Resmi, Canonical Pastikan MSSQL Server Terbaru Jalan di Ubuntu (+ Tutorial Instalasinya)

Microsoft meluncurkan public preview dari SQL Server terbaru yang tidak hanya bisa dijalankan di platform Windows, tapi juga di Linux. Sebagai bagian dari gerakan #MicrosoftLoveLinux yang didengungkan mereka.

Canonical sendiri sebagai pembuat Ubuntu bahkan merilis siaran pers khusus yang mengungkapkan bahwa Ubuntu akan menjadi salah satu distro Linux yang sudah bisa mencicipi SQL Server versi terbaru itu.

Microsoft membawa produk SQL Server on Linux ini bisa berjalan juga di platform Docker. Dalam siaran persnya, Canonical mengungkapkan bahwa dengan menggunakan SQL Server di Ubuntu nanti, para penggunanya akan mendapatkan berbagai benefit tidak langsung seperti penghematan biaya (cost saving), performacescalability.

Bagi yang benar-benar penasaran, bisa segera deploy dari Docker Hub disini: http://hub.docker.com/r/microsoft/mssql-server-linux atau dari Microsoft Azure (bagi yang punya). Bagi pengguna Ubuntu bisa ikuti tutorial berikut

  1. Import GPG Key ke apt-key dengan perintah:
curl https://packages.microsoft.com/keys/microsoft.asc | sudo apt-key add -
  1. Masukkan Repo Microsoft SQL Server ke APT List:
curl https://packages.microsoft.com/config/ubuntu/16.04/mssql-server.list | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/mssql-server.list
  1. Install dengan apt-get install
sudo apt-get update
sudo apt-get install -y mssql-server
  1. Kemudian untuk pertama kali, dan lakukan sekali saja konfigurasi MS-SQL Server
sudo /opt/mssql/bin/sqlservr-setup

Ikuti saja perintah dari script diatas

  1. Untuk menjalankan mssql-server, bisa dengan systemctl
systemctl start mssql-server
systemctl stop mssql-server
systemctl status mssql-server

Bisa jalan-jalan ke web ini https://www.microsoft.com/en-us/sql-server/sql-server-vnext-including-Linux untuk lebih jelasnya.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: