Cara Reset Password Windows Dengan Chntpw Dan Linux Live CD

Panduan langkah demi langkah ini menjelaskan apa itu utilitas Chntpw dan cara mereset kata sandi Windows menggunakan Chntpw dengan Linux Live CD.
Contents
PendahuluanApa itu Chntpw?Nonaktifkan Fast Startup di WindowsSetel Ulang Kata Sandi Akun Pengguna Windows dengan Chtntpw dan Linux Live CDLangkah 1 – Boot Sistem Windows Anda dengan Linux Live CDLangkah 2 – Instal Utilitas ChntpwLangkah 3 – Temukan Partisi Instalasi WindowsLangkah 4 – Pasang Partisi WindowsLangkah 5 – Hapus Kata Sandi Pengguna WindowsPertanyaan Umum Apakah mungkin untuk mereset kata sandi pengguna jika partisi Windows dienkripsi?Haruskah saya menginstal Chntpw?Setelah kata sandi direset , apakah pengguna akan tetap terhubung ke Domain?KesimpulanPendahuluan

Misalkan Anda adalah Admin sistem yang bekerja di lingkungan OS campuran tempat Anda mengelola sistem Linux dan Windows. Ada kemungkinan Anda mungkin perlu memulihkan kata sandi akun pengguna yang terlupakan di beberapa titik.

Jika itu adalah akun pengguna Linux atau Unix, Anda cukup boot ke mode penyelamatan atau darurat, dan mengatur ulang kata sandi akun pengguna yang terlupakan . Kami telah mendokumentasikan langkah-langkah untuk mereset kata sandi Root yang terlupakan di sistem operasi Linux dan Unix. Periksa tautan berikut untuk lebih jelasnya.
Cara Reset Kata Sandi Pengguna Root Di CentOS 8, RHEL 8, AlmaLinux 8, Rocky Linux 8Cara Reset Kata Sandi Sudo Di Ubuntu 22.04 / 20.04 LTSCara Reset Kata Sandi Pengguna Root Di Arch Linux, CentOS Dan UbuntuCara Reset Atau Pulihkan Kata Sandi Pengguna Root Di FreeBSD
Menurut saya, mengatur ulang kata sandi pengguna Linux cukup mudah! Kami mem-boot ke mode pengguna tunggal dari menu boot Grub, memasang sistem file dalam mode baca/tulis dan menggunakan perintah passwd untuk mengubah root atau kata sandi pengguna normal. Jika menu Grub dilindungi kata sandi, Anda dapat mem-boot melalui cd Linux dan mengikuti prosedur yang sama untuk mengatur ulang kata sandi akun pengguna Linux.

Memulihkan kata sandi administrator Windows yang terlupakan juga dapat dilakukan melalui live CD Linux atau penyelamatan berbasis Linux lainnya CD, misalnya SystemRescue atau ClonezIlla.

Dalam panduan ini, saya akan menunjukkan cara mereset kata sandi pengguna Windows menggunakan utilitas Chntpw dan live cd Ubuntu. Bukan hanya live CD ubuntu, Anda dapat menggunakan live CD Linux lainnya atau CD penyelamatan Sistem atau BootCD.

I Hiren menguji panduan ini pada platform Windows 8 dan Windows 10. Di kedua platform, saya dapat berhasil mengubah kata sandi pengguna Windows dengan utilitas Chntpw.

Sebelum memulai, izinkan saya memberikan pengantar singkat tentang utilitas Chntpw.
Apa itu Chntpw?

Chntpw adalah utilitas untuk melihat beberapa informasi dan mengatur ulang kata sandi pengguna di File database pengguna Windows NT/2000 SAM yang digunakan oleh Sistem Operasi Microsoft Windows, khususnya di NT3.x dan versi yang lebih baru.

File database pengguna SAM biasanya terletak di WINDOWSsystem32configSAM pada sistem file Windows.

Selain itu, Chntpw berisi registry editor sederhana dan hex-editor yang dengannya informasi yang terkandung dalam file registry dapat diakses dan dimodifikasi.

