Ubah Perintah Docker Run Menjadi File Tulis Docker

Jika Anda menggunakan Docker setiap hari di sistem resmi atau pribadi Anda, Anda harus tahu bahwa ada aplikasi yang berguna bernama Composerize. Dalam panduan singkat ini, kita akan mempelajari apa itu Composerize dan bagaimana menggunakan Composerize untuk mengubah perintah docker run menjadi format file docker-compose di Linux.

Apa Itu Composerize?

Docker compose adalah alat untuk mendefinisikan dan menjalankan aplikasi docker multi-kontainer. Penulisan Docker hanyalah file YAML tempat kami mendefinisikan layanan, jaringan, dan volume untuk aplikasi Docker.

Tidak semua orang pandai menulis file penulisan docker yang efektif. Beberapa dari Anda mungkin merasa sulit untuk bahkan menulis file penulisan buruh pelabuhan sederhana. Jangan khawatir! Sapalah utilitas Composerize, yang membantu Anda membuat file penulisan Docker dari perintah docker run.

Composerize adalah baris perintah serta utilitas berbasis web untuk mengubah perintah docker run menjadi file komposisi docker.

Tidak masalah apakah perintah docker run sederhana, pendek atau panjang dan kompleks. Yang harus Anda lakukan hanyalah meneruskan perintah ke Conposerize. Composerize akan langsung mengubah perintah docker run menjadi file docker-compose!

Install Composerize Di Linux

Composerize tersedia sebagai layanan web. Jadi Anda tidak perlu menginstalnya di sistem Anda. Jika Anda ingin menginstalnya secara lokal karena alasan apa pun, baca on.

Composerize dapat diinstal menggunakan npm. Pastikan Anda telah menginstal Nodejs di sistem Anda. Jika belum terinstal, ikuti link di bawah ini untuk menginstal Nodejs.
Cara Menginstal NodeJS Di Linux
Setelah menginstal Nodejs, jalankan perintah berikut untuk menginstal Composerize:

$ npm install composerize

Perintah ini akan menginstal Composerize hanya untuk pengguna saat ini.

Jika Anda ingin instal secara global (seluruh sistem), jalankan perintah di atas dengan opsi -g seperti di bawah ini.

$ npm install composerize -g

Convert Docker Run Commands Into Docker-Compose Files With Composerize

Untuk mengonversi perintah docker run ke format docker-compose, cukup jalankan dengan Composerize seperti di bawah ini:

$ composerize docker run -d -p 9000:9000 -v /var/run/docker.sock:/var/run/docker.sock portainer/porttainer

Ini akan menghasilkan konten dalam format file penulisan docker.

Contoh output:

version: '3.3' services: portainer: ports: - '9000:9000' volumes: - '/var/run/docker.sock:/var/run/docker.sock' image: portainer/porttainer

Sekarang salin yang di atas garis di file docker-compose.yml Anda. Sesederhana itu!

Seperti yang sudah saya nyatakan, Anda juga dapat menggunakan layanan web Composerize untuk mengubah perintah docker run menjadi format file docker.

Buka tautan https://www.composerize.com/ dan tempel perintah docker run di dalam kotak dan Anda akan mendapatkan file docker-compose secara instan!

Setelah mengonversi perintah dalam file docker-compose, pergi ke lokasi di mana Anda menyimpan file docker-compose.yml dan jalankan perintah berikut untuk memulai aplikasi Docker:

$ docker- compose up

Composerize adalah salah satu utilitas yang berguna bagi pengguna Docker. Anda sekarang dapat dengan aman mengucapkan selamat tinggal pada perintah buruh pelabuhan yang luas.

Resource:
Composerize GitHub Repository