Instal XAMPP Di Linux

Dalam tutorial ini, kita akan mempelajari apa itu XAMPP stack dan bagaimana cara menginstal XAMPP di sistem operasi Linux. Selanjutnya kita akan membahas cara memulai atau me-restart server XAMPP dan cara mengakses halaman pengujian XAMPP, dashboard phpMyAdmin. Terakhir, kita akan melihat cara mengamankan instalasi XAMPP dan menghapus XAMPP jika tidak diperlukan lagi.
Contents
1. Apa itu XAMPP Stack?2. Instal XAMPP di Linux2.1. Instalasi XAMPP CLI2.2. Instalasi GUI XAMPP2.3. Panel Kontrol XAMPP2.3.1. Kelola Server2.3.2. Bagian Log Aplikasi3. Mulai / Mulai Ulang Layanan XAMPP Dari CLI4. Akses Dasbor Web XAMPP5. Akses PhpMyAdmin5.1. Aktifkan Akses Jarak Jauh Ke PhpMyAdmin6. File Konfigurasi XAMPP7. Instalasi XAMPP Aman8. Copot pemasangan XAMPPConclusion1. Apa itu XAMPP Stack?

XAMPP adalah distribusi Apache lintas platform sumber terbuka dan gratis yang dikembangkan oleh Apache Friends. XAMMP adalah tumpukan solusi server Web yang memungkinkan Anda menginstal Apache, MariaDB, PHP, dan Perl dengan mudah di GNU/Linux, Mac OS dan Microsoft Windows.

XAMPP banyak digunakan oleh pengembang untuk menguji aplikasi web mereka di sistem lokal mereka sebelum mengunggahnya ke sistem produksi.

XAMPP adalah kependekan dari Cross-platform (X), Apache Web server (A), MariaDB (M), PHP (P), dan Perl (P).
2. Instal XAMPP di Linux

Langkah-langkah penginstalan XAMPP sama untuk semua distro Linux. Untuk tujuan panduan ini, kami akan menggunakan Debian 11 Bullseye.

Buka situs web Apache Friends dan unduh versi terbaru yang tersedia. Saat panduan ini ditulis, versi terbarunya adalah 8.1.4.

. Setelah XAMMP diunduh, buka lokasi unduhan dan buat itu menjadi executable.

$ cd Downloads
$ chmod +x xampp-linux-x64-8.1.4-1-installer .run

Or,

$ chmod 755 xampp-linux-x64-8.1.4-1-installer.run

XAMPP mendukung instalasi CLI dan GUI. Jadi Anda dapat menginstal XAMPP di desktop dan server Linux.
2.1. Instalasi XAMPP CLI

Jalankan perintah berikut untuk memulai penginstal XAMPP dari commandline:

$ sudo ./xampp-linux-x64-8.1.4-1-installer.run

Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan. Cukup ketik “Y” untuk semua pertanyaan dan selesaikan instalasi.

------------------------------------------------- --------------------------- Selamat datang di XAMPP Setup Wizard. -------------------------------------------------- -------------------------- Pilih komponen yang ingin Anda instal; hapus komponen yang tidak ingin Anda instal. Klik Berikutnya ketika Anda siap untuk melanjutkan. File Inti XAMPP : Y (Tidak dapat diedit) File Pengembang XAMPP [Y/n] :y Apakah pilihan di atas benar? [Y/n]: y ------------------------------------------- --------------------------------- Direktori Instalasi XAMPP akan diinstal ke /opt/lampp Tekan [Enter] untuk melanjutkan : -------------------------------------------------- --------------------------- Setup sekarang siap untuk mulai menginstal XAMPP di komputer Anda. Apakah Anda ingin melanjutkan? [Y/n]: ------------------------------------------------------- -------------------------------- Harap tunggu saat Setup menginstal XAMPP di komputer Anda. Menginstal 0% ________________ 50% ______________ 100% ######################################################## -------------------------------------------------- -------------------------- Setup telah selesai menginstal XAMPP di komputer Anda.

