Anda seorang pemula, disarankan untuk menggunakan metode partisi otomatis. Penginstal akan secara otomatis membuat partisi yang diperlukan untuk Anda. Anda tidak perlu membuat partisi secara manual sama sekali.

Anda selanjutnya dapat memilih opsi tambahan seperti LVM, menggunakan sistem file ZFS dan mengenkripsi instalasi Ubuntu baru dengan kunci keamanan dari tab “Fitur Lanjutan”.

Setelah memilih fitur, klik “Instal Sekarang” diikuti dengan tombol “Lanjutkan” untuk menulis perubahan partisi di disk Anda dan melanjutkan instalasi.

Sekarang lewati ke Langkah 6 dan selesaikan langkah-langkah selanjutnya.
Langkah 5.2 – Metode Partisi Manual
Dalam metode ini, Anda dapat membuat secara manual beberapa partisi dengan ukuran yang Anda inginkan. Opsi ini hanya untuk pengguna tingkat lanjut dan menengah.

Pilih opsi “Sesuatu yang lain” dan klik “Lanjutkan”.

Klik tombol “Tabel Partisi Baru”.

Dalam wizard berikutnya, klik tombol “Lanjutkan” untuk membuat tabel partisi kosong baru pada disk yang dipilih.

Pilih ruang kosong dan klik tanda + (plus) untuk membuat partisi baru.

Masukkan ukuran partisi, jenis partisi (yaitu primer atau logis), jenis sistem file (misalnya EXT4), dan titik pemasangan ( E.g. /home) dan klik OK.

Di sini saya akan membuat partisi HOME:

Anda akan melihat partisi yang baru dibuat di bawah bagian Device. Sekali lagi, pilih ruang kosong dan klik + sigh untuk membuat partisi lain.

Masukkan detail partisi dan klik OK. Di sini saya membuat partisi root (/) .

Selanjutnya, kita perlu membuat partisi Swap. Cukup ikuti langkah yang sama seperti yang ditunjukkan di atas untuk membuat partisi Swap. Satu-satunya perbedaan kecil adalah Anda harus memilih opsi swap sebagai sistem file seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Ukuran partisi Swap harus setidaknya ukuran RAM Anda.

Selanjutnya kita perlu membuat partisi boot. Pastikan Anda telah memilih /boot sebagai mount point.
Catatan: Jika Anda ingin menginstal Ubuntu pada disk GPT (Anda dapat memeriksanya melalui perintah ‘sudo parted -l’), Anda memerlukan partisi EFI (jika BIOS Anda diatur dalam mode EFI) atau partisi BIOS-Boot (jika BIOS Anda diatur dalam mode Legacy). Partisi EFI juga disebut sebagai ESP.

Buat partisi EFI seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Harap dicatat bahwa Anda harus memilih “EFI System Partition” sebagai jenis sistem file.

Anda dapat menggunakan sisa ruang disk untuk partisi lain seperti /var, /srv, /tmp dll.

Setelah membuat semua partisi, tinjau dan lihat apakah partisi tersebut tidak apa-apa untuk Anda. Jika Anda ingin menghapus partisi, pilih saja dan klik tanda – (minus). Anda dapat mengubah detail partisi dengan mengklik tombol “Ubah”.

Jika Anda setuju dengan skema partisi saat ini, cukup klik tombol “Instal Sekarang” untuk melanjutkan.

Klik tombol “Lanjutkan” untuk menulis perubahan ke disk .
Langkah 6 – Pilih Lokasi

Pilih tempat Anda tinggal dan klik tombol “Lanjutkan”.
Langkah 7 – Masukkan Nama Inang Anda Dan Detail Nama Pengguna

Masukkan nama sistem, nama pengguna, dan kata sandi yang kuat untuk pengguna.

Instalasi desktop Ubuntu 22.04 LTS akan dimulai sekarang.

Setelah penginstalan selesai, hapus media penginstalan dan reboot sistem Anda.
Langkah 8 – Login Ke Desktop Ubuntu 22.04 LTS

Login ke desktop Ubuntu yang baru diinstal.

Saat Anda login untuk pertama kali, Anda akan diminta untuk menghubungkan akun online Anda. Ini merupakan langkah opsional. Anda dapat melewatinya dengan aman untuk saat ini.

Selanjutnya Anda dapat memilih untuk ikut atau tidak ikut berbagi informasi tentang komputer Anda kepada pengembang Ubuntu untuk meningkatkan Ubuntu. Ini sepenuhnya terserah pilihan Anda.

Dalam langkah ini, Anda dapat memilih apakah Anda ingin mengizinkan/menolak aplikasi untuk menentukan lokasi geografis Anda saat ini.

Selamat! Ubuntu 22.04 LTS edisi desktop telah berhasil diinstal dan diatur di sistem Anda! Anda baik untuk pergi sekarang!! klik “Selesai” untuk menutup wizard ini.

Mulai menggunakan desktop Ubuntu 22.04 LTS!
Conclusion

Dalam tutorial langkah demi langkah ini, kami belajar cara mengunduh versi desktop Ubuntu 22.04 LTS terbaru dan cara membuat drive USB bootable Ubuntu menggunakan ISO dan akhirnya cara instal edisi desktop Ubuntu 22.04 LTS dengan screenshots.