10 Pengaturan default Microsoft Word yang perlu Anda ubah

Microsoft Word hadir dengan banyak pilihan yang dapat Anda ubah atau atur sesuai kebutuhan Anda. Bagi sebagian orang, pengaturan default sudah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan, sedangkan sebagian dari Anda mungkin tidak puas sepenuhnya. Jika Anda salah satunya, Anda bisa membaca artikel ini. Berikut adalah beberapa pengaturan default Microsoft Word yang dapat Anda ubah untuk meningkatkan produktivitas atau mempersonalisasi aplikasi sesuai keinginan Anda.

Pengaturan default Microsoft Word yang perlu Anda ubah

Beberapa pengaturan default Microsoft Word yang harus Anda ubah adalah:
Pengaturan ejaan dan tata bahasa Nonaktifkan Otomatis daftar berpoin dan bernomorPotong, salin, dan tempel setelanFont dan ukuran font defaultNonaktifkan CTRL + Klik untuk mengikuti hyperlinkUbah setelan Blok FileSesuaikan Bilah Alat Akses CepatTambahkan opsi yang diperlukan ke RibbonOtomatisCorrect optionsUbah default simpan lokasi
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang setelan ini, lanjutkan membaca.
1] Setelan pengejaan dan tata bahasa

Default Pengaturan ejaan dan tata bahasa mungkin tidak memuaskan Anda karena beberapa hal dilewati saat menggunakan versi prasetel. Itulah mengapa Anda perlu membuka Word Options > Proofing dan menuju ke bagian When correcting spelling and grammar in Word . Kemudian, ubah pengaturan sesuai kebutuhan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengklik tombol Pengaturan dan menyesuaikan pengaturan penyempurnaan juga. Namun, panel ini hanya muncul ketika Anda memilih opsi Tata Bahasa & Penyempurnaan.
2] Nonaktifkan daftar berpoin dan bernomor otomatis

Secara default, Word membuat daftar berpoin dan bernomor secara otomatis. Misalnya, jika Anda mengetik digit terlebih dahulu dan menekan tombol spasi, daftar bernomor akan dimulai secara otomatis. Terkadang, Anda mungkin tidak menyukai pengaturan ini karena Anda mungkin ingin menambahkan angka sebagai awalan pada sebuah kalimat. Itulah sebabnya ikuti langkah-langkah ini untuk menonaktifkan daftar berpoin dan bernomor Otomatis:
Buka Opsi Word di komputer Anda. Beralih ke tab Pemeriksaan . Buka bagian Opsi Koreksi Otomatis .Klik tombol Opsi Koreksi Otomatis .Buka tab Format Otomatis Saat Anda Mengetik . Hapus centang dari kotak Daftar berpoin otomatis .Hapus centang dari kotak Daftar bernomor otomatis .Klik tombol OK untuk mengubah.3] Setelan potong, salin, dan tempel

Setelan potong, salin, dan tempel default mungkin tidak berguna untuk Anda jika Anda sering menyalin konten dari satu dokumen ke dokumen lain atau dari internet. Itu sebabnya Anda harus mengubah pengaturan Potong, salin, dan tempel default. Untuk itu, buka Opsi Word terlebih dahulu. Lalu, buka tab Lanjutan di sisi kiri.

Selanjutnya, Anda perlu menggulir ke bawah untuk membuka bagian Potong, salin, dan tempel. Di sini Anda dapat menemukan opsi ini:
Menempel dalam dokumen yang samaMenempel di antara dokumenMenempel di antara dokumen ketika definisi gaya bertentanganMenempel dari program lainMenyisipkan/menempelkan gambar sebagaiSimpan poin dan angka saat menempelkan teks dengan opsi Pertahankan Teks SajaGunakan tombol Sisipkan untuk menempelTampilkan tombol Opsi Tempel saat konten ditempelkan
Anda dapat memperluas semua pengaturan ini dan memilih opsi yang diperlukan sesuai kebutuhan Anda.
4] Font default dan ukuran font