Secara default, XAMPP diinstal /opt/lampp/ directory.

Setelah instalasi selesai, mulai layanan XAMPP dengan command.

$ sudo /opt/lampp/lampp start

Lihat bagian “Mulai/Mulai Ulang Layanan XAMPP” di bawah ini untuk mengetahui cara memulai, mulai ulang modul XAMPP.
2.2. Instalasi GUI XAMPP

Mulai wizard pengaturan grafis XAMPP dengan menjalankan perintah berikut:

$ sudo ./xampp-linux-x64-8.1.4-1-installer.run

Wizard penginstal XAMPP akan terbuka sekarang. Klik Next untuk melanjutkan.

Pilih komponen XAMPP yang ingin Anda instal dan klik Next.

Sekarang, installer akan menampilkan jalur instalasi default XAMPP. Secara default, XAMPP akan diinstal di direktori /opt/lampp. Klik Berikutnya untuk melanjutkan.

Klik Berikutnya untuk melanjutkan.

Instalasi XAMPP akan dimulai sekarang.Instalasi

XAMPP selesai sekarang. jika kotak “Luncurkan XAMPP” dicentang, XAMPP akan mulai secara otomatis.

Jika Anda tidak mencentang kotak ini, Anda harus memulai XAMPP secara manual setiap kali dengan menjalankan perintah berikut:

$ sudo /opt/lampp/lampp start

You sekarang akan disambut dengan layar selamat datang panel kontrol XAMPP.

Anda dapat memulai panel kontrol XAMPP kapan saja dengan menjalankan perintah berikut:

$ sudo /opt/lampp/manager-linux-x64.run

2.3. Panel Kontrol XAMPP

Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di atas, layar selamat datang menunjukkan 4 tab berikut. Mengklik pada setiap tab akan membawa Anda ke bagian masing-masing.
Go To Application – Buka Application WindowBuka Folder Aplikasi – Membawa Anda ke aplikasi XAMPP tempat proyek akan disimpan. Lokasi default adalah /opt/lampp. Kunjungi Apache Friends – Buka halaman Beranda XAMPPMemulai – Tampilkan bagian bantuan XAMPP.2.3.1. Kelola Servers
Bagian ini menampilkan daftar modul yang sedang berjalan atau berhenti.

Untuk memulai/memulai ulang modul, pilih saja dan klik tombol Mulai/Mulai Ulang.
2.3.2. Bagian Log Aplikasi
Bagian ini menampilkan log yang terkait dengan aplikasi yang sedang berjalan.
3. Mulai / Mulai Ulang Layanan XAMPP Dari CLI

Anda harus memulai layanan XAMPP secara manual di setiap reboot sistem.

Untuk memulai layanan XAMPP dari baris perintah, cukup jalankan:

$ sudo /opt/lampp/lampp start

Anda mungkin melihat pesan peringatan berikut.

Memulai XAMPP untuk Linux 8.1. 4-1... XAMPP: Memulai Apache.../opt/lampp/share/xampp/xampplib: baris 22: netstat: perintah tidak ditemukan /opt/lampp/share/xampp/xampplib: baris 22: netstat: perintah tidak ditemukan baik-baik saja. XAMPP: Memulai MySQL.../opt/lampp/share/xampp/xampplib: baris 22: netstat: perintah tidak ditemukan ok. XAMPP: Memulai ProFTPD.../opt/lampp/share/xampp/xampplib: baris 22: netstat: perintah tidak ditemukan ok.

Seperti yang Anda lihat di outout di atas, perintah netstat tidak tersedia. Netstat adalah bagian dari paket net-tools. Untuk memperbaikinya, cukup instal paket net-tools.

Paket net-tools tersedia di repositori default sebagian besar distribusi Linux. Misalnya, Anda dapat menginstal net-tools pada sistem berbasis Debian menggunakan perintah berikut:

$ sudo apt install net-tools

Reboot sistem dan mulai layanan XAMPP lagi:

$ sudo /opt/lampp/lampp start

Anda akan melihat semua layanan sedang berjalan sekarang.

