Periksa Ruang Disk Menggunakan Agedu Di Linux

Kehabisan ruang disk? Saatnya mencari tahu direktori dan file mana yang menempati ruang disk paling banyak. Untungnya, memeriksa ruang disk Linux menjadi lebih mudah dengan utilitas Agedu. Panduan ini menjelaskan apa itu Agedu, bagaimana cara menginstal Agedu, dan bagaimana memeriksa ruang disk di Linux dan menemukan ruang disk yang terbuang menggunakan Agedu.
Contents
Apa Itu Agedu?Instal Agedu di LinuxPeriksa Disk Space Dengan Agedu Di LinuxLihat Laporan Penggunaan Disk Space Linux Dengan AgeduGet Disk Laporan Ruang Dari Jenis File TertentuMelihat Laporan Penggunaan Ruang Disk Di Browser WebMengonfigurasi Otentikasi Kata Sandi Untuk Antarmuka Web AgeduMenentukan Nama Pengguna dan Kata Sandi KhususHapus File IndeksSetel Port Khusus Untuk AgeduKesimpulanApa itu Agedu?

Agedu adalah utilitas baris perintah yang melacak ruang disk yang terbuang di sistem Linux Anda. Agedu bekerja seperti perintah du. Ini memindai hard disk Anda dan menampilkan hasil penggunaan disk di jendela Terminal.

Agedu memiliki server web built-in, sehingga kami dapat menampilkan hasilnya sebagai laporan HTML yang tertata rapi dalam warna berbeda di browser web kami.

Ini membedakan data di warna yang berbeda. Warna merah mewakili data yang telah diakses sejak lama, Hijau mewakili data yang baru diakses, dan spektrum melalui oranye dan kuning mewakili titik-titik di antaranya.

Dengan menganalisis keluaran berwarna, kita dapat segera memahami direktori dan file yang telah sering digunakan dan data mana yang mengalami stagnasi.

Setelah kami mengetahui data stagnasi, kami dapat menghapusnya jika tidak lagi diperlukan atau memindahkannya dengan aman ke media arsip untuk mengosongkan sebagian ruang disk.

Agedu memiliki keduanya CLI dan antarmuka berbasis web. Anda dapat melihat laporan penggunaan disk baik dari jendela Terminal atau dari browser web.

Agedu adalah utilitas lintas platform. Ia bekerja pada sistem operasi Linux, Unix dan Windows. Ini adalah program open source dan dirilis di bawah lisensi MIT.

Mari kita lanjutkan dan lihat cara menggunakan agedu untuk menemukan ruang disk yang terbuang di Linux dengan contoh praktis.
Install Agedu di Linux

Agedu dikemas untuk distribusi Linux populer dan tersedia secara default repositori beberapa versi Linux.

Instal Agedu di Arch Linux:

Agedu tersedia dalam AUR, sehingga Anda dapat menginstalnya di Arch Linux, EndeavourOS dan Manjaro Linux dan program pembantu AUR, seperti Paru atau Yay.

$ paru -S agedu

Or,

 $ yay -S agedu

Install Agedu di Debian, Ubuntu, Linux Mint, Pop OS:

Agedu tersedia di repositori default sistem berbasis Debian seperti Ubuntu, Linux Mint, dan Pop OS. Untuk menginstal Agedu di Debian dan Ubuntu, jalankan:

$ sudo apt install agedu

Install Agedu di Fedora, RHEL dan klonnya:

On distribusi berbasis RPM seperti Fedora, RHEL, CentOS, AlmaLinux, Rocky Linux, tambahkan repositori [EPEL] menggunakan perintah:

 $ sudo dnf install epel-release

Dan kemudian, instal agedu seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

$ sudo dnf install agedu

Pada sistem berbasis RPM yang lebih lama, ganti dnf dengan yum pada perintah di atas.
Periksa Ruang Disk Dengan Agedu Di Linux

Penggunaan utilitas agedu sepele. Sintaks agedu adalah:

agedu [ options ] action [action...]

Mari kita lihat beberapa contoh.

Buka Terminal dan jalankan perintah berikut untuk memindai direktori $HOME.

