Instal FreeBSD 13.1

FreeBSD 13.1 telah dirilis seminggu yang lalu. Edisi FreeBSD 13.1 dikirimkan dengan begitu banyak pembaruan dan fitur. Panduan langkah demi langkah ini menjelaskan cara mengunduh versi FreeBSD terbaru, cara membuat USB Bootable FreeBSD dan cara menginstal FreeBSD 13.1 terbaru dengan tangkapan layar. Apakah FreeBSD?

FreeBSD adalah sistem operasi canggih mirip Unix yang dapat diinstal di Server, Desktop, Laptop, dan platform tertanam modern.

FreeBSD versi pertama dirilis pada tahun 1993, dan saat ini merupakan sistem operasi BSD open source yang paling banyak digunakan.

FreeBSD adalah keturunan langsung dari BSD Unix dan tentunya gratis. Ini dilisensikan di bawah lisensi BSD permisif.
Download FreeBSD 13.1

Buka halaman unduhan resmi FreeBSD dan unduh versi yang sesuai untuk arsitektur sistem Anda.

FreeBSD 13.1-RELEASE tersedia untuk arsitektur amd64, i386, powerpc, powerpc64, powerpc64le, powerpcspe, armv6, armv7, aarch64, dan riscv64.

Instalasi FreeBSD membutuhkan setidaknya 2-4 GB RAM dan 8 GB ruang hard drive. Namun, Anda mungkin memerlukan lebih banyak Memori dan ruang disk untuk menjalankan lingkungan desktop grafis. Jadi, Anda mungkin memerlukan drive USB 6 GB atau lebih.

Pertama, Anda perlu membuat media USB yang dapat di-boot dengan file ISO FreeBSD. Ada banyak alat pembuatan USB yang dapat di-boot yang tersedia untuk membuat media USB yang dapat di-boot.

Kami telah membuat daftar beberapa alat untuk membuat drive USB yang dapat di-boot di Linux.

Baris perintah alat pembuatan USB yang dapat di-boot:
Cara Membuat Drive USB Multiboot Dengan Ventoy Di LinuxCara Membuat yang Dapat Di-boot Drive USB Menggunakan dd CommandBootiso Memungkinkan Anda Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot dengan Aman Di Linux
Alat pembuatan USB yang dapat di-boot grafis:
Membuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dengan Ventoy WebUI Di LinuxMembuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dan Kartu SD Dengan Etcher Di LinuxPopsicle – Buat Beberapa Drive USB yang Dapat Di-boot SekaligusBuat Drive USB yang Dapat Di-boot Dengan USBImager Di LinuxKindd – Tampilan Grafis Untuk dd Command
Jika Anda ingin menginstal dan menguji Ubuntu Linux pada hypervisor apa pun (Virtualbox, KVM, Vmware), lewati saja langkah pembuatan media dan boot iso image.

Untuk tujuan demonstrasi, saya akan menginstal FreeBSD di Proxmox VE.
Instal FreeBSD 13.1 Langkah Demi Langkah

Boot sistem Anda dengan FreeBSD bootable US B. Anda akan disambut dengan menu FreeBSD Boot Loader.

Press 1 (nomor satu) atau tekan tombol ENTER untuk memulai instalasi FreeBSD.

Beberapa detik, Anda akan diminta untuk memilih salah satu dari tiga opsi.
Press ENTER untuk menginstal FreeBSD di hard drive Anda. Pilih Shell dan tekan untuk masuk ke mode baris perintah. Dalam mode baris pujian, Anda dapat mempartisi hard drive sesuai pilihan Anda sebelum menginstal FreeBSD di atasnya. Opsi ketiga, Live CD akan memungkinkan Anda untuk mencoba sistem FreeBSD langsung tanpa menginstalnya.
Pilih opsi “Instal” dan tekan ENTER untuk mulai instalasi FreeBSD.

Pilih keymap pilihan Anda. Saya akan menggunakan keymap.

default.Masukkan nama host untuk sistem FreeBSD Anda.

Pilih komponen sistem opsional yang ingin Anda instal pada sistem FreeBSD Anda.

Ini adalah langkah penting. Pada langkah ini, Anda harus memilih bagaimana Anda ingin mempartisi drive. Anda akan diminta untuk memilih salah satu dari empat metode partisi seperti yang tercantum di bawah ini.
Auto (ZFS) – Ini adalah pilihan default. Jika Anda memilih opsi ini, drive akan secara otomatis dipartisi dengan sistem file ZFS.Otomatis (UFS) – Ini akan secara otomatis mempartisi disk dengan sistem file UFS.Manual – Ini dimaksudkan untuk pengguna tingkat lanjut. Ketika Anda memilih metode ini, Anda dapat membuat partisi khusus dari opsi enu sesuai keinginan. Shell – Ini memungkinkan pengguna untuk membuat partisi khusus pilihan mereka menggunakan alat baris perintah seperti fdisk, gpart dll. petunjuk di layar untuk menyelesaikan partisi drive. Saya akan menggunakan pilihan default yaitu Auto (ZFS).

Ketika metode Auto (ZFS) dipilih, Anda akan melihat menu konfigurasi ZFS utama yang menyediakan sejumlah opsi untuk mengontrol pembuatan kumpulan. Konfigurasikan opsi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Akhirnya pilih opsi “>>> Install Proceed with Installation” dan tekan ENTER untuk melanjutkan.

Selanjutnya, kita perlu mempartisi disk drive dan mengalokasikan ruang untuk setiap partisi. Installer FreeBSD menyediakan enam metode partisi yang berbeda untuk dipilih.

Tergantung pada kasus penggunaan, Anda dapat memilih salah satu dari metode partisi berikut.
stripe – Ini menyediakan penyimpanan maksimum dari semua disk yang terhubung, tetapi tidak ada redundansi. Jika hanya satu disk yang gagal, data pada kumpulan benar-benar hilang.mirror – Pencerminan menyimpan salinan lengkap semua data di setiap disk. Ini memberikan kinerja baca yang baik karena data dibaca dari semua disk secara paralel. Sebaliknya, kinerja Tulis lebih lambat karena data ditulis ke semua disk di kumpulan. Mengizinkan semua kecuali satu disk gagal. Untuk menggunakan opsi ini, Anda harus memiliki setidaknya dua disk. raid10 – Cermin bergaris. Memberikan kinerja terbaik, tetapi penyimpanan paling sedikit. Opsi ini membutuhkan setidaknya jumlah disk yang genap dan minimal empat disk. raidz1 – RAID Redundan Tunggal. Ini membutuhkan setidaknya tiga disk dan memungkinkan satu disk gagal secara bersamaan. raidz2 – RAID Ganda Ganda. Ini membutuhkan setidaknya empat disk dan memungkinkan dua disk gagal secara bersamaan.raidz3 – Triple Redundant RAID. Ini membutuhkan setidaknya lima disk dan memungkinkan tiga disk gagal secara bersamaan.
Saya hanya memiliki satu disk dan saya menggunakan opsi “stripe”.
Untuk metode partisi lainnya, silakan menuju ke bagian Mengalokasikan Ruang Disk di buku pegangan FreeBSD.

Setelah partisi dipilih, daftar drive disk yang tersedia akan dicantumkan di menu berikutnya. Anda perlu memilih satu atau lebih perangkat untuk membuat ZFS pool.

Anda sekarang akan melihat pesan peringatan yang mengatakan bahwa isi dari disk yang dipilih akan dihapus. pastikan Anda tidak memiliki sesuatu yang penting dalam disk. Pilih “Ya” dan tekan tombol ENTER untuk melanjutkan. Instalasi

FreeBSD akan dimulai sekarang. Diperlukan beberapa menit untuk menyelesaikannya.

Setelah instalasi FreeBSD selesai, Anda akan diminta untuk mengatur kata sandi untuk pengguna root.

Pilih antarmuka jaringan untuk dikonfigurasi.

Pilih “Ya” untuk mengkonfigurasi IPv4.

Jika Anda memiliki DHCP server di jaringan Anda dan ingin menetapkan alamat IP secara otomatis dari DHCP ke sistem FreeBSD, pilih Ya dan tekan ENTER. Jika Anda tidak memiliki server DHCP, cukup pilih “Tidak”.

Saya tidak memiliki server DHCP di jaringan saya, jadi saya memilih “Tidak”.

Masukkan alamat IP, subnet mask, dan gateway.

Selanjutnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengkonfigurasi IPv6 untuk antarmuka jaringan. Saya tidak ingin mengkonfigurasi IPv6 saat ini, jadi saya memilih “Tidak”.

Jika Anda memilih “ya” untuk mengkonfigurasi IPv6, Anda harus memberikan alamat IP, subnet, dan gateway seperti yang ditunjukkan di atas.

Masukkan detail server DNS . Di sini, saya telah menggunakan server DNS publik Google.

Pilih wilayah geografis Anda dan tekan ENTER.

Pilih Negara Anda.

Sebuah pesan munculan akan meminta Anda untuk mengonfirmasi zona waktu.

Setel tanggal Anda saat ini.

Setel waktu.

Pilih layanan yang ingin Anda mulai saat reboot sistem.

Pilih opsi pengerasan sistem yang ingin Anda terapkan pada sistem FreeBSD Anda.

Pilih “Ya” jika Anda ingin menambahkan pengguna baru ke sistem Anda.

Masukkan detail pengguna seperti nama pengguna, nama lengkap, kata sandi, dll. Tinjau detail pengguna dan ketik “ya” dan tekan ENTER untuk membuat pengguna.

Jika Anda ingin membuat lebih banyak pengguna, ketik “ya” dan masukkan detail pengguna baru. Jika Anda tidak ingin menambahkan lebih banyak pengguna, cukup ketik “tidak” dan tekan ENTER.

Kami mencapai tahap akhir instalasi FreeBSD. Anda sekarang dapat mengubah pilihan konfigurasi yang Anda buat selama proses instalasi. Jika Anda tidak ingin melakukan perubahan apa pun, cukup pilih “Keluar” dan tekan ENTER.
instalasi
FreeBSD selesai! Jika Anda ingin membuat perubahan manual sebelum menyelesaikan instalasi, pilih “ya”. Jika Anda tidak ingin melakukan modifikasi apa pun, pilih “tidak” dan tekan ENTER.

Reboot ke sistem FreeBSD yang baru diinstal.

Login ke sistem FreeBSD sebagai pengguna root.
Perbarui Sistem FreeBSD

Hal pertama setelah menginstal sistem operasi apa pun adalah untuk menerapkan pembaruan terbaru yang tersedia.

Untuk memperbarui FreeBSD, jalankan perintah berikut sebagai pengguna root:

# freebsd-update fetch install

Selamat! Kami telah berhasil menginstal dan memperbarui edisi FreeBSD 13.1. Dalam artikel kami yang akan datang, kami akan melihat cara,
Membuat pengguna sudoMereset atau memulihkan kata sandi pengguna rootDan lebih banyak hal terkait BSD.