Secara default, Microsoft Word menggunakan font Calibri pada 11px. Namun, font dan ukuran font mungkin tidak cukup besar untuk mata Anda jika Anda memiliki layar beresolusi tinggi di laptop kecil 14 inci. Dalam kasus seperti itu, Anda perlu mengubah pengaturan font dan ukuran font default. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Microsoft Word di komputer Anda. Pastikan Anda berada di tab Beranda .Buka bagian Font .Klik ikon panah.Pilih font dan ukuran font yang sesuai.Klik Set As Default button.Pilih Semua dokumen berdasarkan opsi template Normal.dotm.Klik tombol OK.
Setelah itu, ia akan mulai menggunakan font baru dan ukuran font yang Anda pilih.
5] Nonaktifkan CTRL + Klik untuk mengikuti hyperlink

Secara default, Microsoft Word membuka hyperlink hanya ketika Anda mengklik tautan sambil menahan tombol Ctrl. Namun, jika Anda harus sering membuka banyak hyperlink, proses ini mungkin tidak berguna untuk Anda. Alih-alih menahan tombol Ctrl, Anda dapat menyingkirkan kunci ini dan mengikuti hyperlink hanya dengan mengkliknya. Untuk menonaktifkan Ctrl + Klik untuk mengikuti hyperlink, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Opsi Word di PC Anda.Buka tab Lanjutan .Temukan opsi Gunakan CTRL + Klik untuk mengikuti hyperlink .Hapus centang dari kotak centang ini.Klik tombol OK untuk simpan perubahan.
Setelah itu, Anda tidak perlu menahan tombol CTRL untuk mengikuti hyperlink di dokumen Word mana pun.
6] Ubah pengaturan Blok File

Secara default, Word hanya membuka file Word 95, Word 6.0, dan Word 2 dalam tampilan Terproteksi . Mempertimbangkan situasi keamanan saat ini, pengguna biasa harus selalu membuka dokumen dalam tampilan terlindungi untuk melindungi komputer mereka. Itu sebabnya disarankan untuk mengubah pengaturan File Block. Untuk itu, lakukan hal berikut:
Buka Microsoft Word dan buka panel Word Options.Buka tab Pusat Kepercayaan di sebelah kiri.Klik tombol Pengaturan Pusat Kepercayaan .Beralih ke tab Pengaturan Blok File .Pastikan tombol Buka file yang dipilih jenis dalam Tampilan Terproteksi dipilih. Centang kotak yang diperlukan. Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
Sebagai informasi, sangat disarankan untuk mencentang opsi File PDF dan Halaman Web, apa pun yang Anda lakukan dengan orang lain.
7] Sesuaikan Bilah Alat Akses Cepatbsp

Secara default, Word hanya menampilkan tombol Simpan di Bilah Alat Akses Cepat, yang merupakan salah satu bagian terpenting untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Anda dapat dengan cepat mengubah setelan ini dan menambahkan opsi lain. Misalnya, Anda dapat menambahkan opsi Cetak, Tempel, dll., ke Bilah Alat Akses Cepat. Untuk itu, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka Opsi Word.Beralih ke tab Bilah Alat Akses Cepat .Pilih opsi yang ingin Anda tambahkan ke Bilah Alat Akses Cepat.Klik tombol Tambah .Klik tombol OK .
Anda dapat menemukannya opsi atau tombol baru secara instan di Bilah Alat Akses Cepat di Word.
8] Tambahkan opsi yang diperlukan ke Ribbon

Pengaturan default Word menampilkan tab Beranda, Sisipkan, Gambar, Desain, Tata Letak, dll., di Pita. Namun, jika Anda tidak menginginkan tab tertentu atau menambahkan atau menghapus opsi tertentu dari tab tertentu, Anda dapat melakukannya. Saat Word menampilkan pilihan yang tak terhitung jumlahnya di tab tersebut, Anda mungkin bingung dan sering menghabiskan banyak waktu mencari tahu pilihan tertentu saat sedang terburu-buru. Itulah mengapa ikuti langkah-langkah ini untuk menambahkan atau menghapus opsi yang diperlukan ke Pita:
Buka wizard Opsi Word di PC Anda.Buka tab Sesuaikan Pita di sebelah kiri.Temukan opsi yang ingin Anda tambahkan di sisi kiri.Klik Tambahkan tombol.Temukan opsi yang ingin Anda hapus di sisi kanan.Klik tombol Hapus Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
Semua perubahan diterapkan hampir secara instan.
9] Opsi Koreksi Otomatis

