Pengantar Amazon EKS (Layanan Elastic Kubernetes)

Amazon Cloud (AWS) menawarkan sejumlah layanan yang membantu orkestrasi container, termasuk Amazon Elastic Container Service (ECS), Amazon Elastic Kubernetes Service (EKS), Amazon LightSail, dan Amazon Elastic Container Registry (ECR). Dalam artikel ini, kita akan belajar tentang Amazon EKS, yaitu Kubernetes di AWS cloud.
Contents
1. Apa itu Amazon EKS?2. Komponen Klaster Amazon EKS2.1. Rencana Pengendalian EKS2.2. Node EKS3. Metode Penyebaran Klaster EKS4. Bagaimana Amazon EKS Bekerja5. Fitur Amazon EKS6. Harga Amazon EKSKesimpulan1. Apa itu Amazon EKS?

Amazon EKS (Amazon Elastic Kubernetes Service) adalah layanan terkelola yang memungkinkan Anda menjalankan Kubernetes di AWS Cloud tanpa harus menyiapkan, mengelola, atau memelihara control plane dan node Anda sendiri.
Kubernetes adalah teknologi sumber terbuka yang mengotomatiskan penerapan, penskalaan, dan pengelolaan container, yaitu Applications.

dalam containerUntuk mencapai ketersediaan tinggi, EKS menjalankan dan menskalakan bidang kontrol Kubernetes di berbagai AWS Availability Zone. Di Amazon EKS, instans bidang kontrol secara otomatis diskalakan berdasarkan beban, dan instans bidang kontrol yang tidak sehat terdeteksi dan diganti, serta peningkatan versi dan penambalan versi otomatis akan dilakukan secara otomatis.

Amazon EKS dapat diintegrasikan dengan layanan AWS lain untuk menyediakan berbagai fasilitas . Misalnya, node pekerja dapat disediakan oleh Instans AWS EC2, ECR (Elastic Container Registry) untuk Gambar Kontainer, VPC (Virtual Private Cloud) untuk mengisolasi resources.
2. Komponen Klaster Amazon EKS

Kluster Amazon EKS terdiri dari dua komponen penting.
EKS Control PlaneEKS Nodes2.1. Rencana Kontrol EKS

Bidang kontrol Amazon EKS terdiri dari node yang menjalankan perangkat lunak Kubernetes seperti etcd dan server API Kubernetes. Bidang kontrol beroperasi pada akun AWS, dan Kubernetes API dapat diakses melalui titik akhir Amazon EKS untuk klaster Anda. Setiap bidang kontrol klaster Amazon EKS memiliki rangkaian instans Amazon EC2 sendiri dan merupakan penyewa tunggal serta unik. Bidang kontrol

EKS tersedia di beberapa zona ketersediaan; jika ada control plane yang bermasalah, EKS secara otomatis mengidentifikasi dan mengganti node control plane yang tidak sehat tersebut, serta menyediakan pembaruan sesuai permintaan, zero-downtime, dan patching.
2.2. EKS Nodes

Amazon EKS node berjalan di akun AWS Anda dan terhubung ke bidang kontrol cluster Anda melalui titik akhir server API dan file sertifikat yang dikeluarkan untuk cluster Anda. Grup Node harus dibuat untuk menyediakan node di cluster EKS. Grup node

A terdiri dari satu atau lebih node. Dalam grup Penskalaan Otomatis Amazon EC2, grup node terdiri dari satu atau beberapa instans Amazon EC2 dan semua instans harus memiliki tipe yang sama dengan Amazon Machine Image (AMI) yang sama. Dan, Grup Node harus menggunakan role.
3 IAM yang sama. Metode Penyebaran Klaster EKS

Anda dapat membuat Klaster EKS dengan dua cara.
Amazon EKS – eksctl: Ini adalah utilitas baris perintah sederhana untuk membangun dan memelihara klaster Kubernetes. AWS dan Weaveworks berkolaborasi dalam eksctl, alat yang mengotomatiskan sebagian besar proses penyiapan klaster EKS. Eksctl juga mendukung penyediaan sumber daya melalui file konfigurasi, yang merupakan metode yang lebih disukai karena memungkinkan Anda mengontrol versi konfigurasi klaster EKS Anda. AWS Management Console dan AWS CLI: Ini adalah metode termudah untuk menerapkan klaster Amazon EKS tempat Anda dapat meluncurkan EKS sebagai service di AWS dan tambahkan node dengan membuat Grup Node di konsol AWS itu sendiri.4. Cara Kerja Amazon EKS

Cara termudah untuk mempertimbangkan Amazon EKS adalah ‘Kubernetes as a Service’ oleh AWS Cloud.

