Sinkronkan Ponsel Android Dengan Linux Menggunakan KDE Connect

Panduan ini menjelaskan apa itu KDE Connect dan fitur-fiturnya, cara menginstal KDE connect di berbagai platform Linux dan Android dan terakhir cara menyinkronkan ponsel Android dengan desktop Linux menggunakan KDE connect untuk mengakses file dan notifikasi dari perangkat Android ke Linux dan sebaliknya .
Contents
Apa itu KDE ConnectInstall KDE ConnectInstall KDE Connect di desktop Linux AndaInstal Indikator KDE Connect di LinuxInstal KDE Connect di AndroidIzinkan KDE Hubungkan port melalui firewall atau routerKonfigurasi KDE ConnectAkses file dan pemberitahuan dari perangkat Android menggunakan KDE Hubungkan di LinuxKirim file dari perangkat Android ke LinuxKirim file dari Desktop Linux ke perangkat AndroidInput jarak jauhKontrol pemutar media dari AndroidIntegrasikan KDE terhubung dengan browserKesimpulanApa itu KDE Connect

KDE Connect adalah proyek komunitas dari KDE untuk berkomunikasi di semua perangkat Anda. KDE Connect memungkinkan Anda mentransfer file antara ponsel pintar dan desktop Linux, menerima notifikasi ponsel di desktop Linux, mengontrol pemutaran musik di ponsel dari desktop, menggunakan ponsel sebagai remote control untuk desktop.
Menggunakan KDE Connect, kami dapat lakukan banyak hal keren, seperti:
Berbagi clipboard: Berguna untuk mentransfer teks yang panjang dan rumit.Berbagi file: Mengakses dan berbagi file ke/dari perangkat Android Anda.Berbagi notifikasi: KDE Connect mengirimkan semua notifikasi ponsel cerdas Anda ke komputer desktop.Kirim URL ke desktop Linux Anda dari Smartphone Anda.Gunakan Telepon Anda sebagai perangkat input (Seperti mouse, touch pad, keyboard) dan/atau presenter.Melihat tingkat baterai ponsel Anda dari desktop Linux Anda.Kirim dan terima ping ke/dari perangkat. Temukan ponsel Anda yang hilang dengan membuatnya memainkan suara alarm.Jalankan perintah konsol dari jarak jauh.Gunakan Ponsel Anda sebagai remote control untuk mengontrol pemutar media.
Semua ini dapat dilakukan sepenuhnya secara nirkabel, utiliz ing enkripsi TLS.
Instal KDE Connect

Anda perlu menginstal KDE Connect di desktop Linux dan perangkat Android Anda.
Instal KDE Connect di desktop Linux Anda

KDE Connect tersedia di repositori default sebagian besar distribusi Linux. Jika Anda menggunakan distribusi Linux berbasis desktop KDE Plasma, itu diinstal secara default.

Jika Anda menggunakan lingkungan desktop selain Plasma KDE, Anda dapat menginstalnya seperti yang dijelaskan di bawah ini tergantung pada distribusi yang Anda gunakan.

Install KDE connect di Arch Linux, EndeavourOS dan Manjaro Linux

$ sudo pacman -S kdeconnect

Install KDE connect di Fedora, RockymaLinux :

$ sudo dnf install kdeconnect

Install KDE connect inSUSE/openSUSE:

$ sudo zypper install kdeconnect

Install KDE connect inDebian, Ubuntu, Linux Mint, Pop_OS!:

$ sudo desktop KDE

Install KDE connect inDebian, Ubuntu, Linux Mint, Pop_OS!:

<

pre>$ Sudo desktop KDEypre install Indikator selain KDEypreInkdell Anda mungkin juga perlu menginstal indicator-kdeconnect, yang menyediakan ikon baki sistem sebagai GUI untuk desktop lain.

On Arch Linux, EndeavourOS dan Manjaro Linux:

KDE Connect Indicator tersedia di AUR. Jadi, Anda dapat menginstalnya menggunakan pembantu AUR apa pun, misalnya Paru atau Yay.

