Cara Upgrade Ke FreeBSD 13 Dari FreeBSD 12

FreeBSD 13.1 versi stabil secara resmi dirilis. Tutorial ini memandu Anda melalui langkah-langkah untuk meningkatkan ke FreeBSD 13.1 dari FreeBSD 12.3 dan versi yang lebih lama.
Contents
IntroductionUpdate FreeBSD 12Upgrade Ke FreeBSD 13 Dari FreeBSD 12Pemecahan Masalah Pkg Update Error In FreeBSDCUbah Hostname (Opsional)Pendahuluan

Tim Rekayasa Rilis FreeBSD baru-baru ini mengumumkan ketersediaan FreeBSD 13.1 -MELEPASKAN. Ini adalah rilis kedua dari stable/13 branch.

FreeBSD 13.1 dikirimkan dengan banyak set fitur yang diperbarui. Ini mendukung beberapa arsitektur termasuk amd64, i386, powerpc, powerpc64, powerpc64le, powerpcspe, armv6, armv7, aarch64, dan riscv64.

Jika Anda lebih suka instalasi baru, kunjungi halaman unduh FreeBSD 13.1 dan dapatkan versi yang sesuai untuk arsitektur Anda. Kemudian lihat panduan berikut untuk mengetahui cara menginstal FreeBSD.

Install FreeBSD – Panduan Langkah demi Langkah

Jika Anda sudah menjalankan versi lama (Misalnya FreeBSD 12.x), Anda dapat langsung mengupgrade FreeBSD 12.x ke FreeBSD 13.1. Dalam panduan langkah demi langkah ini, mari kita lihat cara meningkatkan ke FreeBSD 13.1 dari versi FreeBSD 12.3.
Perbarui FreeBSD 12

Hal pertama yang pertama. Ambil cadangan dari segala sesuatu yang Anda tidak mampu kehilangan. Proses upgrade FreeBSD bekerja dengan baik dalam kasus saya. Namun, saya sangat menyarankan Anda untuk membuat cadangan data Anda.

Mari kita lanjutkan dan perbarui versi FreeBSD saat ini.

Periksa versi FreeBSD OS dan versi kernel menggunakan perintah:

# freebsd-version -k

Sample output:

12.3-RELEASE
$ uname - mrs

Contoh output:

FreeBSD 12.3-RELEASE amd64

Seperti yang Anda lihat di atas, versi yang diinstal adalah FreeBSD 12.3-RELEASE.

Sebelum memutakhirkan ke versi utama yang tersedia berikutnya, kita harus memperbarui versi FreeBSD 12.x saat ini.

Untuk mengunduh dan menginstal patch keamanan FreeBSD, jalankan perintah berikut sebagai pengguna root:

# freebsd-update fetch
# freebsd-update install
# pkg upgrade

Once paket-paket telah diupgrade, reboot sistem Anda:

# shutdown -r now

Or,

# reboot

Saatnya mengupgrade FreeBSD 12 ke FreeBSD 13.
Upgrade Ke FreeBSD 13 Dari FreeBSD 12

Saat menulis panduan ini, FreeBSD stabil terbaru versi 13.1.

Jalankan perintah berikut untuk meningkatkan ke FreeBSD 13.1-RELEASE dari FreeBSD versi 12.x:

# freebsd-update -r 13.1-RELEASE upgrade

Setelah Anda menjalankan perintah ini, perintah freebsd-update akan mengevaluasi file konfigurasi dan sistem saat ini dalam upaya untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk melakukan upgrade.

Selama peningkatan, Anda akan ditanya apa yang harus diinstal, apa yang harus dihapus, atau bagaimana melanjutkan. Anda mungkin perlu mengetik y dan menekan ENTER beberapa kali untuk melanjutkan.