$ agedu -s /home/ostechnix/

Sample output:

Built indeks nama jalur, 6731 entri, 684647 byte indeks Memalsukan direktori atimes Indeks bangunan Ukuran file indeks akhir = 1475496 byte

Perintah ini akan membuat file indeks data yang disebut “agedu.dat” di direktori kerja saat ini.
Lihat Laporan Penggunaan Ruang Disk Linux Dengan kueri Agedu

To laporan ruang disk dari file indeks yang kita buat pada langkah sebelumnya, jalankan:

$ agedu -t /home/ostechnix/

Contoh output:

30288 /home/ostechnix/.cache 6804 /home/ostechnix/.config 3875876 /home /ostechnix/.docker 40 /home/ostechnix/.gnupg 864 /home/ostechnix/.local 12 /home/ostechnix/.password-store 76 /home/ostechnix/.pki 512 /home/ostechnix/Downloads 60 4 /home/ostechnix/descent 5844 /home/ostechnix/dotfile 39076 /home/ostechnix/grub2-themes 335188 /home/ostechnix/snap 4684516 /home/ostechnix

Mari kita persempit laporan secara lebih spesifik. Misalnya, untuk membuat daftar file yang tidak dilihat atau diakses selama 2 hari terakhir atau lebih, jalankan:

$ agedu -t /home/ostechnix/ -a 2d

Sample output:

15216 /home/ostechnix/.cache 5740 /home/ ostechnix/.config 51052 /home/ostechnix/.docker 40 /home/ostechnix/.gnupg 328 /home/ostechnix/.local 12 /home/ostechnix/.password-store 512 /home/ostechnix/Downloads 604 /home/ostechnix /descent 5844 /home/ostechnix/dotfile 39076 /home/ostechnix/grub2-themes 335028 /home/ostechnix/snap 842756 /home/ostechnix

Demikian pula, ganti saja huruf “d” dengan “w” untuk minggu, “m” untuk bulan, “y” selama bertahun-tahun.

Misalnya, Anda dapat melihat file yang tidak diakses selama dua minggu terakhir menggunakan perintah ini:

$ agedu -t /home/ostechnix/ -a 2w

Dapatkan Laporan Ruang Disk Dari Jenis File Tertentu

Agedu menawarkan banyak manfaat pilihan untuk melacak penggunaan disk. Salah satunya adalah melihat laporan dari jenis file tertentu.

Misalnya, mari kita buat laporan file txt menggunakan perintah:

$ agedu -s . --exclude '*' --include '*.txt'

Contoh output:

Built pathname index, 714 entries, 59257 bytes of index Memalsukan direktori atimes Building index Ukuran file indeks akhir = 189056 bytes

Perintah di atas akan memindai penggunaan disk yang hanya diambil oleh file .txt dan mengecualikan semua file lain di direktori saat ini.

Demikian juga, untuk memindai jalur tertentu, cukup tentukan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

$ sudo agedu -s /home/ostechnix/Downloads --exclude '*' --include '*.txt'

Untuk melihat laporan, jalankan:

$ sudo agedu -t /home/ostechnix/Downloads

Lihat Laporan Penggunaan Ruang Disk di Browser Web

Untuk membuat laporan HTML dan melihatnya di browser web, jalankan:

$ agedu -w - -auth none

Anda hanya dapat menggunakan “sudo agedu -w”, namun opsi “–auth none” akan menghilangkan 403 kesalahan terlarang.

Contoh keluaran:

URL: http://localhost:33239/

Laporan HTML tentang penggunaan disk telah dibuat . Mari kita lihat. Buka browser web Anda dan arahkan ke http://localhost:33239 atau http://IP-Address:33239. Harap dicatat bahwa nomor port yang berbeda akan dihasilkan setiap kali Anda menjalankan perintah ini.

Klik pada direktori mana pun untuk melihat subdirektori penggunaan disk.

Seperti yang Anda lihat di atas, ruang disk yang paling banyak digunakan ditampilkan di bagian atas diikuti dengan hasil yang lebih kecil berikutnya. Untuk keluar dari Agedu, kembali ke jendela Terminal tempat Agedu dijalankan dan tekan CTRL+D.