$ paru -S indicator-kdeconnect

Or,

$ yay -S indicator-kdeconnect

On Fedora 25 dan yang lebih baru, jalankan perintah berikut sebagai root user:

$ dnf config-manager --add-repo http://download.opensuse.org/repositories/home:Bajoja/Fedora_25/home:Bajoja.repo
$ dnf install indicator-kdeconnect

On openSUSE Tumbleweed jalankan perintah berikut sebagai pengguna root:

# zypper addrepo http://download.opensuse.org/repositories/home:Bajoja/openSUSE_Tumbleweed/home:Bajoja.repo # zypper refresh # zypper install indicator-kdeconnect

On openSUSE Leap 42.2 jalankan perintah berikut sebagai pengguna root:

# zypper addrepo http: //download.opensuse.org/repositories/home:Bajoja/openSUSE_Leap_42.2/home:Bajoja.repo # zypper refresh # zypper install indicator-kdeconnect

Di Ubuntu:

$ sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/indicator-kdeconnect $ sudo apt perbarui $ sudo apt install kdeconnect indicator-kdeconnect

Install KDE Connect di Android

KDE Connect tersedia di Google Play Store dan F-Droid. Instal di perangkat Android Anda.
Izinkan port KDE Connect melalui firewall atau router

KDE Connect menggunakan port dinamis dalam kisaran 1714-1764 untuk UDP dan TCP. Jadi jika Anda berada di belakang firewall atau router, Anda perlu membuka rentang port ini untuk TCP dan UDP.

Open KDE terhubung melalui UFW:

$ sudo ufw allow 1714:1764/udp $ sudo ufw allow 1714:1764/tcp $ sudo ufw reload

Buka port koneksi KDE melalui firewalld:

$ sudo firewall-cmd --zone=public --permanent - -add-port=1714-1764/tcp $ sudo firewall-cmd --zone=public --permanent --add-port=1714-1764/udp $ sudo systemctl restart firewalld.service

Buka port koneksi KDE melalui iptables:

$ sudo iptables -I INPUT -i -p udp --dport 1714:1764 -m state --state BARU,ESTABLISHED -j ACCEPT $ sudo iptables -I INPUT -i -p tcp --dport 1714:1764 -m state --state BARU, DIDIRIKAN -j ACCEPT
$ sudo iptables -A OUTPUT -o -p udp --sport 1714:1764 -m state --state BARU,ESTABLISHED -j ACCEPT $ sudo iptables -A OUTPUT -o -p tcp --sport 1714 :1764 -m state --state NEW,ESTABLISHED -j TERIMA:

Configure KDE Connect

Setelah menginstal aplikasi KDE Connect, buka dari smartphone Anda. Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana tampilan antarmuka KDE Connect di perangkat Android saya.

Sekarang, Anda perlu memasangkan perangkat Android dengan desktop Linux Anda. Harap dicatat bahwa perangkat Android Anda harus terhubung dengan desktop Linux Anda baik melalui kabel USB atau WiFi. Juga, kedua perangkat harus berada di bawah jaringan yang sama. Setelah memasangkan perangkat, Anda dapat melepas kabelnya. KDE Connect akan bekerja secara nirkabel.

Jika sistem Linux muncul di dasbor koneksi KDE, klik untuk memasangkannya dengan desktop.

Jika tidak, ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas dan pilih opsi Tambahkan perangkat menurut IP.

Masukkan alamat IP atau Hostname desktop Linux Anda di layar berikutnya dan ketuk tombol Tambahkan HOST/IP.

Kemudian, kembali ke utama dasbor dan Anda akan melihat perangkat yang baru ditambahkan di bawah Perangkat yang tersedia. Ketuk untuk memasangkannya dengan desktop Linux.

Lalu, ketuk opsi “REQUEST PAIRING”.

Anda akan melihat pemberitahuan di desktop Linux Anda. Klik Terima untuk memasangkannya dengan perangkat Android Anda.

Selamat! Perangkat Android Anda telah dipasangkan dengan desktop Linux Anda. Anda akan mengonfirmasinya dari ikon indikator KDE Connect di bilah Tugas Anda.

Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di atas, saya telah memasangkan PC Tablet HP saya dengan desktop KDE Plasma saya.

Anda juga akan melihat desktop Linux Anda di dasbor aplikasi KDE Connect di perangkat Android Anda.

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, ada pesan peringatan yang mengatakan “Plugin gagal memuat”. Untuk memperbaikinya, ketuk “Sinkronisasi notifikasi” lalu ketuk “Buka Pengaturan”.