Seperti yang disebutkan di atas, Amazon EKS terdiri dari dua komponen utama; EKS Control Plane/Master dan Data plane/Worker node yang sedang membangun cluster EKS. Kedua pesawat dijalankan di Virtual Private Clouds (VPCs) mereka sendiri.

Node di VPC bertanggung jawab menjalankan image container atau beban kerja. AWS juga menawarkan infrastruktur jaringan yang diperlukan untuk menghubungkan komponen-komponen ini dan membentuk cluster Kubernetes.

Pods dapat dijadwalkan pada campuran node yang dikelola sendiri, grup node yang dikontrol Amazon EKS, dan AWS Fargate dalam cluster Amazon EKS.

Amazon EKS node berjalan di bawah akun Anda dan menggunakan titik akhir server API cluster untuk berkomunikasi dengan control plane.

Detail dan diagram berikut menggambarkan penerapan aplikasi di Cluster EKS.

Penyediaan Cluster Amazon EKS – Provisioning Master

Anda dapat membuat Cluster di AWS Management Konsol atau menggunakan AWS CLI atau salah satu AWS SDKs

Deploy Compute – Provisioning Worker

Anda dapat meluncurkan node komputasi dari Instans AWS Fargate atau Amazon EC2. Untuk menyiapkan node pekerja untuk menjalankan wadah aplikasi, EKS menyediakan opsi berikut.
Self-Managed: Pengguna bertanggung jawab untuk menyediakan instans EC2 yang ditautkan ke cluster. Ini memberi Anda lebih banyak opsi saat mengatur node pekerja. Dikelola: Untuk kluster Amazon EKS Kubernetes, grup node terkelola mengotomatiskan penyediaan dan manajemen siklus hidup node (instans Amazon EC2). AWS Fargate: Fargate adalah mesin komputasi tanpa server yang dikelola AWS yang memungkinkan Anda menjalankan aplikasi container tanpa harus memelihara server.
Connect dengan Amazon EKS Cluster

Kubernetes berkomunikasi dengan clusternya melalui alat baris perintah bernama Kubectl. Anda perlu menginstal kubectl di mesin Anda dan mengonfigurasinya untuk menghubungkan Amazon EKS dan menjalankan Applications.

Monitor Kubernetes Apps

Setelah membuat Cluster EKS lengkap, Anda harus menerapkan dasbor Kubernetes yang merupakan Antarmuka Manajemen Berbasis Web untuk mengelola dan memantau Cluster EKS Anda.
5. Fitur Amazon EKS

Di sini saya telah membuat daftar beberapa fitur penting dari Amazon EKS.

Managed Control Plane

Amazon EKS menyediakan bidang kontrol yang sangat tersedia dengan opsi skalabilitas otomatis. Saat EKS berjalan di tiga Availability Zone, EKS secara otomatis mendeteksi bidang kontrol yang tidak sehat dan menggantinya.

Service Integration

AWS Controllers for Kubernetes (ACK) memungkinkan Anda mengelola layanan AWS langsung dari lingkungan Kubernetes Anda. Dengan menggunakan sumber daya AWS, ACK mempermudah pembuatan Kubernetes apps.

Eksctl yang dapat diskalakan dan sangat tersedia.

Eksctl – Single line Management

Ini adalah alat baris perintah yang dapat diinstal di mesin Windows atau Linux Anda untuk membuat, menjalankan, dan mengelola klaster EKS Anda. Ini menyederhanakan Manajemen dan Operasi Cluster.

Security

Amazon EKS terintegrasi dengan berbagai Layanan dan Teknologi untuk menyediakan lingkungan yang sangat aman. Misalnya, IAM memungkinkan kontrol akses berbutir halus dan VPC mengisolasi dan melindungi klaster EKS Anda dari akses pihak ketiga.

Load Balancing

Amazon EKS mendukung penggunaan Application Load Balancer yang ideal untuk penyeimbangan beban lanjutan lalu lintas HTTP dan HTTPS. Selain itu, EKS menggunakan Network Load Balancer dan Classic Load Balancer.

Komputen Tanpa Server Untuk menjalankan aplikasi Kubernetes Anda menggunakan komputasi tanpa server, EKS mendukung AWS Fargate. Fargate menghilangkan kebutuhan untuk membangun dan memelihara server. Ini memungkinkan Anda memilih dan membayar sumber daya per aplikasi.

Hybrid Deployment

EKS di ‘AWS Outposts’ dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi dalam container dengan latensi minimal ke sistem lokal. AWS Outposts adalah solusi terkelola sepenuhnya yang menghubungkan setiap lokasi terhubung dengan infrastruktur, layanan, API, dan alat AWS. Anda dapat mengelola container di tempat dengan kesederhanaan yang sama seperti Anda dapat mengelolanya di cloud dengan EKS di Outposts.

Kompatibilitas Sumber Terbuka

Amazon EKS mendukung iklan Kubernetes umum dan EKS sangat kompatibel dengan alat Komunitas Kubernetes.

Pembaruan Klaster Terkelola
n untukbspPeningkatan versi Kubernetes dilakukan secara on-the-fly, menghilangkan kebutuhan untuk membangun cluster baru atau mentransfer aplikasi ke cluster.
6 baru. Harga Amazon EKS

Untuk setiap klaster Amazon EKS yang Anda buat, Anda membayar $0,10 per jam. Dengan memanfaatkan ruang nama Kubernetes dan pengaturan keamanan IAM, Anda dapat menjalankan banyak aplikasi di satu klaster EKS.

On AWS, Anda dapat menggunakan Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) atau AWS Fargate untuk mengoperasikan EKS, dan secara lokal, Anda dapat menggunakan AWS Outposts. Dengan demikian, harga akan dihitung.

AWS menyediakan kalkulator untuk memperkirakan harga. Anda dapat menggunakan tautan di bawah ini untuk memperkirakan harga Anda untuk EKS Cluster.

Lihat artikel di bawah ini untuk detail selengkapnya tentang model penetapan harga instans AWS EC2 karena Anda dapat menggunakan instans EC2 untuk node pekerja EKS.
Amazon Web Services (AWS) Introduction
Jika Anda menggunakan AWS Fargate, harga tergantung pada jumlah vCPU dan RAM yang digunakan dari saat Anda mulai mengunduh gambar kontainer hingga pod Amazon EKS selesai, penghitungan waktu akan dibulatkan ke detik terdekat. Biaya minimum akan diterapkan selama satu menit bahkan jika Anda menggunakan 10 detik.

Gunakan tautan ini untuk memperkirakan harga AWS Fargate Anda. Di sini Anda perlu mengisi detail seperti Model OS, Jumlah POD, jumlah vCPU, Memory.

On AWS Outposts, Anda dapat membuat dan menjalankan node Amazon EKS Anda. AWS Outposts memungkinkan fasilitas lokal untuk menggunakan layanan, infrastruktur, dan model operasi AWS asli.

Biaya untuk Amazon EKS di AWS Outposts sangat mudah dan identik dengan biaya klaster Amazon EKS yang diterapkan di AWS, dan Anda membayar $0,10 per jam.

Anda dapat membeli berbagai jenis konfigurasi rak AWS Outposts sesuai dengan kebutuhan Anda, konfigurasi rak adalah kombinasi jenis instans EC2, Volume gp2 EBS, dan S3 di Pos terdepan. Rujuk tautan ini untuk memperkirakan model penetapan harga Anda untuk AWS Outposts.
Conclusion

Dalam artikel ini, kami telah memahami konsep dasar Amazon EKS, model kerja & penetapan harga, dan fitur-fitur pentingnya. Kita akan melihat prosedur pembangunan Cluster Amazon EKS di artikel mendatang.

Resource:
Panduan pengguna Amazon EKS