Microsoft Word dilengkapi dengan begitu banyak opsi Koreksi Otomatis yang dapat Anda gunakan ubah atau tweak untuk mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi ini. Secara default, Word mengkapitalisasi huruf pertama kalimat atau nama hari secara otomatis. Jika Anda tidak ingin melakukan hal seperti itu, Anda dapat mengubah pengaturan tersebut secara instan. Untuk itu, ikuti langkah berikut:
Buka panel Opsi Word di komputer Anda. Beralih ke tab Pemeriksaan .Klik tombol Opsi KoreksiOtomatis .Temukan opsi yang ingin Anda ubah di tab KoreksiOtomatis .Hapus centang dari kotak centang untuk mengaktifkan atau nonaktifkan.Buka tab Koreksi Otomatis Matematika dan lakukan hal yang sama.
Sebagai informasi, Anda juga dapat beralih di antara tab lainnya. Misalnya, Anda dapat menemukan tab AutoFormat Saat Anda Mengetik, AutoFormat, dan Tindakan. Setiap tab menyertakan beberapa opsi untuk menyesuaikan pengalaman.

Baca: Cara menambah atau menghapus Pengecualian Koreksi Otomatis di Word, Excel, PowerPoint
10] Mengubah lokasi penyimpanan default

Secara default, Microsoft Word menyimpan semua dokumen di folder Dokumen. Namun, terkadang Anda mungkin tidak ingin melakukannya. Jika demikian, Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan default di Word menggunakan langkah-langkah berikut:
Buka Opsi Word.Buka tab Simpan .Buka bagian Lokasi file lokal default.Klik tombol Browse .Pilih jalur tempat Anda ingin menyimpan file Anda .Klik tombol OK .
Setelah itu, Microsoft Word akan mulai menyimpan file di lokasi tersebut.

Baca: 10 Tips & Trik Microsoft Word Paling Bergunas

Apa pengaturan default untuk Microsoft Word? pertama kali. Namun, jika Anda mengubah font, ukuran font, atau yang lainnya, template default akan langsung di-tweak. Untuk informasi Anda, pengaturan default memungkinkan Anda untuk menyelesaikan sesuatu, tetapi Anda perlu mengubah beberapa hal untuk mendapatkan lebih banyak dari Microsoft Word.

Bagaimana cara mereset Word ke pengaturan default?

Meskipun ada cara untuk mereset Word ke default template, tidak ada opsi lain untuk mengatur ulang semua pengaturan sekaligus. Untuk itu, Anda perlu mengatur ulang aplikasi Office. Untuk melakukannya, buka Pengaturan Windows > Aplikasi > Aplikasi terinstal > Office. Klik  Advanced options dan klik tombol  Reset dua kali.

Mengapa penting untuk mengetahui pengaturan default di Word?

Ada beberapa alasan mengapa penting untuk mengetahui pengaturan default di Word, Excel, PowerPoint, atau aplikasi Office lainnya. Namun, alasan terpenting adalah Anda dapat melakukan lebih banyak atau mendapatkan lebih banyak dari Microsoft Word dengan mengubah beberapa pengaturan default. Tidak diragukan lagi mungkin untuk meningkatkan produktivitas Anda dan menyesuaikan aplikasi sesuai kebutuhan Anda.

Apa pengaturan halaman default untuk dokumen Word?

Word menawarkan berbagai opsi untuk menyesuaikan setiap halaman dalam dokumen. Anda dapat menemukan semua opsi di bagian Tata Letak . Misalnya, Anda dapat menemukan atau mengubah Margin, Orientasi, Ukuran, Kolom, Hentian Halaman, Inden, dll.

Itu saja! Semoga panduan ini membantu Anda.

Baca: Kiat dan trik Word Online Terbaik yang harus Anda gunakan.