Cara Upgrade Ke Fedora 37 Dari Fedora 36 [Workstation Dan Server]

Berita bagus untuk pengguna Fedora! Fedora 37 telah dirilis!! Tutorial langkah demi langkah ini menjelaskan cara memutakhirkan ke Fedora 37 dari Fedora 36 dan versi yang lebih lama. Jika Anda telah menggunakan Fedora 36, ​​kini Anda dapat dengan aman memutakhirkan ke edisi desktop atau server Fedora 37 untuk peningkatan fitur, performa, dan stabilitas terbaru.
Contents
PrasyaratUpgrade ke Fedora 37 Dari Fedora 361. Upgrade ke Workstation Fedora 37 Melalui Perangkat Lunak GNOME2. Tingkatkan Ke Server Fedora 37 Dari CommandlineFedora Post-upgrade Tasks1. Ubah Nama Inang2. Bersihkan Cache Metadata DNF3. Hapus Paket Lama4. Bersihkan Paket Pensiunan5. Perbarui File Konfigurasi Sistem6. Membersihkan Kernel Tua7. Hapus Symlinks yang RusakKesimpulanPrasyarat

Sebelum memutakhirkan ke Fedora 37, Anda perlu melakukan beberapa tugas penting. NbspSangat DISARANKAN untuk mencadangkan data penting Anda sebelum memutakhirkan ke Fedora 37. Ini harus menjadi langkah pertama Anda ketika Anda ingin memutakhirkan sistem apa pun, apa pun yang mendasarinya sistem operasi. Pastikan Anda telah mencadangkan semua file penting, direktori, pengaturan konfigurasi, bookmark browser, dan file dot, dll. Upgrade Fedora 37 mungkin akan memakan waktu beberapa menit hingga selesai. Jadi, pastikan Anda memiliki koneksi Internet yang stabil dan catu daya yang tidak terputus. Selama peningkatan, sistem Anda akan reboot secara otomatis untuk menerapkan pembaruan. Jadi, pastikan bahwa tidak ada pekerjaan penting yang sedang berjalan (Misalnya Pencadangan terjadwal). Lihat masalah umum Fedora dan putuskan apakah Anda ingin melanjutkan. Upgrade ke rilis berikutnya (mis. 36 ke 37) serta upgrade melewati satu rilis (mis. 35 hingga 37) keduanya didukung. Upgrade di lebih dari dua rilis tidak didukung. Misalnya – Anda tidak dapat beralih dari Fedora 34 ke 37. Kadang-kadang mungkin berhasil. Namun, jika Anda mengalami masalah apa pun, Anda tidak akan mendapatkan dukungan apa pun. Dalam kasus seperti itu, pertama-tama tingkatkan ke rilis berikutnya (yaitu 34 ke 35) dan kemudian coba tingkatkan dari 35 ke 37. Selalu disarankan untuk meningkatkan ke rilis berikutnya sebelum mencapai EOL.
Nah, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai Fedora 37 tingkatkan tugas!
Tingkatkan ke Fedora 37 Dari Fedora 36

Kita dapat meningkatkan ke Fedora 37 melalui perangkat lunak GNOME (GUI) dan dari baris perintah (CLI). Pertama, kita akan melihat metode Grafik menggunakan Perangkat Lunak GNOME. Ini cocok untuk mereka yang menggunakan edisi desktop Fedora.

Sebelum memulai, perbarui sistem Fedora 36 Anda:

$ sudo dnf --refresh update
$ sudo dnf upgrade

Reboot sistem Anda untuk menerapkan pembaruan:

$ sudo reboot

Biarkan kami memeriksa versi saat ini menggunakan perintah berikut:

$ cat /etc/fedora-release

Untuk melihat output versi terperinci, jalankan ini sebagai gantinya:

$ cat /etc/os-release

Sample Output:

Now, ikuti salah satu metode di bawah ini untuk memutakhirkan Fedora ke 37 desktop atau server.
1. Tingkatkan Ke Workstation Fedora 37 Melalui Perangkat Lunak GNOME

Langkah 1: Buka Pusat Perangkat Lunak Gnome Anda dan buka bagian Pembaruan. Anda akan melihat pemberitahuan yang mengatakan – Fedora 37 Now Available. Klik tombol Unduh untuk mengunduh paket Fedora 37.