Di jendela berikutnya, centang kotak “KDE Connect” dan ketuk “Ok” untuk memberikan izin untuk mengakses notifikasi.

Itu saja. Kami telah memasangkan perangkat Android kami dengan desktop Linux dan mengaktifkan notifikasi. Demikian pula, Anda dapat menambahkan sebanyak mungkin perangkat yang Anda inginkan untuk mengelola semuanya menggunakan KDE connect. Mulai sekarang, Anda akan melihat semua notifikasi ponsel cerdas Anda di desktop Linux Anda.

Untuk memasangkan perangkat baru, buka aplikasi KDE Connect dari perangkat Android Anda, dan ketuk tiga bilah horizontal di dasbor dan pilih opsi “Pasangkan perangkat baru”.
Akses file dan notifikasi dari perangkat Android menggunakan KDE Connect di Linux

Biarkan saya menunjukkan beberapa kasus penggunaan praktis.
Kirim file dari perangkat Android ke Linux

Dari dasbor KDE Connect di Perangkat Android Anda, ketuk “Kirim file” dan pilih file yang ingin Anda kirim ke desktop Linux Anda.

Semua file akan dikirim ke lokasi unduhan default (yaitu direktori /home/user/Downloads) desktop Linux Anda.
Kirim file dari desktop Linux ke perangkat Android

Buka aplikasi koneksi KDE di desktop Linux dan perangkat Android Anda.

Klik pada perangkat Android di dasbor koneksi KDE di sistem Linux Anda.

Klik opsi “Bagikan file” di panel kanan.

Pilih file yang ingin Anda bagikan dengan ponsel Android Anda. File yang dipilih akan dikirim ke perangkat Android.
Input jarak jauh

Kita dapat menggunakan perangkat Android Anda sebagai perangkat input seperti mouse atau touch pad atau keyboard.

Untuk melakukannya, ketuk opsi “Input jarak jauh”. Gerakkan jari di layar perangkat Android Anda untuk menggerakkan kursor mouse. Ketuk untuk satu klik, dan gunakan tekan lama untuk menarik dan melepas.

Untuk mengaktifkan tombol kanan atau tengah, gunakan dua/tiga jari. Atau, klik pada tiga titik vertikal di kanan atas dan pilih opsi untuk mengirim klik kanan atau klik tengah.

Fitur keren lainnya adalah kita dapat menggunakan perangkat Android kita sebagai keyboard. Untuk melakukannya, ketuk ikon Keyboard di bagian atas dan mulailah mengetik dari keypad perangkat Android Anda.
Kontrol pemutar media dari Android

Kita dapat menggunakan ponsel cerdas kita sebagai remote control untuk video dan audio yang diputar di desktop Linux. Luncurkan SMPlayer atau VLC dan gunakan perangkat Android untuk memutar, menjeda, mengubah ke trek sebelumnya atau berikutnya.

Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan semua fitur ini baik dari aplikasi koneksi KDE Anda di bawah Pengaturan plugin:

Atau dari “Pengaturan Sambungan KDE” di KDE desktop.
Mengintegrasikan KDE terhubung dengan browser

Anda dapat mengintegrasikan KDE terhubung ke browser web Anda menggunakan plugin browser. Ini memungkinkan Anda untuk membagikan tautan langsung dari menu konteks dan memungkinkan Anda mengontrol media di situs web.
Untuk Google Chrome, Chromium, dan Vivaldi: https://chrome.google.com/webstore/detail/plasma-integration/cimiefiiaegbelhefglklhhakcgmhkaiUntuk Mozilla Firefox: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/plasma -integration/Conclusion

Saya merasa KDE Connect sangat berguna. Anda dapat berbagi file antara PC Linux dan ponsel Android Anda secara instan. Juga, Anda tidak perlu terus-menerus memeriksa ponsel pintar untuk notifikasi. KDE Connect akan melakukannya secara otomatis setiap kali pesan atau pemberitahuan apa pun diterima di ponsel cerdas Anda.

Baca yang disarankan:
Ubah PC Linux Anda Menjadi Speaker Bluetooth Untuk Ponsel Anda
Sumber:
KDE Connect Project wiki