Cara Menginstal KVM di Ubuntu 22.04 (Jammy Jellyfish)

KVM, akronim untuk Mesin Virtual berbasis Kernel adalah teknologi virtualisasi opensource yang terintegrasi ke dalam kernel Linux. Ini adalah hypervisor tipe 1 (bare metal ) yang memungkinkan kernel untuk bertindak sebagai hypervisor bare-metal.

KVM memungkinkan pengguna untuk membuat dan menjalankan beberapa mesin tamu yang dapat berupa Windows atau Linux. Setiap mesin tamu berjalan secara independen dari mesin virtual lain dan OS yang mendasarinya (sistem host) dan memiliki sumber daya komputasi sendiri seperti CPU, RAM, antarmuka jaringan, dan penyimpanan untuk menyebutkan beberapa.

Panduan ini menunjukkan cara menginstal KVM di Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Ubur-ubur). Di akhir panduan ini, kami akan mendemonstrasikan bagaimana Anda dapat membuat mesin virtual setelah instalasi KVM selesai.

1) Perbarui Ubuntu 22.04

Untuk memulai, luncurkan terminal dan perbarui indeks paket lokal Anda sebagai berikut.
$ sudo apt update

2) Periksa apakah Virtualisasi diaktifkan

Sebelum Anda melanjutkan lebih jauh, Anda perlu memeriksa apakah CPU Anda mendukung virtualisasi KVM. Agar ini memungkinkan, sistem Anda harus memiliki prosesor Intel VT-x( vmx ) atau prosesor AMD-V (svm).

Ini dicapai dengan menjalankan perintah berikut. jika output lebih besar dari 0, maka virtualisasi diaktifkan. Jika tidak, virtualisasi dinonaktifkan dan Anda harus mengaktifkannya.
$ egrep -c ‘(vmx|svm)’ /proc/cpuinfo

Dari output di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa virtualisasi diaktifkan karena hasil yang dicetak lebih besar dari 0. Jika Virtualisasi tidak diaktifkan, pastikan untuk mengaktifkan fitur virtualisasi di pengaturan BIOS sistem Anda.

Selain itu, Anda dapat memverifikasi apakah virtualisasi KVM diaktifkan dengan menjalankan perintah berikut:
$ kvm-ok

Agar ini berfungsi, Anda harus menginstal cpu -checker package, jika tidak, Anda akan menemukan kesalahan ‘Command ‘kvm-ok’ not found’.

Di bawah ini, Anda akan mendapatkan petunjuk tentang cara mengatasi masalah ini, dan itu adalah menginstal paket cpu-checker.

Oleh karena itu, instal paket cpu-checker sebagai berikut.
$ sudo apt install -y cpu-checker

Kemudian jalankan perintah kvm-ok, dan jika virtualisasi KVM diaktifkan, Anda akan mendapatkan output berikut.
$ kvm-ok

3) Instal KVM di U buntu 22.04

Selanjutnya, jalankan perintah di bawah ini untuk menginstal KVM dan paket virtualisasi tambahan di Ubuntu 22.04.
$ sudo apt install -y qemu-kvm virt-manager libvirt-daemon-system virtinst libvirt-clients bridge-utils

Mari kita pecahkan paket-paket yang kami menginstal:
qemu-kvm  – Emulator opensource dan paket virtualisasi yang menyediakan emulation.virt-manager perangkat keras – Antarmuka grafis berbasis Qt untuk mengelola mesin virtual melalui libvirt daemon.libvirt-daemon-system – Paket yang menyediakan file konfigurasi diperlukan untuk menjalankan libvirt daemon.virtinst – Satu set utilitas baris perintah untuk menyediakan dan memodifikasi mesin virtual.libvirt-clients Satu set library dan API sisi klien untuk mengelola dan mengontrol mesin virtual & hypervisor dari command line.bridge -utils – Seperangkat alat untuk membuat dan mengelola perangkat bridge.
 4) Aktifkan daemon virtualisasi (libvirtd)

Dengan semua paket terinstal, aktifkan dan mulai daemon Libvirt.
$ sudo systemctl enable –now libvirtd $ sudo systemctl start libvirtd

Konfirmasi bahwa daemon virtualisasi berjalan seperti yang ditunjukkan.
$ sudo systemctl status libvirtd

Selain itu, Anda perlu menambahkan pengguna dan libvirtvin yang sedang login ke libvirtvinm grup sehingga mereka dapat membuat dan mengelola mesin virtual.
$ sudo usermod -aG kvm $USER $ sudo usermod -aG libvirt $USER

Variabel lingkungan $USER menunjuk ke nama pengguna yang saat ini masuk. Untuk menerapkan perubahan ini, Anda harus keluar dan masuk kembali.

