Apa itu antivirus RAV? Bagaimana cara menghapusnya dari Windows 11/10?

Antivirus adalah perangkat lunak yang melindungi komputer pengguna dari serangan berbahaya. Ada banyak situs web berbahaya di internet yang menyuntikkan malware atau kode berbahaya ke dalam sistem pengguna. Jika Anda telah menginstal antivirus di sistem Anda, Anda dapat menjelajahi internet tanpa mengkhawatirkan hal ini. Pernahkah Anda menemukan situasi di mana Anda melihat aplikasi atau perangkat lunak di komputer Anda yang belum pernah Anda instal? Jika ya, Anda termasuk pengguna yang melihat antivirus RAV terinstal di sistem mereka. Menurut pengguna yang terpengaruh, antivirus RAV diinstal dengan sendirinya. Mereka tidak pernah mencari antivirus semacam itu di internet untuk menginstalnya. Pada artikel ini, kita akan melihat apa itu antivirus RAV dan bagaimana cara menghapusnya dari Windows 11/10.

Apa itu antivirus RAV?

Sesuai dengan namanya, RAV adalah perangkat lunak antivirus. Ini dikembangkan oleh ReasonLabs. Oleh karena itu, ini adalah perangkat lunak asli dan bukan ancaman keamanan. Jika Anda ingin mengunduh perangkat lunak antivirus RAV, Anda dapat menghubungi mereka dengan mengunjungi situs web resmi mereka. Tetapi jika itu terinstal di sistem Anda tanpa izin Anda, itu menjadi masalah yang memprihatinkan. Pengguna yang menemukannya di komputer mereka tidak dapat mengidentifikasi apakah itu perangkat lunak asli atau virus.

Bagaimana antivirus RAV terinstal di PC saya dengan sendirinya?

Ada banyak cara antivirus RAV terinstal di sistem Anda:
Ketika Anda mengunjungi situs web berbahayaSaat Anda mengeklik tautan jahat di emailAndaSaat Anda menginstal program
Saat menjelajahi internet, Anda mengunjungi banyak situs web. Situs web yang Anda kunjungi mungkin aman atau berbahaya. Jika Anda memiliki antivirus di sistem Anda, Anda aman karena antivirus memblokir situs web berbahaya. Saat Anda mengunjungi situs web berbahaya, Anda mungkin melihat pesan seperti:

Komputer Anda terinfeksi. Jalankan pemindaian antivirus sekarang!

Komputer Anda mungkin terinfeksi. Untuk menghapus virus, hubungi nomor ini!

Banyak file sampah yang terdeteksi. Bersihkan file sampah sekarang!

Congrats! Anda adalah pemenang yang beruntung. Klaim hadiah Anda sekarang!

Pesan di atas bukan pesan yang sama persis tetapi Anda mungkin melihat pesan seperti pesan di atas. Pengguna yang tidak mengetahui keamanan siber dan serangan siber dapat mengeklik tautan yang ditampilkan di situs web tersebut. Saat mereka mengklik tautan, perangkat lunak diinstal di sistem mereka atau kode berbahaya disuntikkan ke sistem mereka. Hal yang sama terjadi saat Anda mengeklik tautan yang disediakan di email jahat.

Saat Anda menginstal program dari situs web yang tidak tepercaya, kemungkinan program itu berbahaya tinggi. Beberapa program menginstal program lain sebagai tambahan tanpa sepengetahuan pengguna. Jika Anda telah menginstal sebuah program baru-baru ini, kemungkinan antivirus RAV dibundel dengan program itu dan diinstal di sistem Anda bersama dengan perangkat lunak itu.

Apakah antivirus RAV asli atau malware?

Jika Anda menemukan antivirus RAV di sistem Anda tetapi Anda tidak pernah menginstalnya, Anda harus segera mengambil tindakan karena mungkin itu adalah virus atau malware. Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah suatu file atau perangkat lunak asli atau berbahaya. Beberapa metode ini dijelaskan di bawah ini:
Dengan memindai file dengan antivirusDengan memindai file dengan pemindai online gratisDengan melihat tanda tangan file
Anda dapat menjalankan pemindaian sistem lengkap dengan perangkat lunak antivirus lain untuk melihat apakah sistem Anda terinfeksi atau tidak. Pemindai online seperti VirusTotal juga baik untuk mengetahui apakah suatu file atau perangkat lunak terinfeksi atau tidak. Karena Anda tidak memiliki file penginstal antivirus RAV, Anda tidak dapat menggunakan metode ini. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan metode pertama atau terakhir. Ikuti petunjuk yang diberikan di bawah ini:

Buka Pengelola Tugas. Cari proses antivirus RAV di bawah tab Proses. Jika Anda tidak menemukannya di sana, buka tab Detail. Klik kanan pada proses antivirus RAV dan pilih Buka lokasi file. File Explorer akan terbuka.Klik kanan pada file yang disorot di File Explorer dan pilih Properties.Lihat tanda tangan file di bawah tab Tanda Tangan Digital.
Jika penanda tangan tidak asli, Anda harus segera menghapus antivirus RAV.

Cara menghapus RAV antivirus

Jika Anda belum menginstal antivirus RAV di komputer Anda, Anda harus menghapusnya. Ada banyak cara untuk menghapus program dari Windows 11/10. Anda dapat menggunakan metode apa pun.
Anda dapat menghapus antivirus RAV melalui Pengaturan Windows atau Panel Kontrol. Beberapa program tidak terdaftar di Panel Kontrol. Program semacam itu mungkin juga hilang dari Pengaturan Windows 11/10. Jika hal seperti itu terjadi pada Anda, jangan repot-repot karena ada cara lain juga untuk menghapus program yang tidak terdaftar di Control Panel. Jika Anda menemukan tombol uninstall berwarna abu-abu, Anda dapat menghapus antivirus RAV melalui Command Prompt, PowerShell , etc.
Ketika Anda menghapus program dari Windows 11/10, beberapa jejak tertinggal dalam beberapa kasus. Direkomendasikan untuk menghapus jejak tersebut setelah menghapus program jika Anda ingin menghapusnya sepenuhnya. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat menggunakan perangkat lunak uninstaller gratis.

Jika Anda tidak dapat menghapus atau menghapus file antivirus RAV, Anda dapat melakukan satu hal, boot dalam Safe Mode dan kemudian hapus instalasi perangkat lunak dengan mengikuti prosedur ini.

Jika langkah-langkah di atas gagal, Anda dapat melakukan System Restore. Pemulihan sistem adalah alat yang dikembangkan oleh Microsoft yang membantu pengguna melindungi perangkat lunak komputer mereka. Secara default, ini diaktifkan. Jika diaktifkan, secara otomatis membuat titik pemulihan. Titik pemulihan ini digunakan untuk membawa sistem ke kondisi kerja sebelumnya jika terjadi masalah.

Saat Anda menginstal program di sistem, Windows secara otomatis membuat titik pemulihan. Buka alat Pemulihan Sistem dan gunakan titik pemulihan yang dibuat pada tanggal setelah antivirus RAV dipasang di sistem Anda. Jika Anda tidak mengetahui tanggal pastinya, Anda dapat menggunakan Restore Point terlama. Tapi ingat, tindakan ini akan menghapus semua program yang diinstal setelah tanggal tersebut. Pulihkan sistem Anda. Ini akan memperbaiki masalah.

Bagaimana cara mematikan antivirus RAV?

Setiap antivirus memiliki opsi untuk menonaktifkannya. Terkadang, Anda perlu menonaktifkan antivirus untuk sementara. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat menggunakan opsi ini di antivirus Anda. Antivirus RAV juga harus memiliki opsi seperti itu. Jika Anda tidak tahu cara menonaktifkannya, hubungi dukungan pelanggan mereka.

Apakah saya memerlukan antivirus RAV?

Karena serangan siber meningkat dari hari ke hari, antivirus perlu diinstal di sistem Anda. Windows 11/10 memiliki antivirus bawaan, Windows Defender. Ini adalah antivirus bagus yang disediakan oleh Microsoft secara gratis. Jika mau, Anda dapat menggunakan antivirus pihak ketiga.

Baca selanjutnya: Apakah Wave Browser aman atau malware? Bagaimana cara menghapusnya?