Utilitas Chntpw dilengkapi dengan semua image ISO Linux. Cukup sambungkan ke Internet dan instal utlity Chntpw. Jika Anda menggunakan Clonezilla atau CD SystemRescue, mereka telah menyertakan Chntpw secara default, sehingga Anda tidak perlu repot dengan instalasi manual.

Chntpw mendukung opsi berikut:
-h : Lihat Ringkasan opsi-u nama pengguna : Nama pengguna atau ID Pengguna untuk mengubah. Pengguna default adalah ‘Administrator’.-l : Daftar semua pengguna dalam database SAM.-i : Buka sistem menu interaktif.-e : Buka Registry editor.-d : Buka hex-editor-E : Aktifkan mode Aman.-v : Mencetak informasi verbose. Berguna saat debugging.Nonaktifkan Fast Startup di Windows

Sebelum mengatur ulang kata sandi Windows, Anda harus mematikan Fast Startup di sistem Windows Anda. Jika Anda tidak menonaktifkan Fast Startup, Anda akan mengalami kesalahan berikut saat memasang partisi Windows di Linux.

Disk berisi sistem file yang tidak bersih (0, 0). Metadata disimpan dalam cache Windows, menolak untuk dipasang. Kembali ke mount hanya-baca karena partisi NTFS berada dalam status tidak aman. Silakan lanjutkan dan matikan Windows sepenuhnya.

Untuk menonaktifkan Fast Startup di Windows 10, buka Control Panel -> Hardware and Sound option.

Selanjutnya, klik “Power Options”.

Di jendela berikutnya, klik opsi “Choose what the power button does” pada sidebar kiri.

Di bawah bagian “Tentukan tombol daya dan aktifkan perlindungan kata sandi”, Anda akan melihat tautan berjudul “Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia”. Klik di atasnya.

Hapus centang kotak “Turn on fast startup” untuk menonaktifkan fast startup dan klik Save settings.

Sekarang, Fast startup telah dinonaktifkan. Tutup aplikasi Panel Kontrol.
Reset Kata Sandi Akun Pengguna Windows dengan Chtntpw dan Linux Live CD
Langkah 1 – Boot Sistem Windows Anda dengan Linux Live CD

Boot sistem Windows Anda dengan gambar live cd Linux yang tersedia. Untuk tujuan panduan ini, saya akan menggunakan Ubuntu live cd.
Langkah 2 – Instal Chntpw Utility

Setelah boot ke lingkungan langsung, pastikan Anda terhubung ke Internet dan menginstal program Chntpw.

Di sistem berbasis Ubuntu, aktifkan [Universe ] repositori dan instal utilitas Chntpw menggunakan perintah berikut:

$ sudo apt install chntpw

Jika Anda boot ke sistem berbasis RPM, seperti Fedora, Anda dapat menginstal Chntpw menggunakan perintah berikut:

$ sudo dnf install chntpw

Step 3 – Temukan Partisi Instalasi Windows

, kita perlu mencari tahu di partisi mana OS Windows diinstal. Untuk menemukan partisi instalasi Windows, Anda dapat menggunakan utilitas CLI manajemen disk seperti fdisk atau sfdisk.

$ sudo sfdisk -l

Sample Output:

[...] Device Boot Start End Sectors Size Id Type /dev/sda1 * 2048 1026047 1024000 500M 7 HPFS/NTFS/exFAT /dev/sda2 1026048 104855551 103829504 49.5G 7 HPFS/NTFS/exFAT [...]

Seperti yang Anda lihat pada output di atas, OS Windows 10 saya diinstal di partisi /dev/sda2. Dengan kata lain, /dev/sda2 adalah drive C:. Dan /dev/sda1 adalah partisi sistem yang berisi file khusus perangkat keras penting yang diperlukan untuk memuat Windows.
Langkah 4 – Pasang Partisi Windows

Setelah menemukan partisi yang tepat di mana OS Windows diinstal, Anda perlu memasangnya di platform Linux Anda .

Biarkan saya membuat mountpoint bernama winmount di direktori $HOME saya.

