Cara Menginstal Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish)

Halo Pengguna Ubuntu, Canonical telah merilis sistem operasi desktop Ubuntu 22.04 LTS yang ditunggu-tunggu pada 21 April 2022. Nama kode untuk Ubuntu 22.04 adalah Jammy Jellyfish dan merupakan rilis LTS (Dukungan Jangka Panjang) dan akan mendapatkan pembaruan dan dukungan untuk 5 tahun ke depan.

Dalam panduan ini, kita akan belajar cara menginstal Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) langkah demi langkah dengan tangkapan layar. Sebelum pindah ke bagian instalasi, mari kita lihat apa saja fitur dan peningkatan baru di Ubuntu 22.04 LTS.
Logo Baru – Ubuntu 22.04 hadir dengan logo ubuntu baru. Peningkatan Mode Dock – Rilis ini menambahkan fungsionalitas baru ke dock yang dapat kita ubah ukurannya dock.Liberty untuk mengubah warna tema – Ini memungkinkan Anda untuk mengubah tema oranye default dan mempersonalisasi pengalaman desktop.Pengantar alat tangkapan layar dan screencast baru – Karena GNOME 42 diperkenalkan di Ubuntu 22.04, ia memiliki alat tangkapan layar dan screencast baru secara default. Pengenalan penginstal berbasis flutter baru – Ubuntu 22.04 LTS hadir dengan penginstal berbasis flutter yang memungkinkan Anda memilih ZFS dan LVM saat menginstal Ubuntu di sistem Anda. Grub Baru (Boot loader) 2.06 – Secara default, fitur pemeriksa OS dinonaktifkan di Grub 2.06. Anda harus mengaktifkannya jika Anda berencana untuk memiliki sistem dual boot. Sedikit Peningkatan di Pusat perangkat lunak. Memungkinkan untuk mengonfigurasi pengaturan multi-monitor. Kernel Linux Baru 5.15 LTS Versi baru Perangkat Lunak seperti openssl 3.0, Python 3.10, GCC 11 dan PHP 8.1.
Persyaratan Sistem Minimum untuk Menginstal Ubuntu 22.04 LTS
RAM 4 GB atau lebih Ruang hard disk kosong 25 GBProsesor Inti Ganda (2 GHz)Media Instalasi yang Dapat Di-bootKoneksi Internet Stabil (Opsional)
Tanpa basa-basi lagi, mari selami langkah-langkah instalasi Ubuntu 22.04.

1) Unduh Ubuntu 22.04 File ISO

Unduh file iso Ubuntu 22.04 LTS dari portal web resmi ubuntu. Gunakan di bawah URL:
Unduh Ubuntu 22.04 – Jammy Jellyfish
2) Buat Media Instalasi yang Dapat Di-boot

Setelah file ISO diunduh di sistem Anda, kemudian bakar ke dalam USB Stick dan buat itu bisa di-boot.

Gunakan Rufus pada operasi Windows untuk membuat media yang dapat di-boot dan di Linux lihat panduan berikut.
Cara Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot di Ubuntu / Linux Mint
3) Sistem Boot dengan Media Instalasi yang Dapat Di-boot

Reboot sistem target tempat kita ingin menginstal Ubuntu 22.04. Buka pengaturan biosnya dan ubah media boot dari hard disk ke drive USB.

Ketika sistem boot dengan media yang dapat di-boot, kita akan mendapatkan layar berikut.

Pilih ‘Coba atau Instal Ubuntu’ dan tekan enter.

Di layar berikutnya, klik pada ‘Install Ubuntu’

3) Pilih Keyboard Layout

Pilih layout keyboard yang Anda inginkan lalu klik ‘continue’

4) Siapkan Instalasi

Pada langkah ini, kita harus memilih jenis instalasi. Ada dua opsi, Instalasi Normal dan Minimal. Dalam Instalasi Normal, semua aplikasi terkait GUI akan diinstal sedangkan dalam minimal hanya aplikasi dasar yang akan diinstal.

