PHP MySQL WHERE Klausa

Dalam panduan ini, kita akan membahas cara memilih record dari database MySQL berdasarkan kondisi tertentu dengan klausa WHERE dan perintah SELECT menggunakan PHP di XAMPP stack.
Contents
PrasyaratMenyaring Data Dari Tabel MySQL Dengan Klausa WHERE Menggunakan PHPStepsKode PHP Untuk Memilih Data Dari MySQL Database Menggunakan WHERE ClauseConclusionPrasyarat

Pastikan Anda telah membuat database dan tabel di XAMPP stack seperti yang dijelaskan dalam panduan berikut.
Membuat Database dan Tabel MySQL Menggunakan PHP Di XAMPP
Untuk tujuan demonstrasi, saya telah membuat tabel bernama “penjualan” dalam database MySQL yang disebut “perusahaan_saya” dengan skema dan catatan di bawah ini.
Menyaring Data Dari Tabel MySQL Dengan Klausa WHERE Menggunakan PHP

Klausa WHERE digunakan untuk mengekstrak hanya catatan yang cocok dengan kondisi tertentu. Klausa WHERE akan memeriksa kondisi dengan mengambil operator diikuti dengan value.

WHERE Clause Syntax:

SELECT column1,column2,.,column n from table_name WHERE column_name operator value;

Where,
column_name – kolom di mana kondisi diterapkan. operator – Digunakan untuk memeriksa condition.value – Ini adalah nilai string/numerik yang dibandingkan dengan setiap nilai kolom yang ada di tabel.Steps

1. Tentukan nama server (Misalnya localhost), nama pengguna basis data (Misalnya root), kata sandi pengguna root dan nama basis data (Misalnya my_company). Di sini, kata sandi pengguna root saya adalah kosong.

2. Buat koneksi menggunakan fungsi mysqli_connect(). Ini akan mengambil nama server, nama pengguna dan kata sandi sebagai parameter.

Code:

$connection = mysqli_connect($server_name, $user_name, $password, $database_name);

3. Tentukan SQL Query untuk memilih kolom tertentu atau semua catatan kolom dari tabel dengan kondisi. Pada langkah ini, kita dapat menentukan query SQL untuk memilih kolom dari tabel menjadi sebuah variabel.

Misalnya, saya akan menggunakan nama database yang disebut my_company dan saya menyimpannya dalam sebuah variabel bernama query. Nama tabel adalah penjualan yang memiliki tiga kolom.

Code:

$query = "SELECT column1,…. from sales where column_name operator value";

4. Simpan hasil yang dipilih ke dalam variabel yang disebut “final” menggunakan fungsi mysqli_query(). Ini akan mengambil “koneksi” dan “kueri” sebagai parameter.

Code:

mysqli_query($koneksi, $query);

5. Dapatkan baris satu per satu dari variabel “final” menggunakan fungsi mysqli_num_rows() . Setelah itu ambil hasil dengan iterasi melalui while loop menggunakan fungsi mysqli_fetch_assoc() . Ini akan mengambil variabel “final” sebagai parameter.

Code:

if (mysqli_num_rows($final) > 0) { //dapatkan output dari setiap baris while($i = mysqli_fetch_assoc($final)) { echo $i[" column1”],…………..; } } else { echo "Tidak ada hasil"; }

6. Terakhir, tutup koneksi dengan menggunakan fungsi mysqli_close().

Code:

mysqli_close($connection);

Sekarang, mari kita tulis contoh kode PHP berdasarkan langkah-langkah di atas.Kode
PHP Untuk Memilih Data Dari Database MySQL Menggunakan WHERE Clause

Contoh Code 1:

Dalam contoh ini, kita akan memilih semua kolom dari tabel “penjualan” di mana nilai id lebih besar dari 4 dan menampilkan menghasilkan halaman PHP.

Jadi operator kami akan lebih besar dari (“>”) dan nilainya 4 dengan menentukan nama_kolom sebagai id.

Buat file baru bernama select.php di bawah folder /htdocs dengan konten berikut di dalamnya.
Heads Up: Jika Anda menggunakan Linux, folder htdocs akan berada di bawah direktori /opt/lampp/. Jika Anda menggunakan Windows, htdocs akan Saya biasanya berada di folder C:xampp.


Buka browser web Anda dan arahkan ke URL http://localhost/select.php. Anda dapat melihat bahwa data dipilih di mana id lebih besar dari 4 dan hasilnya ditampilkan di jendela browser.

Contoh Kode 2:

Dalam contoh ini, kami akan memilih semua kolom dari tabel “penjualan” dengan nama “Telur” dan menampilkan hasilnya di halaman PHP.

Jadi operator kami akan sama dengan (“=”) dan nilainya adalah “Telur” dengan menentukan nama_kolom sebagai nama.


Buka browser web Anda dan arahkan ke http://localhost/select.php URL. Anda dapat melihat bahwa data dipilih di mana count = 45 dan kolom yang dihasilkan ditampilkan.
Conclusion

Dalam tutorial ini, kita telah membahas tiga cara berbeda untuk memilih data dari database MySQL berdasarkan kondisi tertentu menggunakan PHP dengan klausa WHERE. Contoh pertama menunjukkan cara memfilter data dengan menggunakan nilai numerik “id”. Contoh kedua dan ketiga menjelaskan cara memilih data dengan menggunakan nilai string “nama” dan nilai numerik “hitungan”.