5) Buat Jembatan Jaringan (br0)

Jika Anda berencana untuk mengakses mesin virtual KVM di luar dari sistem Ubuntu 22.04 Anda, maka Anda harus memetakan antarmuka VM ke jembatan jaringan. Meskipun jembatan virtual bernama virbr0, dibuat secara otomatis ketika KVM diinstal tetapi digunakan untuk tujuan pengujian.

Untuk membuat jembatan jaringan, buat file ’01-netcfg.yaml’ dengan konten berikut di bawah folder /etc/netplan.
$ sudo vi /etc/netplan/01-netcfg.yaml network:   ethernets:     enp0s3:       dhcp4: false       dhcp6: false   # add configuration for bridge interface   bridges:     br0:       interfaces     4 68      68 alamat: [enp 2. ] MacAddress: 08: 00: 27: 4b: 1d: 45 Rute: – ke: Default via: 192.168.1.1 Metrik: 100 Nameser Server: Alamat: [4.2.2.2] Parameter: STP: False DHCP6: Salah Versi: 2

nsvave dan Keluar file.

Catatan: Detail ini sesuai pengaturan saya, jadi ganti entri alamat IP, nama antarmuka, dan alamat mac sesuai pengaturan Anda.

Untuk menerapkan perubahan di atas, jalankan ‘netplan apply’
$ sudo netplan apply

Verifikasi jaringan b ridge ‘br0’, jalankan di bawah ip command
$ ip add show

6) Luncurkan KVM Virtual Machines Manager

Dengan KVM terinstal, Anda dapat mulai membuat mesin virtual menggunakan alat GUI virt-manager. Untuk memulai, gunakan utilitas pencarian GNOME dan cari ‘Manajer mesin Virtual’.

Klik ikon yang muncul.

Ini meluncurkan Antarmuka Manajer Mesin Virtual.

Klik “File” lalu pilih “Mesin Virtual Baru”. Atau, Anda dapat mengklik tombol yang ditampilkan.

Ini muncul untuk membuka wizard penginstalan mesin virtual yang memberi Anda empat opsi berikut:
Media instal lokal ( ISO image atau CDROM ) Instal Jaringan ( HTTP, HTTPS, dan FTP ) Impor disk image yang ada Manual Instal
Dalam panduan ini, kami telah mengunduh gambar ISO Debian 11, dan oleh karena itu, jika Anda memiliki gambar ISO, pilih opsi pertama dan klik ‘Teruskan’.

Pada langkah berikutnya, klik ‘Jelajahi’ untuk menavigasi ke lokasi ISO image,

Di jendela berikutnya, klik ‘Browse local’ untuk memilih image ISO dari direktori lokal di PC Linux Anda.

Seperti yang ditunjukkan di bawah ini, kami telah memilih image ISO Debian 11. Kemudian klik ‘Open’

Setelah image ISO dipilih, klik ‘Forward’ untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Selanjutnya, tentukan RAM dan jumlah core CPU untuk mesin virtual Anda dan klik ‘Forward’.

Pada langkah berikutnya, tentukan ruang disk untuk mesin virtual Anda dan klik ‘Teruskan’.

Untuk mengaitkan nic mesin virtual ke jembatan jaringan, klik ‘Pilihan jaringan’ dan pilih br0 bridge.

Akhirnya, klik ‘Selesai’ untuk menyelesaikan pengaturan mesin virtual.

kemudian,bsp pembuatan mesin virtual akan dimulai.

Setelah selesai, mesin virtual akan mulai dengan penginstal OS yang ditampilkan. Di bawah ini adalah penginstal Debian 11 yang mencantumkan opsi untuk penginstalan. Dari sini, Anda dapat melanjutkan untuk menginstal sistem pilihan Anda.

Conclusion
Dan hanya itu. Dalam panduan ini, kami telah menunjukkan bagaimana Anda dapat menginstal hypervisor KVM di Ubuntu 22.04. Umpan balik Anda tentang panduan ini sangat disambut.

Baca Juga: Cara Membuat Snapshot Mesin Virtual KVM dengan Virsh Command