Memulai XAMPP untuk Linux 8.1.4-1... XAMPP: Memulai Apache...ok. XAMPP: Memulai MySQL...ok. XAMPP: Memulai ProFTPD...ok.

Anda dapat memeriksa status layanan XAMPP menggunakan perintah:

$ sudo /opt/lampp/lampp status

Sample output”

Version: XAMPP for Linux 8.1.4-1 Apache sedang berjalan. MySQL sedang berjalan. ProFTPD sedang berjalan.

Untuk me-restart layanan XAMPP, jalankan:

$ sudo /opt/lampp/lampp restart

Contoh Output:

Memulai ulang XAMPP untuk Linux 8.1.4-1... XAMPP: Menghentikan Apache...ok XAMPP: Menghentikan MySQL. ..ok. XAMPP: Menghentikan ProFTPD...ok. XAMPP: Memulai Apache...ok. XAMPP: Memulai MySQL...ok. XAMPP: Memulai ProFTPD...ok.

4. Akses XAMPP Web Dashboard

Buka browser web Anda dan arahkan ke http://localhost atau http://IP-Address. Anda akan disambut dengan halaman pengujian XAMPP.

Selamat! Kami telah berhasil menyiapkan tumpukan XAMPP di sistem Linux kami. Sekarang Anda dapat mulai menguji aplikasi web!

Untuk melihat Informasi PHP, cukup klik PHPInfolink di bagian atas dari halaman pengujian XAMPP. Atau, Anda dapat mengarahkan ly navigasikan ke http://localhost.phpinfo.php dari browser web Anda.
5. Akses PhpMyAdmin

Untuk mengakses dashboard phpMyAdmin, klik link phpMyAdmin dari halaman pengujian XAMPP atau langsung buka http://localhost/phpmyadmin dari address bar browser.

Tidak ada password untuk phpMyAdmin. Jika Anda ingin mengamankan akun admin phpMyAdmin, lihat bagian “XAMPP Aman” di bawah.
5.1. Aktifkan Akses Jarak Jauh Ke PhpMyAdmin

Secara default, phpMyAdmin hanya dapat diakses dari localhost itu sendiri. Jika Anda ingin mengaksesnya dari sistem jarak jauh di jaringan, edit file /opt/lampp/etc/extra/httpd-xampp.conf:

$ sudo nano /opt/lampp/etc/extra/httpd-xampp.conf

Temukan direktif berikut:

 AllowOverride AuthConfig Limit Memerlukan ErrorDocument 403 lokal /error/XAMPP_FORBIDDEN.html.var 

Ganti baris “Memerlukan lokal” dengan “Wajibkan semua diberikan”.

 AllowOverride Batas AuthConfig Memerlukan semua yang diberikan ErrorDocument 403 /error/XAMPP_FORBIDXAMPP_ 

Simpan file dan tutup. Mulai ulang layanan XAMPP untuk menerapkan perubahan.

Anda sekarang dapat mengakses dasbor phpMyAdmin dari sistem jarak jauh mana pun di jaringan area lokal Anda dengan menavigasi ke http://IP-Address/phpmyadmin URL.
6. File Konfigurasi XAMPP

File konfigurasi XAMPP utama disimpan dalam file berikut. File konfigurasi server web Apache.
: /opt/lampp/etc/httpd.conf, /opt/lampp/etc/extra/httpd-xampp.confFile konfigurasi MySQL: /opt /lampp/etc/my.cnfPHP file konfigurasi: /opt/lampp/etc/php.iniProFTPD file konfigurasi: /opt/lampp/etc/proftpd.conf7. Instalasi XAMPP Aman

XAMPP dimaksudkan hanya untuk tujuan pengembangan. Secara default, XAMPP tidak memiliki kata sandi yang ditetapkan dan Anda harus menahan diri untuk tidak menggunakannya dalam produksi.

