Mencari Tahu Siapa yang Ikut Hotspotan di Jaringan Wifi Kita

Keamanan adalah salah satu hal yang krusial tapi jarang diperhatikan oleh pengguna internet. Dengan enteng mereka meremehkan dimana mereka mendapatkan koneksi internet, atau dengan siapa saja mereka berinternet pada jaringan yang sama. Belum lagi, protokol web yang mereka kunjungi tidak aman dari tangan jahil. Dia hanya tinggal menunggu waktu menjadi korban kejahatan dunia maya.

Mencari tahu siapa saja yang ikut hotspotan pada jaringan wifi yang sama dengan kita adalah salah satu tindakan preventif yang bisa kita lakukan. Tahukah anda? Seseorang yang ‘nunut’ internetan itu bisa melakukan penyadapan paket-paket data yang kita akses dari internet, misalnya chatting kita, email kita, status FB kita dll. Ngeri!

Nah, kalau anda pengguna Windows, silakan install aplikasi “Who Is On My WiFI” ini.
who-is-on-my-wifi-1

Cara kerja software ini adalah melakukan scanning jaringan internet yang kita pakai. Saat pertama kali menjalankan aplikasi ini, silakan klik pada menu Setting. Atur rentang IP Address yang akan kita gunakan sebagai target scanning IP. Atur juga frekuensi scan otomatis yang akan dilakukan oleh software ini.

who-is-on-my-wifi-2

Silakan download dari sini: http://www.whoisonmywifi.com/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: