Cara Menginstal VMware Workstation Di Ubuntu 22.04 | 20,04

Dalam panduan ini, kami akan fokus pada cara menginstal VMware Work Station Pro di Ubuntu 22.04 | 20.04.

VMware Workstation adalah hypervisor tipe 2 yang dirancang untuk sistem Windows dan Linux. Ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola mesin virtual di lingkungan Windows atau Linux.

Vmware Workstation secara luas dikategorikan ke dalam dua produk: VMware Workstation Player dan VMware Workstation Pro.

VMware Workstation Player gratis untuk penggunaan pribadi sedangkan VMware Workstation Pro memerlukan lisensi. Yang pertama adalah alat non-komersial dan hanya menyediakan fungsionalitas dasar sedangkan Workstation Pro adalah solusi virtualisasi profesional dan lebih canggih. Keduanya berjalan di sistem Linux dan Windows dan memiliki persyaratan instalasi yang hampir sama. Selain itu, keduanya berjalan pada arsitektur berbasis x86 dengan Intel 64-bit dan CPU AMD.

1) Unduh VMware Workstation PRO

VMware Workstation Player tidak dihosting secara resmi di repositori Ubuntu 22.04 & 20.04. Untuk menginstal VMware Workstation di Ubuntu 22.04, kunjungi Halaman unduhan VMWare Resmi dan unduh bundel instalasi seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Pada saat menulis panduan ini, versi terbaru adalah VMware Workstation Pro 16, dan ukuran unduhan sedikit di atas 500MB.

bundel instalasi diunduh di folder Unduhan yang terletak di direktori home Anda. Anda dapat mengonfirmasi ini menggunakan perintah ls sebagai berikut.
$ ls Downloads

2) Instal VMware Workstation

Untuk menginstal VMware Workstation, jalankan perintah bash berikut. Harap dicatat bahwa nama file instalasi VMware Workstation akan berbeda dari milik Anda jika versi yang lebih baru akan tersedia.
$ sudo bash VMware-Workstation-Full-16.2.4-20089737.x86_64.bundle

Perintah mengekstrak penginstal Vmware dan menginstal VMware pada sistem Anda. Ini memakan waktu sekitar 5 menit, jadi bersabarlah. Di bagian paling akhir, Anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa instalasi berhasil.

3) Instal modul kernel tambahan yang diperlukan

Agar workstation VMware bekerja dengan lancar, beberapa modul kernel tambahan diperlukan. Dengan demikian, instal sebagai berikut.
$ sudo vmware-modconfig –console –install-all

4) Luncurkan VMware Workstation

Langkah terakhir dalam proses penginstalan adalah meluncurkan VMware Workstation dan menyelesaikan penyiapan. Jadi, klik tab ‘Aktivitas’ dan kemudian klik ikon yang ditunjukkan di bawah ini.

Jendela berikut akan muncul. Pastikan untuk membaca Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir dan menerima persyaratannya. Kemudian klik ‘Berikutnya’ untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Demikian pula, terima rangkaian persyaratan perjanjian lisensi berikutnya dan klik ‘Berikutnya’.

Berikutnya, Anda dapat memilih apakah akan memeriksa pembaruan apa pun saat meluncurkan VMware Workstation. Ini semua terserah Anda untuk memutuskan dan setelah Anda menentukan pilihan, klik ‘Berikutnya’.

Selanjutnya, masukkan Kunci lisensi jika Anda telah membeli VMware Workstation. Atau, jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat memilih untuk mengevaluasi aplikasi selama 30 hari. Setelah Anda menentukan pilihan, klik ‘Selesai’.

Setelah Anda mengklik tombol ‘Selesai’, Anda akan diminta untuk mengautentikasi, dan oleh karena itu, berikan kata sandi Anda dan klik tombol ‘Otentikasi’.

Akhirnya, VMware Workstation akan muncul melihat. Klik ‘Ok’ pada jendela pop-up yang muncul.

Dari sini Anda dapat membuat dan mengelola mesin virtual Anda.

Conclusion
Ini merangkum panduan ini tentang cara menginstal VMware Workstation di Ubuntu 22.04 & 22.04. Anda sekarang dapat memanfaatkan kemampuan virtualisasinya untuk menjalankan dan uji sistem operasi favorit Anda dengan mudah termasuk Linux, Windows, dan bahkan varietas UNIX seperti BSD. Semua yang terbaik saat Anda memulai dengan VMware Workstation Pro.

Juga Baca: Cara Mengonfigurasi Alamat IP Statis di Ubuntu 22.04 LTS