Contoh keluaran:

 komponen src tidak terpasang, dilewati Mencari pembaruan.FreeBSD.org mirrors… 2 mirrors ditemukan. Mengambil tanda tangan metadata untuk 12.3-RELEASE dari update1.freebsd.org… selesai. Mengambil indeks metadata… selesai. Mengambil 1 file metadata… selesai. Memeriksa sistem… selesai. Komponen FreeBSD berikut tampaknya telah diinstal: kernel/generic kernel/generic-dbg src/src world/base world/base-dbg world/doc world/lib32 world/lib32-dbg Komponen FreeBSD berikut tampaknya tidak terpasang: Apakah ini terlihat masuk akal (y/n)? y Mengambil tanda tangan metadata untuk 13.1-RELEASE dari update2.freebsd.org… selesai. Mengambil indeks metadata… selesai. Mengambil 1 patch metadata. selesai. Menerapkan patch metadata… selesai. Mengambil 1 file metadata... [...]

Perintah di atas akan mulai mengunduh semua paket. Duduk dan rileks. Ini akan memakan waktu beberapa menit tergantung pada kecepatan Internet dan jumlah paket yang diinstal pada sistem FreeBSD Anda.

Selama tugas peningkatan, file Konfigurasi kemudian akan digabungkan. Hasil dari setiap penggabungan yang berhasil akan ditampilkan kepada pengguna saat proses berlanjut.

Harap dicatat bahwa sistem saat ini belum diubah, karena semua penggabungan dan penambalan terjadi di direktori lain.

Setelah semua patch berhasil diterapkan, semua file konfigurasi telah digabungkan, jalankan perintah berikut untuk melakukan semua perubahan ke disk:

# freebsd-update install

Contoh output:

ZFS versi sistem file: 5 versi kumpulan penyimpanan ZFS: dukungan fitur (5000) Menginstal pembaruan… Pembaruan kernel telah diinstal. Silakan reboot dan jalankan "/usr/sbin/freebsd-update install" lagi untuk menyelesaikan instalasi update.

Semua pembaruan Kernel telah diinstal di FreeBSD Anda, reboot sistem Anda untuk menerapkan patch.

Setelah masuk ke sistem, jalankan perintah berikut sekali lagi untuk menyelesaikan penginstalan pembaruan:

# freebsd-update install

Setelah semua pembaruan diinstal, Anda akan melihat output berikut:

[...] Menyelesaikan peningkatan ini memerlukan penghapusan file objek bersama yang lama. Harap bangun kembali semua perangkat lunak pihak ketiga yang terinstal (misalnya, program yang diinstal dari pohon port) dan kemudian jalankan "/usr/sbin/freebsd-update install" lagi untuk menyelesaikan penginstalan update.

Sekali lagi jalankan perintah yang sama untuk menghapus pustaka bersama yang lama dan selesaikan tugas pemutakhiran FreeBSD 13.1.

# freebsd-update install

Terakhir, reboot sistem Anda untuk menyelesaikan tugas pemutakhiran.

Verifikasi apakah FreeBSD 13.1 berhasil ditingkatkan dengan memeriksa versi OS.

# versi freebsd -k 13.1-RELEASE

Dan periksa versi Kernel FreeBSD :

# uname -mrs FreeBSD 13.1-RELEASE amd64

Selamat! Kami baru saja meningkatkan ke FreeBSD 13.1.

Kita juga perlu melakukan satu hal lagi. Setelah peningkatan versi utama, semua paket dan port yang diinstal harus ditingkatkan.

Perbarui semua paket dan koleksi port yang diinstal menggunakan perintah berikut:

# pkg-static install -f pkg
# pkg bootstrap -f
# pkg update
# pkg upgrade -y

Itu saja . Reboot sekali lagi dan mulai gunakan FreeBSD version.
Troubleshooting Pkg Update Error Di FreeBSD

