5157(F): Platform Penyaringan Windows telah memblokir koneksi

Pernahkah Anda mengalami kesalahan, Platform Penyaringan Windows telah memblokir koneksi setelah peningkatan Windows? Kesalahan disertai dengan kode 5157(F). Ini terjadi karena pemutakhiran yang mengarah ke salah mengenali Firewall Windows – ketika Mesin Penyaringan Dasar memblokir beberapa paket atau koneksi. Masalahnya mungkin tampak rumit bagi sebagian pengguna tetapi solusinya cukup sederhana untuk dipahami dan dijalankan.

Apa itu Platform Penyaringan Windows dan, bagaimana cara membantunya?

Platform Penyaringan Windows adalah kumpulan layanan dan API (Application Programming Interface) yang membantu pengembang membuat aplikasi penyaringan jaringan. Ini pertama kali diperkenalkan di Windows Vista dan sejak itu telah menjadi bagian dari Windows. Ini digunakan untuk membangun firewall independen, antivirus, dan aplikasi terkait jaringan. Aplikasi juga dapat mengubah titik akses saat diproses. Platform Penyaringan Windows mencakup berikut ini:Mesin Filter
Base Filter EngineMesin Filter Generik Modul Panggilans
Perbaiki Platform Penyaringan Windows telah memblokir koneksi?

Ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah ini. Anda dapat menggunakan salah satu metode yang diberikan di bawah ini. Beberapa solusinya adalah sebagai berikut:
Melakukan scan SFCMenonaktifkan Windows Defender FirewallMenonaktifkan antivirus di PC AndaMembuat akun lokal baruMenjalankan alat DISM
Mari kita lihat solusi ini lebih detail.

1] Melakukan pemindaian SFC

Ikuti langkah selanjutnya untuk melakukan quick SFC scan.
Tekan tombol Windows + R untuk meluncurkan Run Type wt di bidang, tekan dan tahan tombol Ctrl + Shift, dan klik Ok atau tekan Enter untuk meluncurkan Terminal Windows yang ditinggikan. Pilih Ya di UAC (Kontrol Akun Pengguna )Klik panah unduh dan pilih Command Prompt dari menu yang dihasilkan.
 

Ketik atau tempelkan perintah yang disebutkan di bawah ini dan tekan Enter untuk menjalankan pemindaian SFC:sfc/scannow

Pemeriksa File Sistem (SFC) digunakan untuk mengidentifikasi file sistem yang rusak . Jika ia mengidentifikasi file yang rusak, ia menggantinya dengan salinan cache yang disimpan di sistem. Setelah perintah dijalankan dan pemindaian selesai, Anda dapat me-restart PC dan melihat apakah masalahnya sudah teratasi.
2] Menonaktifkan Windows Defender Firewall

Ikuti langkah selanjutnya untuk menonaktifkan firewall di PC Anda.
Klik Windows +S untuk meluncurkan Pengaturan Jenis Pencarian dan membuka aplikasi. Di kotak pengaturan File a, ketik Windows Defender Firewall. Pilih aplikasi dari daftar pencarian yang muncul.

Ketika jendela Windows Defender Firewall terbuka, klik opsi Pengaturan lanjutan dari panel kiri.

Jendela baru Windows Defender Firewall dengan Keamanan Lanjutan terbuka. Klik pada Windows Defender Firewall Properties.

Jendela dengan properti Windows Defender Firewall akan terbuka. Di tab Profil Domain, buka status Firewall dan pilih Mati dari menu tarik-turun. Kemudian klik Ok.

Ini akan mematikan Windows Defender Firewall. Restart PC.
AndaSekarang periksa apakah kesalahan, Platform Penyaringan Windows telah memblokir masalah koneksi teratasi.

3] Nonaktifkan antivirus di PC

AndaCoba selesaikan kesalahan 5157(F) dengan menonaktifkan antivirus di PC Anda. Ikuti langkah selanjutnya untuk melakukan tindakan ini:
Tekan Windows+S untuk membuka menu Pencarian. Masukkan Keamanan Windows di bidang teks di bagian atas, lalu klik hasil pencarian yang relevan.

Ketika jendela Keamanan Windows terbuka, klik Perlindungan virus & ancaman.

Buka pengaturan di bawah pengaturan Virus & perlindungan. Anda kemudian dapat mengklik tombol sakelar di bawah perlindungan Real-time dan nonaktifkan antivirus.Klik Ya pada prompt UAC (Kontrol Akun Pengguna).Kadang-kadang antivirus diketahui bertentangan dengan pengaturan jaringan dan mengakibatkan kesalahan. Hal ini dapat terjadi pada antivirus pihak ketiga tetapi, terkadang, Keamanan Windows bawaan juga dapat menyebabkan kesalahan. Jika kesalahan berlanjut, Anda dapat menghapus instalan aplikasi antivirus pihak ketiga dan melihat apakah masalah tersebut teratasi.
4] Membuat akun lokal baru

Terkadang kesalahan juga terjadi karena akun pengguna rusak. Dalam hal ini, Anda dapat membuat akun pengguna lokal baru di PC Windows 11. Jika Anda bingung apakah harus membuat akun Microsoft atau lokal, Anda dapat memilih yang terakhir karena tidak terhubung ke server dan dapat digunakan secara mandiri di perangkat.

5] Menjalankan alat DISM

Anda dapat mencoba menjalankan alat DISM (Deployment Image Servicing and Management) untuk mengatasi kesalahan Platform Penyaringan Windows yang telah memblokir koneksi. Ikuti langkah selanjutnya.
Klik pada Windows+S untuk membuka menu Pencarian. Ketik Terminal Windows di bidang teks di bagian atas. Anda kemudian dapat mengklik kanan pada hasil pencarian dan memilih Jalankan sebagai administrator dari menu konteks.

Pilih Ya pada UAC (Kontrol Akun Pengguna)Anda kemudian dapat mengklik panah yang menghadap ke bawah di bagian atas dan memilih Command Prompt dari daftar dari pilihan. Anda juga dapat menggunakan pintasan Ctrl+Shift+2 untuk meluncurkan Command Prompt di Terminal Windows. Tempel perintah yang disebutkan di bawah ini dan klik Enter untuk menjalankannya.DISM/Online/Cleanup-image/ScanhealthJalankan perintah ini.
Harap dicatate

Beberapa dari solusi di atas, seperti menonaktifkan firewall Windows Defender atau menonaktifkan antivirus, hapus perlindungan PC Anda. Tindakan ini dapat menimbulkan risiko serangan virus. Oleh karena itu, gunakan solusi ini dengan bijak. Segera setelah kesalahan teratasi, pulihkan pengaturan firewall dan antivirus.

Beri tahu kami jika ada saran.

Apa itu ID Peristiwa 5157?

Peristiwa ini mendokumentasikan setiap kali Platform Penyaringan Windows mengizinkan program untuk menautkan ke proses lain (di sama atau komputer jarak jauh) pada port TCP atau UDP.

Bagaimana cara mematikan Platform Penyaringan Windows?

Anda dapat menonaktifkannya di kebijakan grup. Masuk ke konfigurasi – kebijakan – pengaturan windows – pengaturan keamanan – konfigurasi kebijakan audit lanjutan.

Apa artinya ketika kita mendapatkan pesan “Platform Penyaringan Windows telah mengizinkan koneksi”?

Anda mungkin mendapatkan pesan bahwa Platform Penyaringan Windows telah mengizinkan koneksi selama Audit Keamanan Microsoft Windows. Peristiwa ini dicatat ketika Windows Filtering Platform atau WFP memungkinkan program untuk menyambung ke proses lain di komputer yang sama atau jauh. Ini dilakukan pada port TCP atau UDP. ID peristiwa untuk pesan ini adalah 5156.