$ mkdir ~/winmount

Mount partisi Windows (yaitu /dev/sda2 dalam kasus saya) di mountpoint yang baru dibuat ~/winmount menggunakan perintah mount:

$ sudo mount / dev/sda2 ~/winmount

Perhatikan bahwa Anda harus mematikan fitur “Fast Startup” di OS Windows Anda. Jika tidak, Anda akan melihat pesan kesalahan yang mengatakan “Partisi NTFS dalam keadaan tidak aman” dan partisi akan dipasang dalam mode hanya-baca.

Ketika partisi Windows dipasang dalam mode hanya-baca, Anda tidak dapat membuat perubahan apa pun di partisi, maka reset password Windows tidak mungkin.
Heads Up: Pada contoh di atas, saya telah menggunakan perintah ‘sudo’ saat memasang partisi. Jika Anda memasang partisi windows di direktori $HOME, Anda tidak perlu menggunakan ‘sudo’. Saya telah menyertakan ‘sudo’ hanya untuk kejelasan, karena beberapa pengguna mungkin mencoba memasang partisi di direktori (Misalnya /mnt/) yang memerlukan hak ‘sudo’.
Langkah 5 – Hapus Kata Sandi Pengguna Windows

Kami telah memasang partisi Windows di ~ /winmount directory.

Ubah ke direktori /Windows/System32/config/:

$ cd ~/winmount/Windows/System32/config/

Sekarang, edit database SAM menggunakan utilitas chntpw dengan menjalankan perintah berikut:

$ sudo chntpw -i SAM

it akan membuka wizard utama interaktif chntpw. Ketik 1 untuk memilih opsi “Edit data pengguna dan kata sandi” dan tekan ENTER.

chntpw versi 1.00 140201, (c) Nama sarang Petter N Hagen (dari header): KUNCI ROOT pada offset: 0x001020 * Jenis pengindeksan subkunci adalah: 686c Ukuran file 65536 [10000] byte, berisi 5 halaman (+ 1 halaman header) Digunakan untuk data: 289/25456 blok/byte, tidak terpakai: 26/7152 blok/byte. ======== chntpw Menu Interaktif Utama ======== Sarang yang dimuat: 1 - Edit data pengguna dan kata sandi 2 - Daftar grup - - - 9 - Editor registri, sekarang dengan dukungan penulisan penuh! q - Keluar (Anda akan ditanya apakah ada sesuatu untuk disimpan) Apa yang harus dilakukan? [1] -> 1 [...]

Masukkan nomor pengguna (RID). Dalam kasus saya, saya akan mengatur ulang kata sandi pengguna yang disebut “Senthilkumar”, jadi saya memasukkan RID-nya yaitu 3e9.

[...] ===== chntpw Edit Info Pengguna & Kata Sandi ==== | RID -|---------- Nama pengguna ------------| Admin? |- Kunci? --| | 01f4 | Administrator | ADMIN | buka/kunci | | 01f7 | Akun Bawaan | | buka/kunci | | 01f5 | Tamu | | buka/kunci | | 03e9 | Senthilkumar | ADMIN | | Silakan masukkan nomor pengguna (RID) atau 0 untuk keluar: [3e9] 3e9 [...]

Enter 1 untuk menghapus kata sandi pengguna dan tekan ENTER.

[...] ============= ==== USER EDIT ==================== RID : 1001 [03e9] Username: Senthilkumar fullname: comment : homedir : 00000220 = Administrator (yang memiliki 2 anggota) Bit akun: 0x0214 = [ ] Nonaktif | [ ] Homedir req. | [X] Passwd tidak req. | [ ] Suhu duplikat | [X] Akun biasa | [ ] akun NMS | [ ] Kepercayaan domain ac | [ ] Wks amanah bertindak. | [ ] Tindakan kepercayaan srv | [X] Pwd tidak kedaluwarsa | [ ] Penguncian otomatis | [ ] (tidak diketahui 0x08) | [ ] (tidak diketahui 0x10) | [ ] (tidak diketahui 0x20) | [ ] (tidak diketahui 0x40) | Jumlah login yang gagal: 0, sementara percobaan maksimal adalah: 0 Jumlah login total: 9 - - - - Menu Edit Pengguna: 1 - Hapus (kosong) kata sandi pengguna (2 - Buka kunci dan aktifkan akun pengguna) [sepertinya sudah tidak terkunci] 3 - Promosikan pengguna (jadikan pengguna sebagai administrator) 4 - Tambahkan pengguna ke grup 5 - Hapus pengguna dari grup q - Keluar dari pengeditan pengguna, kembali ke pengguna pilih Pilih: [q] > 1 [...]