Paket yang diperlukan akan diunduh sekarang. Ini akan memakan waktu cukup lama tergantung pada kecepatan Internet.

Langkah 2: Setelah pengunduhan selesai, Anda akan diminta untuk memulai ulang dan memutakhirkan. Klik tombol “Restart & Upgrade” untuk melanjutkan penginstalan pembaruan.

Langkah 3: Jendela pop up baru akan muncul dan meminta Anda untuk mengklik tombol Restart & Install Upgrade. Cukup klik untuk me-reboot sistem Fedora Anda.

Setelah reboot sistem, paket yang diunduh akan diinstal. Ini akan memakan waktu cukup lama tergantung pada jumlah paket yang akan diinstal. Pastikan sistem Anda dicolokkan ke stopkontak dan catu daya Anda tidak terganggu. Setelah menginstal pembaruan, sistem akan melakukan reboot secara otomatis dan masuk ke desktop Fedora 37 yang baru.

Anda dapat memeriksa apakah sistem Fedora Anda sudah up-to- tanggal di bagian Pembaruan di Perangkat Lunak Gnome.

Selamat! Kami telah berhasil memutakhirkan ke workstation Fedora 37!

Langkah 4: Buka jendela Terminal dan periksa versi Fedora yang terinstal menggunakan perintah:

$ cat /etc/fedora-release Fedora release 37 (Thirty Seven)

Untuk melihat detail keluaran, jalankan:

$ cat /etc/os-release 

Keluaran sampel:

NAME="Fedora Linux" VERSION="37 (Edisi Workstation)" ID=fedora VERSION_ID=37 VERSION_CODENAME="" PLATFORM_ID="platform:f37" PRETTY_NAME="Fedora Linux 37 (Edisi Workstation)" ANSI_COLOR="0;38;2;60;110;180" LOGO=fedora-logo-icon CPE_NAME="cpe:/o:fedoraproject:fedora:37" DEFAULT_HOSTNAME="fedora" HOME_URL="https ://fedoraproject.org/" DOCUMENTATION_URL="https://docs.fedoraproject.org/en-US/fedora/f37/system-administrators-guide/" SUPPORT_URL="https://ask.fedoraproject.org/" BUG_REPORT_URL="https://bugzilla.redhat.com/" REDHAT_BUGZILLA_PRODUCT="Fedora" REDHAT_BUGZILLA_PRODUCT_VERSION=37 REDHAT_SUPPORT_PRODUCT="Fedora" REDHAT_SUPPORT_PRODUCT_VERSION=37 VARIANT="Workstation Ed ition" VARIANT_ID=workstation

Atau, Anda dapat memeriksa versi Fedora di bagian Pengaturan -> Tentang bagian.
2. Tingkatkan Ke Server Fedora 37 Dari Commandline

Metode ini untuk mereka yang menjalankan edisi server Fedora di sistem mereka.

Langkah 1: Perbarui server Fedora 36 Anda saat ini menggunakan perintah:

$ sudo dnf --refresh update
$ sudo dnf upgrade

Reboot sistem Anda untuk menerapkan pembaruan .

$ sudo reboot

Langkah 2: Instal plugin pemutakhiran dnf dengan menjalankan perintah berikut:

$ sudo dnf install dnf-plugin-system-upgrade

Langkah 3: Unduh paket Fedora 37 menggunakan perintah:

$ sudo dnf unduhan peningkatan sistem --releasever= 37

Perintah ini akan mengunduh semua paket terbaru dan menampilkan ringkasan paket apa saja yang akan diganti, diperbarui, ditingkatkan, atau diturunkan. Tugas ini akan memakan waktu beberapa menit untuk diselesaikan karena mengunduh banyak paket.

Jika beberapa paket Anda memiliki dependensi yang tidak terpenuhi, pemutakhiran akan menolak untuk melanjutkan hingga Anda menjalankannya lagi dengan opsi tambahan –allowerasing.

$ sudo dnf system- perbarui unduhan --releasever=37 --allowerasing

Langkah 4: Setelah semua paket diunduh, jalankan perintah berikut untuk memulai pemutakhiran yang sebenarnya.

