Cara Upgrade Debian 10 (Buster) ke Debian 11 (Bullseye)

Debian 11, dengan nama kode ‘bullseye’ dirilis pada 10 Agustus setelah hampir dua tahun pengembangan. Ini adalah rilis stabil dan akan menerima dukungan selama 5 tahun ke depan sama seperti versi stabil Debian lainnya. Debian 11 hadir dengan peningkatan perangkat lunak utama dan peningkatan lainnya yang meliputi:
Linux Kernel 5.10 LTS. Ini adalah peningkatan dari Kernel 4.19 yang digunakan oleh Debian 10 Buster. Versi baru dari lingkungan Desktop termasuk GNOME 3.38, MATE 1.24, KDE Plasma 5.20, LXDE 11, LXQt 0.16, dan Xfce 4.16.Sebuah tema baru yang dikenal sebagai tema Homeworld yang terinspirasi oleh gaya seni yang lahir di Jerman yang disebut gerakan Bauhaus. Di Debian 11, lebih dari 40.000 paket perangkat lunak memiliki versi yang lebih baru. Dengan Debian 11, Anda akan mendapatkan LibreOffice 7.0, Apache 2.4.48, MariaDB 10.5, Python 3.9.1, dan PostgreSQL 13. Anda dapat melihat sekilas seluruh daftar dengan membuka catatan rilis.CUPS dan pencetakan tanpa driver.Dukungan untuk sistem file exFAT.Dukungan untuk berbagai arsitektur:  PC 64-bit & 32-bit, ARM 64-bit (Arch 64. IBM System Z, POWER Processors, EABI ARM, 64-bit MIPS antara lain.
Itu hanya gambaran umum tentang apa yang disediakan Debian 11. Sekarang mari kita fokus pada bagaimana Anda dapat meningkatkan dari Debian 10 Buster ke Debian 11.

Langkah 1)  Lakukan pencadangan semua file Anda

Sebelum memutakhirkan ke rilis OS baru, selalu disarankan untuk memiliki cadangan semua file Anda. Ini memastikan bahwa file Anda aman jika terjadi kesalahan selama pemutakhiran yang dapat menyebabkan kerusakan file. Berikut adalah daftar alat perangkat lunak pencadangan & pemulihan yang dapat Anda gunakan untuk mencadangkan semua data Anda dengan aman sebelum melanjutkan.

Langkah 2) Perbarui daftar paket & Tingkatkan paket

Kami akan mulai dengan memverifikasi bahwa kami saat ini menggunakan Debian Buster seperti yang ditunjukkan
$ cat /etc/ os-release

Atau, Anda dapat menjalankan perintah:
$ cat /etc/debian_versiony

Selanjutnya, lanjutkan dan perbarui indeks paket dan tingkatkan paket perangkat lunak dengan menjalankan:
$ sudo apt update -y && sudo apt upgrade -y

-Next, perintah upgrade ditampilkan. Selain memutakhirkan paket, ini juga menangani perubahan dependensi dengan versi baru dari paket yang diinstal.
$ sudo apt dist-upgrade

Step 3) Perbarui Repositori Paket

Repositori debian didefinisikan dalam file /etc/apt/sources.list dan /etc /apt/sources.list.d/ direktori. Kita perlu mengganti repositori Debian 10 dengan repositories.

Debian 11Untuk mencapai ini, dalam file  /etc/apt/sources.list , kita perlu mengganti kata kunci buster dengan bullseye menggunakan perintah sed seperti yang disediakan.
$ sudo sed -i ‘s/buster/bullseye/g’ /etc/apt/sources.list

Setelah itu, cari baris debian-security berikut di file sources.list:
deb http://security.debian.org/debian-security bullseye/updates main deb-src http://security.debian.org/debian-security bullseye/updates main

Dan ganti dengan baris berikut:
deb https://deb.debian.org/debian-security bullseye-security main contrib deb-src https: //deb.debian.org/debian-security bullseye-security kontributor utama File sources.list akhirnya akan terlihat sebagai berikut:
deb http://deb.debian.org/debian bullseye main deb-src http://deb.debian .org/debian bullseye deb utama https://deb.debian.org/debian-security bullseye-security kontrib utama deb-src https://deb.debian.org/debian-securi ty bullseye-security deb utama http://deb.debian.org/debian bullseye-updates deb-src utama http://deb.debian.org/debian bullseye-updates deb utama http://deb.debian.org /debian bullseye-backports main deb-src http://deb.debian.org/debian bullseye-backports main

Setelah memodifikasi file sources.list, perbarui daftar paket agar sistem Anda mengetahui repositori baru.
$ sudo apt update

Step 4)  Lakukan pemutakhiran sistem minimal

Melakukan pemutakhiran sistem penuh akan menghapus banyak paket yang mungkin ingin Anda simpan – dan ini tidak disarankan. Sebagai solusinya, pengembang telah merekomendasikan proses peningkatan dua tahap yang akan dengan anggun meningkatkan Debian Buster ke Debian Bullseye. Kami memiliki proses pemutakhiran minimal yang segera diikuti oleh pemutakhiran penuh.

Pemutakhiran minimal meningkatkan semua paket yang ada tanpa menginstal yang baru atau menghapus yang sudah ada. Untuk melakukan pemutakhiran minimal, jalankan perintah:
$ sudo apt upgrade –without-new-pkgs

Selama proses pemutakhiran, prompt pop-up akan muncul meminta Anda untuk memulai ulang layanan sistem ketika perpustakaan tertentu seperti libpam dan libc ditingkatkan. Pilih ‘Yes’ dan tekan ENTER.

Step 5) Lakukan full upgrade ke Debian 11

Ini adalah langkah terakhir dan bagian terpenting dari upgrade. Upgrade penuh meningkatkan seluruh sistem Debain 10 ke Debian 11. Ini menginstal paket terbaru yang datang dengan Debian 11 dan menyelesaikan masalah ketergantungan. Ini mungkin memakan waktu cukup lama tergantung pada bandwidth Anda.
$ sudo apt full-upgrade

Sekali lagi, beberapa petunjuk tambahan akan muncul. Misalnya, Anda akan ditanya apa yang ingin Anda lakukan tentang file chrony.conf. Di sini, saya memilih untuk tetap menginstal versi lokal.

Untuk file Openssh-server, sekali lagi, saya memilih untuk tetap menginstal versi lokal juga.

Setelah upgrade selesai kemudian reboot sistem dengan perintah di bawah ini,
$ sudo reboot

Ketika Anda login di, verifikasi versi Debian yang Anda jalankan
$ cat /etc/os-release $ cat /etc/debian_versiony

Sistem Anda sekarang akan menjalankan Debian 11 Bullseye.

$ lsb_release -a

Conclusion
Ini dia. Kami telah melakukan peningkatan yang sukses dari Debian 10 Buster ke Debian 11 Bullseye. Anda sekarang dapat menikmati paket terbaru dan dukungan perangkat keras yang disediakan oleh rilis Debian terbaru. Jika Anda menemukan kesalahan di sepanjang jalan, Debian telah menguraikan kemungkinan perbaikan untuk membantu Anda menyelesaikannya