AMD Ryzen Threadripper dikonfigurasi dalam mode RAID SATA atau NVMe

Saat menginstal pembaruan pada Windows 11/10, jika Anda mendapatkan AMD Ryzen atau AMD Ryzen Threadripper yang dikonfigurasi dalam kesalahan mode RAID SATA atau NVMe, panduan ini akan membantu Anda memperbaiki masalah tersebut. Bahkan jika Anda tidak memiliki perangkat keras AMD, Anda mungkin mendapatkan kesalahan ini saat menginstal pembaruan fitur pada Windows 11/10. Jika demikian, Anda dapat memecahkan masalah dengan bantuan solusi ini.

Seluruh pesan kesalahan mengatakan sesuatu seperti ini:

Yang perlu Anda perhatikan Hal-hal berikut ini perlu Anda perhatikan untuk melanjutkan penginstalan dan menjaga pengaturan Windows, file pribadi, dan aplikasi Anda. AMD Ryzen atau AMD Ryzen Threadripper dikonfigurasi dalam mode RAID SATA atau NVMe. Driver diinstal yang menyebabkan masalah stabilitas pada versi Windows ini dan akan dinonaktifkan. Hubungi penyedia perangkat lunak/driver Anda untuk versi yang diperbarui.

AMD Ryzen Threadripper yang dikonfigurasi dalam mode RAID SATA atau NVMe

Untuk memperbaiki AMD Ryzen Threadripper yang dikonfigurasi dalam mode RAID SATA atau NVMe, ikuti langkah-langkah berikut:
Mengaktifkan atau menonaktifkan RAIDUnduh dan instal driver RAIDUnduh ulang ISO
To pelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.
1] Mengaktifkan atau menonaktifkan RAID

Jika Anda menggunakan RAID di komputer, mungkin tidak dikonfigurasi dengan benar, atau driver tidak diinstal dengan benar. Jika demikian, Anda perlu mengonfigurasi RAID dengan cara yang benar. Di sisi lain, jika Anda mengaktifkan RAID lebih awal bahkan ketika Anda tidak memiliki dukungan, ada kemungkinan besar untuk mendapatkan kesalahan ini. Dalam hal ini, Anda perlu menonaktifkan RAID dari BIOS.

Prosesnya berbeda pada motherboard yang berbeda. Namun, pengaturan RAID umumnya ditempatkan di bagian Konfigurasi Sistem. Sebelum mengaktifkan RAID, Anda juga perlu mengatur Urutan Booting ke UEFI.

Setelah selesai, Anda dapat memulai ulang penginstalan pembaruan di komputer Anda.
2] Unduh dan instal driver RAID

Jika Anda menggunakan RAID tanpa driver yang benar, Anda mungkin mendapatkan yang sama kesalahan pada komputer Anda. Di sisi lain, jika Anda menginstal driver tetapi belum memperbaruinya untuk waktu yang lama, ada kemungkinan mendapatkan kesalahan yang sama saat menginstal pembaruan atau memutakhirkan PC Anda dari satu versi ke versi lain.

Dalam situasi seperti itu, disarankan untuk mengunduh driver RAID. Namun, jika Anda belum memperbaruinya baru-baru ini, Anda juga dapat mengunduh driver versi terbaru dan menginstalnya di PC Anda. Karena kesalahan ini terkait dengan AMD, Anda menggunakan AMD Driver Autodetect atau menuju ke amd.com untuk mengunduh driver RAID untuk Windows 11 dan Windows 10.
3] Unduh ulang ISO
Kesalahan ini mungkin terjadi ketika media instalasi rusak. Jika demikian, disarankan untuk mengunduh ISO dan memulai kembali penginstalan. Solusi ini berfungsi ketika Anda ingin menginstal pemutakhiran secara langsung dan kesalahan ini terjadi saat memutakhirkan PC Anda. Sebagai informasi, Anda dapat mengunduh ISO Windows 11 dari situs web Microsoft menggunakan panduan ini.

Apa itu AMD NVMe RAID?

RAID memungkinkan Anda menggabungkan lebih dari satu drive disk menjadi satu unit logis untuk redundansi data. Karena itu, teknologi yang dikembangkan atau dikelola AMD disebut AMD NVMe RAID. Sesederhana itu. Tidak ada perbedaan antara teknologi antara AMD RAID dan Intel RAID. Mereka berdiri untuk yang sama tetapi berasal dari perusahaan yang berbeda.

Baca: Driver AMD terus mogok saat bermain game di PC

Bagaimana cara mengaktifkan mode RAID AMD?

Meskipun tergantung pada versi motherboard dan BIOS, Anda dapat mengaktifkannya dengan menggunakan UEFI. Dengan kata lain, Anda perlu membuka BIOS dan pergi ke Settings > Advanced > Integrated Peripherals. Di sini Anda dapat menemukan Mode SATA. Anda perlu mengubah pengaturan ini ke mode RAID.

Itu saja! Semoga panduan ini membantu.

Baca: Perangkat lunak RAID gratis terbaik untuk Windows 11/10.