PHP MySQL Pilih Data

Tutorial ini memandu Anda melalui langkah-langkah untuk memilih data dalam tabel dari database MySQL menggunakan PHP di XAMPP stack.
Contents
PrasyaratMemilih Data Dari Database MySQL Menggunakan PHPStepsKode PHPKesimpulanPrasyarat

Pastikan Anda telah menyiapkan tumpukan XAMPP di sistem Anda. Panduan berikut menjelaskan cara mengatur tumpukan XAMPP di Linux.
Cara Menginstal XAMPP Di Linux
Atau, Anda dapat menggunakan tumpukan LAMP atau LEMP yang menyediakan PHP dan MySQL. Jika Anda menggunakan Linux, lihat panduan berikut untuk menginstal LAMP/LEMP stacks.
Install Apache, MySQL, PHP (LAMP Stack) Di Ubuntu 20.04 LTSInstall Nginx, MySQL, PHP (LEMP Stack) Di Ubuntu 20.04 LTSInstall Apache, MariaDB, PHP (LAMP Stack) Di CentOS 8Install Apache, MariaDB, PHP (LAMP) stack di Arch LinuxInstall Nginx, MariaDB, PHP (LEMP) stack di Arch Linux
Menyiapkan XAMPP jauh lebih mudah daripada LAMP dan LEMP stack. Jadi, kita akan menggunakan tumpukan XAMPP di seluruh panduan ini.

Setelah menyiapkan tumpukan XAMPP, Anda perlu membuat database dan tabel MySQL di dalam database. Lihat panduan berikut untuk mengetahui cara membuat database dan tabel MySQL di XAMPP stack.
Membuat Database dan Tabel MySQL Menggunakan PHP Di XAMPP
Untuk tujuan demonstrasi, saya akan membuat tabel bernama “penjualan” dalam database bernama “perusahaan_saya” dengan skema dan catatan di bawah ini di XAMPP stack.
sayaMemilih Data Dari Database MySQL Menggunakan PHP

MySQL memiliki perintah SELECT untuk mendapatkan data dari tabel. Menggunakan perintah SELECT, kita bisa mendapatkan semua data dari kolom tertentu atau semua kolom. Sintaks

Query:

SELECT column1,column2,.,column dari table_name;

Where, kolom adalah nama kolom yang akan dipilih.

Jika Anda ingin menampilkan semua kolom, Anda dapat menggunakan * sebagai ganti nama kolom. Sintaks

Query:

SELECT * dari table_name;

Steps

1. Tentukan nama server MySQL, nama pengguna, kata sandi dan nama database dalam kode PHP Anda.

Di sini, nama server adalah localhost, nama pengguna root dan kata sandi kosong. Dan nama databasenya adalah my_company, kami membuat tabel yang disebut penjualan di dalam database ini.

2. Buat koneksi menggunakan detail di atas.

Dengan menggunakan fungsi mysqli_connect(), kita akan membuat koneksi. Ini akan mengambil tiga parameter. Pertama adalah nama server, kedua adalah nama pengguna dan terakhir adalah kata sandi. Ini juga akan mengambil nama database yang opsional di sini, karena kita hanya membuat connection.

Code:

$connection = mysqli_connect($server_name, $user_name, $password,$database_name);

3. Periksa Connection

Kita dapat memeriksa koneksi menggunakan fungsi mysqli_connect_error() yang ditentukan dalam kondisi if. Fungsi ini akan mewakili kesalahan, jika koneksi gagal.

4. Tentukan SQL Query untuk memilih record tertentu atau semua kolom dari tabel.

Pada langkah ini, kita dapat menentukan query SQL untuk memilih kolom dari tabel menjadi variabel. Biarkan nama database menjadi My_company dan kami menyimpannya dalam variabel bernama query. Nama tabelnya adalah Penjualan yang memiliki tiga kolom.

Code:

$query = "SELECT column1,…. from Sales";

5. Simpan hasil yang dipilih ke dalam variabel akhir menggunakan fungsi mysqli_query(). Ini akan membutuhkan koneksi dan kueri sebagai parameter.

Code:

mysqli_query($connection, $query);

6. Dapatkan baris satu per satu dari variabel yang disebut “final” menggunakan fungsi mysqli_num_rows() . Setelah itu ambil hasil dengan iterasi melalui while loop menggunakan fungsi mysqli_fetch_assoc() . Ini akan mengambil variabel “final” sebagai parameter. Tentukan nama kolom yang akan ditampilkan di dalam while loop.

Code:

if (mysqli_num_rows($final) > 0) { //dapatkan output dari setiap baris while($i = mysqli_fetch_assoc($final)) { echo $i[" kolom1”],…………..; } } else { echo "Tidak ada hasil"; }

7. Tutup koneksi

Ini adalah langkah terakhir di mana kita harus menutup koneksi dengan menggunakan fungsi mysqli_close().

Code:

mysqli_close( $connection);

Sekarang, mari kita tulis contoh kode PHP berdasarkan langkah-langkah di atas. Di sini, kita akan menggunakan fungsi mysqli berikut untuk mengambil dan mengembalikan data.
mysqli_num_rows() untuk mendapatkan data dari hasil aktual.mysqli_fetch_assoc( ) untuk mengambil baris dari tabel satu per satu mysqli_close() untuk menutup koneksi.Kode PHP

Contoh Kode 1:

Dalam contoh ini, kita akan memilih kolom id dan nama dari tabel Penjualan dan menampilkan hasilnya di halaman PHP.

Buat file baru bernama select.php di bawah folder /htdocs dengan cont berikut ents in it.
Heads Up: Jika Anda menggunakan Linux, folder htdocs akan berada di bawah direktori /opt/lampp/. Jika Anda menggunakan Windows, htdocs biasanya berada di folder C:xampp.


Buka browser web Anda dan arahkan ke URL http://localhost/select.php. Anda akan melihat bahwa data dipilih dan ditampilkan.

Contoh Kode 2:

Dalam contoh ini, kita akan mendapatkan semua kolom yang ada di tabel.

Buka file select.php yang sama dan perbarui dengan isinya.


Buka browser web Anda dan arahkan ke http://localhost/select.php URL. Anda sekarang akan melihat bahwa semua kolom telah dipilih dan ditampilkan.
Conclusion

Dalam panduan ini, kita membahas cara memilih data dari Tabel MySQL menggunakan PHP di XAMPP stack. Kami juga melihat cara menampilkan data dari kolom tertentu atau semua kolom dari tabel. Dalam artikel kami yang akan datang, kami akan mempelajari lebih banyak topik terkait PHP MySQL.