Cara Menginstal Elementary OS 6.0 (Odin) Langkah demi Langkah

Akhirnya, penantian berakhir! Elementary OS 6.0 “Odin” yang sangat ditunggu-tunggu sekarang tersedia untuk diunduh. Penggemar Elementary OS telah menunggu dengan sabar selama lebih dari setahun sekarang setelah rilis “Hera”, Elementary OS 5.1 pada bulan Desember 2019.

Elementary OS 6.0 didasarkan pada Ubuntu 20.04 LTS dan dilengkapi dengan banyak fitur baru dan menarik, peningkatan UI , pembaruan kinerja bersama dengan beberapa aplikasi baru juga.Tanpa menunggu lebih lama, mari kita lihat semua fitur baru bersama dengan panduan instalasi terperinci dengan tangkapan layar.

Elementary OS 6.0 (Odin) – Fitur Baru
Mode Gelap – Salah satu fitur unggulan yang akan dirilis di Odin adalah gaya gelap atau fitur mode gelap. Saat Anda mengaktifkan mode gelap, semua aplikasi dan fitur akan secara otomatis berubah menjadi tema gelap. Pilihan juga disediakan untuk mengaktifkan mode gelap secara otomatis berdasarkan matahari terbit dan terbenam di kota Anda. Dengan Odin, Anda benar-benar dapat mengubah tampilan desktop dan aplikasi Anda dengan mengubah warna aksen, wallpaper, dan tema, dll. Teknologi Sandboxing – OS Odin yang semuanya baru menggunakan teknologi sandboxing terbaru untuk memberikan keamanan dan perlindungan tambahan. Dengan ini, Anda dapat melihat semua aplikasi disediakan sebagai aplikasi flatpak karena setiap aplikasi berjalan dari kotak pasirnya sendiri. Oleh karena itu, Anda dapat mengontrol setiap aplikasi menggunakan pengaturannya Dukungan Multi-Touch – Untuk orang yang menggunakan desktop layar sentuh, OS dasar 6.0 menghadirkan beberapa fitur interaksi gerakan yang menarik. Sapuan 3 jari sederhana memungkinkan Anda beralih antar ruang kerja dengan mudah. Gerakan dapat digunakan di seluruh OS karena Anda dapat menggesek untuk kembali ke layar sebelumnya di browser, mengabaikan pemberitahuan yang muncul di layar, dll. Peningkatan Pemberitahuan – Odin membawa serta fitur pemberitahuan yang disempurnakan iklan yang diperbarui karena gelembung pemberitahuan memungkinkan Anda untuk mengambil tindakan secara instan.Aplikasi Tugas Baru – Aplikasi Tugas baru memungkinkan Anda mengelola daftar tugas dengan mudah.Fitur dan peningkatan lainnya termasuk pembaruan firmware, aplikasi asli yang didesain ulang, UI aplikasi kamera yang disempurnakan, dll.
Persyaratan sistem minimum untuk Elementary OS 6.0

Persyaratan minimum untuk menginstal Elementary 6.0 OS di sistem Anda adalah sebagai berikut:
1 GB RAM10-15 GB space di hard disk AndaIntel i3 (atau) prosesor Dual Core 64-bitAkses ke internet
Langkah-Langkah Instalasi dengan Tangkapan Layar

Langkah 1) Unduh Elementary OS 6.0

Anda dapat unduh Elementary 6.0 ISO dari situs resminya. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengunduh:

Download Elementary 6.0 “Odin”

Langkah 2) Buat Disk Boot

Setelah Anda berhasil mengunduh OS dasar 6.0 ISO, Anda harus mulai membuat disk yang dapat di-boot untuk melanjutkan instalasi. Ubah pengaturan sistem Anda untuk boot menggunakan disk USB dan restart sistem Anda.

Direkomendasikan Baca: Cara Membuat Bootable USB Drive di Ubuntu / Linux Mint

Langkah 3) Mulai Instal Elementary OS 6.0

Setelah Anda me-restart sistem Anda, installer OS dasar akan secara otomatis memulai . Anda dapat melihat layar berikut dan proses booting dimulai,

Step 4) Pilih Bahasa Anda

Langkah selanjutnya adalah memilih bahasa yang Anda inginkan. Secara default, Bahasa Inggris disorot, klik pilih untuk melanjutkan atau pilih bahasa lain pilihan Anda dan lanjutkan

Langkah 5) Pilih Tata Letak Papan Ketik

Selanjutnya Anda harus memilih tata letak papan ketik pilihan Anda. Bahasa Inggris (AS) disorot secara default, tekan Enter untuk melanjutkan penginstalan OS sebelum menginstalnya ke dalam sistem Anda, klik “Coba Demo Mode” dan mainkan dengan semua fitur OS dasar 6.0.

Jika Anda menginstalnya di sistem baru atau ingin menghapus semuanya dan menginstal salinan OS baru ke sistem Anda , pilih opsi “Hapus Disk dan Instal”

Jika Anda lebih suka instalasi khusus dan ingin membuat partisi sendiri, pilih opsi “Instal Kustom (Lanjutan)”.

Karena saya melakukan instalasi di sistem baru, saya akan memilih opsi hapus disk dan instal .

Langkah 7) Pilih Drive untuk Instalasi OS

Langkah selanjutnya adalah memilih drive di mana Anda memerlukan instalasi untuk dilakukan

Ste p 8) Aktifkan Enkripsi Drive

Jika Anda perlu mengaktifkan enkripsi drive, lalu klik pilih kata sandi untuk membuat kata sandi. Ini diperlukan jika Anda menginginkan perlindungan tambahan untuk drive ini. Setiap kali drive dihidupkan, Anda harus memberikan kata sandi yang baru saja Anda buat untuk mengakses drive. Klik “Jangan Enkripsi” jika Anda tidak ingin enkripsi drive dan lanjutkan.

Langkah 9) Instalasi Dimulai

Proses instalasi dimulai, dan akan memakan waktu minimal 5-10 menit untuk menyelesaikan instalasi.

Langkah 10) Restart Sistem Anda

Setelah instalasi selesai selesai, klik “Restart Device” untuk menyelesaikan proses instalasi.

Step 11) Buat Akun Lokal

Setelah sistem dimulai ulang, Ikuti petunjuk Layar untuk mengonfigurasi tata letak Bahasa dan Keyboard, lalu penginstal akan meminta Anda membuat akun untuk mengakses Elementary OS 6.0. Berikan nama, nama pengguna, dan kata sandi Anda untuk membuat akun Anda sendiri.

Setelah Anda memberikan semua detailnya, klik “Selesaikan Penyiapan” untuk menyelesaikan proses penyiapan. Ini akan meminta kata sandi Anda, masukkan kata sandi yang baru saja Anda buat dan jelajahi semua fitur di Elementary 6.0.

Langkah 12) Layar Selamat Datang

Layar pembuka Elementary OS 6.0 muncul dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa OS.

Anda dapat mulai bermain dengan distribusi Linux baru yang menarik dan bersenang-senang!!!

Baca Juga : 14 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menginstal Elementary OS 6 (Odin)