Instalasi normal adalah yang disarankan untuk mendapatkan pengalaman desktop yang lebih baik. Ketika Anda memiliki koneksi internet selama penginstalan dan ingin menginstal semua pembaruan & perangkat lunak grafis pihak ketiga dan driver wifi dan format media tambahan, maka Anda dapat memilih kedua opsi yang lain tetap sebagai untick.

Klik ‘Lanjutkan’ untuk melanjutkan lebih lanjut

5)  Pilih Jenis Instalasi

Pada langkah ini, kita akan diminta untuk memilih jenis instalasi. Di sini jenis instalasi berarti skema partisi.

Berikut adalah dua jenis instalasi:
Erase Disk dan Instal Ubuntu – Ini akan menghapus seluruh disk dan akan membuat partisi secara otomatis. Sesuatu yang lain – Untuk membuat skema partisi kustomisasi sendiri lalu pilih ‘Sesuatu yang lain’.
If Anda baru mengenal Ubuntu Linux, maka disarankan untuk menggunakan opsi pertama. Dalam panduan ini, saya akan menunjukkan cara membuat skema partisi khusus melalui opsi lain.

Klik ‘Lanjutkan’ dan kemudian kita akan mendapatkan layar berikut,

Seperti yang bisa kita lihat, kita memiliki ruang disk 40 GB untuk Instalasi Ubuntu 22.04. Kita akan membuat partisi berikut di dalamnya.
/boot       –    2 GB (ext4 file system) /home    –    26 GB (xfs file system)/             –     10 GB (xfs file system)Swap       file system mulai membuat partisi, pertama buat tabel partisi kosong.

Pilih Perangkat -> Klik ‘Tabel Partisi Baru’

Klik Lanjutkan,

Sekarang Buat partisi pertama kami sebagai /boot ukuran 2 GB. Pilih Ruang Kosong -> Klik + simbol

Klik OK.

Sama halnya Buat /home dan / partisi masing-masing berukuran 26 GB & 10 GB.

Klik ‘OK’

Akhirnya buat partisi terakhir kami sebagai swap dengan ukuran 2 GB.
n selesaikan pembuatan partisi.

Catatan : Jika Anda menggunakan disk GPT maka Anda harus membuat partisi EFI berukuran antara 100 – 250 MB dan mencadangkan area boot bios minimal 1MB.

Setelah Anda selesai dengan skema partisi, klik ‘Instal Sekarang’ opsi di layar berikut untuk melanjutkan instalasi lebih lanjut

Di layar berikutnya, pilih ‘Lanjutkan’ untuk menulis perubahan ke disk.

6) Pilih Lokasi Pilihan Anda

Pilih lokasi sesuai wilayah Anda saat ini, itu akan mengonfigurasi zona waktu yang sesuai.

7) Buat Pengguna dan Atur nama Host

Pada langkah ini, tentukan nama pengguna lokal dan kata sandinya. Kami akan menggunakan pengguna ini setelah instalasi OS. Tentukan juga nama host sistem Anda.

Klik Lanjutkan untuk melanjutkan lebih jauh dengan instalasi

8) Instalasi Ubuntu 22.04 Dimulai

Seperti yang kita lihat di jendela berikut, instalasi telah dimulai, dan sedang berlangsung.

Setelah instalasi selesai, kita akan diminta untuk reboot sistem.

Klik ‘Mulai Ulang Sekarang’ untuk mem-boot ulang sistem. Juga jangan lupa untuk mengubah media boot dari USB ke hard disk dari pengaturan bios.

9) Layar Login setelah Instalasi Ubuntu 22.04

Ketika sistem boot setelah reboot, kita akan mendapatkan layar login berikut.

Gunakan kredensial pengguna yang sama yang telah kita buat selama instalasi dan tekan enter,

Great, layar di atas mengonfirmasi bahwa Ubuntu 22.04 berhasil diinstal. Cobalah untuk menjelajahi fitur-fitur baru Ubuntu 22.04 LTS dan bersenang-senang 😊.

Itu saja dari panduan ini, saya harap Anda merasa informatif. Silakan kirim pertanyaan dan umpan balik Anda di bagian komentar di bawah ini.