Setelah Anda mengetahui data yang sudah lama tidak digunakan, Anda dapat menghapusnya atau memindahkannya ke media eksternal mana pun.
Configure Otentikasi Kata Sandi Untuk Antarmuka Web Agedu

Antarmuka web Agedu tidak memiliki otentikasi secara default. Namun, Ini memiliki opsi untuk memungkinkan kami mengaktifkan perlindungan kata sandi untuk melihat laporan di browser web.

Masukkan perintah berikut untuk menghasilkan kata sandi untuk mengakses antarmuka web ageu.

$ agedu -w --address localhost:46484 --auth basic

This perintah secara otomatis akan membuat nama pengguna dengan kata sandi seperti yang ditunjukkan pada output di bawah ini. Harap catat nama pengguna dan sandi.

Nama pengguna: agedu Sandi: 29tj42tdtgrgpa3y URL: http://localhost:46484/

Sekarang, buka browser web Anda dan arahkan ke http://locahost:46484. Kali ini akan meminta Anda untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandinya.

Setelah Anda memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang valid, Anda dapat mengakses antarmuka web agedu.
Menentukan Nama Pengguna dan Kata Sandi Khusus

Saya tidak suka nama pengguna dan kata sandi default. Saya ingin mendefinisikan saya sendiri. Bisakah saya melakukan itu? Tentu saja Anda dapat.

Untuk menetapkan nama pengguna khusus dengan kata sandi, jalankan:

$ agedu -w --address locahost:46484 --auth basic --auth-fd 0

Selanjutnya, masukkan pengguna khusus Anda dan kata sandinya seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

otechnix: password

Di sini ostechnix adalah nama pengguna saya dan kata sandinya adalah kata sandi. Itu hanya sebuah contoh. Saya menyarankan Anda untuk menggunakan kata sandi yang kuat.

Dan kemudian, tekan CTRL+D untuk keluar dan kembali ke Terminal.

Mulai sekarang, Anda dapat mengakses antarmuka web agedu menggunakan nama pengguna dan kata sandi khusus Anda.
Hapus File Indeks

Setelah menghapus file/direktori yang tidak digunakan , hapus file indeks yang dihasilkan oleh agedu:

$ agedu -R

Anda juga dapat menggabungkan opsi -w dan -R untuk melihat laporan ruang disk dan menghapus file indeks setelah melihat laporan seperti di bawah ini.

$ agedu -s /home/ostechnix -w -R

Perintah di atas memindai direktori HOME, membangun indeksnya, menyajikan laporan disk melalui browser web, dan membersihkannya setelah Anda menutup jendela browser.
Set Port Kustom Untuk Agedu

Seperti yang Anda lihat sebelumnya, agedu menyajikan hasilnya melalui port acak yang berbeda tiap kali. Anda dapat menyetel port tertentu sesuai keinginan jika Anda ingin.

Untuk menyetel port untuk agedu, jalankan:

$ agedu -w --address localhost:1234 --auth none

Di sini, 1234 adalah port kustom. Ganti dengan Anda sendiri.

Contoh keluaran:

URL: http://localhost:1234/

Atau cukup tentukan alamat IP yang sebenarnya.

$ sudo agedu -w --address 192.168.1.40:1234

Sekarang, Anda dapat melihat laporan dengan mengunjungi URL – http://localhost:1234 atau http://192.168.1.40:1234 dari browser Anda.

Untuk keluar dari Agedu, buka terminal tempat Agedu berjalan dan tekan CTRL+D.

Untuk detail lebih lanjut, lihat halaman manual Agedu.

 $ man agedu

Conclusion

Memeriksa ruang disk Linux sesekali akan membantu Anda membersihkan sampah yang tidak perlu di hard drive Anda. Dengan bantuan Agedu, kita dapat dengan mudah memeriksa ruang disk di Linux dan melacak ruang disk yang terbuang dan akhirnya menghapusnya jika tidak lagi diperlukan.

Resource:
Agedu home page
Disarankan Baca:
Cara Memeriksa Penggunaan Ruang Disk di Linux Menggunakan NcduBeberapa Alternatif Bagus Untuk ‘du’ Command