Berikutnya ketik q dan tekan ENTER untuk berhenti mengedit pengguna dan g kembali ke menu sebelumnya.

[...] - - - - Menu Edit Pengguna: 1 - Hapus (kosong) kata sandi pengguna (2 - Buka kunci dan aktifkan akun pengguna) [sepertinya sudah tidak terkunci] 3 - Promosikan pengguna (jadikan pengguna sebagai administrator) 4 - Tambahkan pengguna ke grup 5 - Hapus pengguna dari grup q - Keluar dari pengeditan pengguna, kembali ke pengguna pilih Pilih: [q] > q [...]

Sekali lagi, ketik q untuk keluar dari chntpw menu interaktif:

[...] ======== chntpw Menu Interaktif Utama ======== Sarang yang dimuat: 1 - Edit data pengguna dan kata sandi 2 - Daftar grup - - - 9 - Editor registri , sekarang dengan dukungan tulis penuh! q - Keluar (Anda akan ditanya apakah ada sesuatu untuk disimpan) Apa yang harus dilakukan? [1] -> q [...]

Anda akan diminta untuk menyimpan perubahan. Ketik y dan tekan ENTER untuk menyimpan perubahan dan keluar dari menu interaktif chntpw.

[...] Hives yang telah berubah: # Nama 0 Tulis file hive? (y/n) [n] : y

Itu saja. Kata sandi pengguna Windows telah diatur ulang!!

Hapus live cd Ubuntu Anda dan reboot sistem Anda. Sekarang Anda tidak akan melihat permintaan kata sandi pengguna di layar masuk Windows.

Tangkapan layar berikut menunjukkan permintaan kata sandi Windows sebelum menghapus kata sandi pengguna di Windows 10.

Setelah menghapus kata sandi pengguna di Windows 10, pengguna masuk secara otomatis.

Prosedur ini sama untuk mengatur ulang kata sandi pengguna Windows 8. Seperti yang sudah saya nyatakan, Anda dapat menggunakan live CD Linux atau CD Penyelamatan Sistem untuk mereset kata sandi pengguna Windows.
Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah mungkin untuk mereset kata sandi pengguna jika partisi Windows dienkripsi?

No. Jika partisi Windows dienkripsi, Anda tidak dapat memasangnya. Oleh karena itu tidak mungkin untuk mereset kata sandi Windows di drive terenkripsi dengan Chntpw.
Haruskah saya menginstal Chntpw?

Itu tergantung pada CD Linux yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan CD penyelamat sistem seperti Clonezilla, SystemRescue atau PartedMagic, Chntpw sudah disertakan secara default. Jadi Anda tidak perlu menginstal Chntpw di CD penyelamat sistem. Pada live CD normal, seperti live cd Ubuntu atau live cd Fedora, Anda mungkin perlu menginstal Chntpw.

I selalu menyarankan Anda untuk menyiapkan setidaknya satu CD penyelamat Sistem. Ini pasti akan sangat berguna ketika segala sesuatunya berjalan miring.
Setelah kata sandi diatur ulang, apakah pengguna akan tetap terhubung ke Domain?

No. Setelah kata sandi dihapus, pengguna akan terputus dari pengontrol Domain. Anda mungkin perlu mengautentikasi ulang. Atau hubungi administrator Domain Anda.
Conclusion

Dalam tutorial ini, kami belajar cara mereset kata sandi akun pengguna Windows yang terlupakan dengan utilitas Chntpw. Seperti yang Anda lihat, langkah-langkah untuk mereset kata sandi Windows menggunakan Chntpw dengan live CD Linux itu mudah!

Baca Terkait:
Cara Mengakses Partisi Linux Dari Windows 10,11