Setelah pemutakhiran berhasil, sistem mem-boot ulang ke edisi server Fedora 37 yang baru. Tugas Pasca-pemutakhiran Fedora

Pada bagian ini, kami akan melakukan beberapa tugas pasca-pemutakhiran seperti mengubah nama host, menghapus paket yang tidak diinginkan, memperbarui file konfigurasi, menghapus symlink yatim piatu, dan membersihkan kernel lama dll.

Langkah-langkah yang diberikan di bawah ini berlaku untuk edisi desktop dan server Fedora.
1. Ubah Hostname

Saya biasanya menggunakan nama distribusi sebagai nama host. Misalnya, nama host untuk desktop Fedora 37 saya adalah fedora37. Jika Anda seperti saya, ubah nama host agar sesuai dengan versi Anda saat ini.

Untuk mengubah nama host, jalankan:

$ sudo hostnamectl set-hostname fedora37

2. Bersihkan DNF Metadata Cache

Setelah peningkatan, metadata dan transaksi yang di-cache dapat dihapus menggunakan perintah berikut:

$ sudo dnf peningkatan sistem clean
$ sudo dnf clean packages

3. Hapus Paket Lama

Daftar semua paket dengan dependensi yang rusak atau tidak puas, jalankan:

$ sudo dnf update
$ sudo dnf repoquery --unsatisfied

List semua paket duplikat menggunakan perintah:

$ sudo dnf repoquery --duplicates

List semua paket yang tidak ada dalam repositori:

$ sudo dnf list extras

Jika Anda tidak membutuhkannya lagi, cukup jalankan perintah berikut untuk menghapus paket lama dan tidak terpakai. sudo dnf autoremove4. Bersihkan Paket yang Dihentikan

Beberapa paket akan dihentikan di setiap rilis Fedora. Paket tersebut mungkin sudah usang atau pengelola mengabaikan paket tersebut. Paket pensiunan tidak akan mendapatkan pembaruan apa pun. Bahkan tidak pembaruan keamanan.

Untuk menghapus paket usang dan pensiun, jalankan:

$ sudo dnf install remove-retired-packages 
$ remove-retired-packages

5. Perbarui File Konfigurasi Sistem

Untuk memperbarui file konfigurasi sistem, gunakan alat rpmconf.

Untuk menginstal alat rpmconf, jalankan:

$ sudo dnf install rpmconf

Setelah penginstalan selesai, jalankan perintah berikut:

$ sudo rpmconf -a

6. Bersihkan Kernel Lama

Perintah dnf autoremove tidak akan menghapus kernel yang tidak terpakai untuk menghindari penghapusan Kernel yang tidak disengaja. Jika Anda ingin menghapus kernel lama, Anda dapat menggunakan perintah berikut:

$ sudo dnf remove $(dnf repoquery --installonly --latest-limit=-3)

Perintah di atas akan menghapus semua kernel lama dan hanya mempertahankan 3 kernel terbaru kernels.
Perhatian: SANGAT DIANJURKAN untuk menyimpan setidaknya dua kernel. Karena, jika ada masalah pada versi Kernel saat ini setelah peningkatan, Anda dapat dengan aman beralih ke kernel.
7 yang lebih lama. Hapus Symlink Rusak

Setelah peningkatan sistem, akan ada beberapa symlink yang tidak terpakai tersisa di sistem Anda. Anda perlu menemukan dan menghapus tautan lunak atau symlink yang menggantung yang tidak mengarah ke mana pun.

Untuk menemukan symlink yang rusak di direktori /usr, jalankan:

$ sudo symlinks -r /usr | grep dangling

Untuk menghapus symlink yang menggantung, jalankan:

$ sudo symlinks -r -d /usr

Akhirnya, reboot sistem Anda untuk mulai menggunakan edisi Fedora 37.
Kesimpulan

Dalam panduan ini, kita telah melihat cara meningkatkan ke Fedora 37 dari Fedora 36 melalui Perangkat Lunak Gnome pusat dan dari terminal. Pada akhirnya, kami menyertakan beberapa langkah pasca-pemutakhiran yang perlu dilakukan untuk membersihkan sistem fedora yang baru ditingkatkan.