Setelah memutakhirkan ke FreeBSD 13, saya mendapatkan kesalahan berikut ketika saya mencoba memperbarui koleksi port:

 pkg-static: Peringatan: Pembaruan versi OS utama terdeteksi. Menjalankan "pkg-static install -f pkg" disarankan Memperbarui katalog repositori FreeBSD… pkg-static: meta repositori memiliki versi yang salah 2 pkg-static: Repositori FreeBSD memuat kesalahan: meta tidak dapat dimuat Tidak ada kesalahan: 0 Mengambil meta.txz: 100% 916 B 0.9kB/s 00:01 pkg-static: meta repositori salah versi 2 repositori FreeBSD tidak memiliki file meta, menggunakan pengaturan default Mengambil packagesite.txz: 100% 6 MiB 1.6MB/s 00:04 pkg-static: repositori meta memiliki versi yang salah 2 pkg-static: Repositori FreeBSD memuat kesalahan: meta tidak dapat dimuat Tidak ada kesalahan: 0 Tidak dapat membuka repositori yang dibuat FreeBSD Tidak dapat memperbarui repositori FreeBSD Kesalahan memperbarui repositori!

Ini biasanya terjadi ketika kita meningkatkan versi 12.0 ke 12.1 atau 2.

To perbaiki masalah ini, perbarui ports-mgmt/pkg dari pohon port menggunakan ports-mgmt/portmaster.

Ambil pohon porta menggunakan perintah jika Anda belum melakukannya:

# portsnap fetch

Sample output:

 Mencari portsnap.FreeBSD.org cermin… 4 cermin ditemukan. Mengambil kunci publik dari ipv4.aws.portsnap.freebsd.org… selesai. Mengambil tag snapshot dari ipv4.aws.portsnap.freebsd.org… selesai. Mengambil metadata snapshot… selesai. Mengambil snapshot yang dihasilkan pada Sab 28 Mei 05:59:31 IST 2022: 552628c35b88d79f5a54b7774ddca0463fde713e43f367 88 MB 3233 kBps 28s Mengekstrak snapshot… selesai. Memverifikasi integritas snapshot… selesai. Mengambil tag snapshot dari ipv4.aws.portsnap.freebsd.org… selesai. Mengambil metadata snapshot… selesai. Memperbarui dari Sab 28 Mei 05:59:31 IST 2022 hingga Sab 28 Mei 17:23:31 IST 2022. Mengambil 5 patch metadata… selesai. Menerapkan patch metadata… selesai. Mengambil 0 file metadata… selesai. Mengambil 18 patch. (18/18) 100,00% selesai. selesai. Menerapkan tambalan… selesai. Mengambil 0 port atau file baru… done.

Selanjutnya jalankan perintah berikut untuk mengunduh dan mengekstrak seluruh pohon port ke direktori /usr/ports.

# portsnap extract

Dan kemudian jalankan:

# pkg bootstrap -f
# pkg update -f
# pkg upgrade -f

Ini biasanya terjadi ketika kita melakukan upgrade kecil yaitu 12.0 sampai 12. Setelah menjalankan pkg bootstrap -f semuanya bekerja seperti yang diharapkan.
Ubah Nama Host (Opsional)

Saya digunakan untuk mengatur nama host ke sistem Linux atau Unix dengan versi sistem operasi. Misalnya, saya biasanya akan menetapkan nama sebagai “freebsd12” untuk sistem FreeBSD 12. Jika Anda seperti saya, Anda harus memperbarui nama host Anda untuk mencerminkan pengguna root version.

As saat ini, ketik “hostname”, dan nama host akan segera diubah.

# hostname freebsd13.ostechnix.lan

Ganti “freebsd13.ostechnix.lan ” dengan nama host Anda sendiri.

Untuk membuat perubahan ini permanen di seluruh reboot, edit file “/etc/rc.conf” menggunakan editor teks:

# vi /etc/rc.conf

Tambah/modifikasi baris berikut:

hostname="freebsd13. ostechnix.lan"

Reboot sistem Anda untuk menerapkan perubahan.

Periksa apakah nama host diubah dengan perintah:

# hostname freebsd13.ostechnix.lan

Perfect! Mulai gunakan sistem FreeBSD 13.1 Anda!!

Baca terkait:
Cara Mengaktifkan SSH Di FreeBSD