Ini memiliki pengaturan konfigurasi tertentu yang membuatnya mudah untuk dikembangkan secara lokal tetapi tidak aman jika Anda ingin instalasi Anda dapat diakses oleh orang lain. XAMPP dapat diakses dari internet, pastikan Anda memahami implikasinya dan pelajari cara melindungi situs Anda.

Atau, Anda dapat menggunakan tumpukan LAMP atau LEMP yang merupakan paket serupa yang lebih cocok untuk produksi.

Untuk mengamankan Instalasi XAMPP, jalankan:

$ sudo /opt/lampp/lampp security

Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan untuk mengamankan XAMPP. Jawab Ya untuk semua pertanyaan dan atur kata sandi untuk pengguna root MySQL, pengguna admin PhpMyAdmin, dan pengguna admin ProFTPD.

XAMPP: Pemeriksaan keamanan cepat... XAMPP: MySQL dapat diakses melalui jaringan. XAMPP: Biasanya itu tidak disarankan. Apakah Anda ingin saya mematikannya? [ya] XAMPP: Dimatikan. XAMPP: Menghentikan MySQL...ok. XAMPP: Memulai MySQL...ok. XAMPP: Pengguna MySQL/phpMyAdmin pma tidak memiliki kata sandi yang disetel!!! XAMPP: Apakah Anda ingin mengatur kata sandi? [ya] XAMPP: Kata sandi: XAMPP: Kata sandi (lagi): XAMPP: Mengatur kata sandi pma MySQL baru. XAMPP: Mengatur kata sandi pma phpMyAdmin ke yang baru. XAMPP: MySQL tidak memiliki set kata sandi root!!! XAMPP: Apakah Anda ingin mengatur kata sandi? [yes] XAMPP: Tulis kata sandi di suatu tempat untuk memastikan Anda tidak akan melupakannya!!! XAMPP: Kata sandi: XAMPP: Kata sandi (lagi): XAMPP: Mengatur kata sandi root MySQL baru. XAMPP: Ubah metode otentikasi phpMyAdmin. XAMPP: Kata sandi FTP untuk 'daemon' pengguna masih disetel ke 'xampp'. XAMPP: Apakah Anda ingin mengubah kata sandi? [yes] XAMPP: Password: XAMPP: Password (lagi): XAMPP: Reload ProFTPD...ok. XAMPP: Selesai.

XAMPP diamankan sekarang.

Pada tahap ini, Anda harus dapat menyiapkan lingkungan pengembangan web lokal yang aman menggunakan XAMPP.
8. Uninstall XAMPP

Pergi ke lokasi di mana XAMPP diinstal:

$ cd /opt/lampp/

And, jalankan perintah berikut untuk menghapus tumpukan XAMPP dari sistem Anda:

$ sudo ./uninstalll

Anda akan ditanya apakah Anda ingin menghapus XAMPP termasuk semua modul. Ketik “Y” dan tekan enter untuk menghapus XAMPP.

Apakah Anda ingin menghapus XAMPP dan semua modulnya? [Y/n]: y ------------------------------------------- --------------------------------- Uninstall Status Uninstall XAMPP 0% ______________ 50% ______________ 100% ##### ################################## Info: Penghapusan instalasi selesai Tekan [Enter] untuk melanjutkan:

Akhirnya, hapus folder instalasi XAMPP:

$ sudo rm -fr /opt/lampp/

Conclusion

Dalam panduan ini, kita membahas apa itu XAMPP, dan cara menginstal XAMPP di sistem operasi Linux. Kami juga melihat cara memulai atau memulai ulang modul XAMPP dan cara mengakses halaman pengujian XAMPP, halaman info php, dan dasbor phpMyAdmin. Terakhir, kami melihat cara mengamankan instalasi XAMPP dan kemudian cara menghapus tumpukan XAMPP dari sistem Linux.