Cara Mencoba Menu Windows 10 di Windows 7, 8 dan 8.1

Microsoft baru saja merilis Technical Preview dari Windows 10 pada akhir 2014 yang lalu. Banyak pengguna Windows yang gembira karena secara resmi, “Classic Start Menu” yang mereka kangeni, kembali lagi. Kita tahu, sejak Windows 8, Microsoft mulai memperkenalkan Menu dengan desain Metro yang membuat banyak pengguna Windows tidak suka.

Kini di Windows 10, Microsoft telah mengembalikan Menu Classic yang biasa dipakai sebelum Windows 7 ada.

Windows 10 memang secara resmi akan hadir beberapa bulan lagi, tapi jika kamu sudah tidak sabar ingin menikmati “Start Menu” Windows 10 di Windows 7, 8 dan 8.1 yang kamu miliki, kamu bisa ikuti tutorial berikut.

  1. Download aplikasi “ViStart” di http://lee-soft.com/vistart/

  2. Jalankan instalasi ViStart.

  3. Download salah satu themes Start Menu yang banyak diunggah di DevianArt (http://peterrollar.deviantart.com/art/Windows10-Tech-Preview-Startmenu-for-all-Windows-518647299)

  4. Copy folder Windows 10 Start Menu new for Windows 7 atau Windows 8 and 8.1 itu.

  5. Buka Dialog Windows Run (Win + R) dan tulis “%appdata%\ViStart_skins”, tekan tombol enter. Nanti kita akan dibawa ke folder skins dari ViStart.

  6. Paste file yang kita copy (dari langkah 4)

  1. Jalankan aplikasi ViStart, pilih Menu Options dan pilih skin yang disukai.

Selamat mencoba!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: