Apa itu Bottlenecking pada PC saya? Kemacetan dalam Game dijelaskan

Jika Anda seorang gamer, Anda mungkin pernah mendengar istilah Bottlenecking. Sudah banyak dilemparkan ke pengguna, terutama ketika berbicara tentang komputer yang dapat disesuaikan. Dalam posting ini, kita akan melihat bagaimana Anda dapat mengetahui apa yang menyebabkan bottleneck pada PC Windows Anda. Kami juga akan mengetahui segala hal tentang Kemacetan dalam game.

Apakah Pembobotan PC saya itu?

Penutupan terjadi pada sebuah komponen dan itu menghentikan CPU dan GPU Anda untuk mencapai kinerja maksimumnya. Lebih sering daripada tidak, Anda akan menemukan perbedaan antara batas dua komponen yang menyebabkan masalah Bottleneck. Di mana titik jenuh untuk kinerja satu komponen melebihi yang lain, akibatnya, komputer Anda mulai berkinerja lebih buruk, dan permainan mulai mengalami lag dan gagap, dan FPS turun.

Seperti yang sudah Anda duga, Anda tidak bisa hanya menambahkan komponen yang kuat untuk sistem yang lebih rendah dan mengharapkannya untuk menjalankan semua game kelas atas. Anda akan mengalami beberapa peningkatan kinerja berdasarkan komponen yang kuat itu, tetapi kapasitas maksimumnya akan dibatasi oleh komponen lain yang terpasang pada sistem Anda.

Anda tidak dapat menyalahkan pabrikan Anda atas Kemacetan, ini terjadi pada semua komputer, terutama jika Anda memutuskan untuk pergi ke ranah adat. Itulah mengapa penting untuk memasang komponen serupa saat membuat PC kustom. Anda ingin semua komponen bekerja secara harmonis dan tidak membatasi kemampuannya.

Apa yang dimaksud dengan Bottlenecking dalam game PC?

Bottlenecking paling memengaruhi FPS game Anda, menghentikan game agar tidak berjalan pada kecepatan bingkai yang konsisten. FPS yang mungkin sudah Anda ketahui adalah Frame Per Second. Semakin tinggi FPS, semakin lancar permainan Anda. FPS yang terhormat, saat ini adalah 60, dan 30 FPS adalah minimal.

Setiap bingkai diproduksi oleh Render Pipeline, di sini, bingkai Anda digambar lalu dirender. Itulah sebabnya judul kelas atas mengharuskan Anda memiliki mesin GPU berkualitas baik, mereka membuat gambar dengan cepat, memberi Anda FPS yang halus dan tinggi. Tetapi Anda tidak dapat memiliki GPU yang baik dan CPU yang buruk.

Mari kita pahami ini dengan sebuah contoh, untuk membuat mobil, Anda memerlukan beberapa ahli. Jika Anda memiliki mekanik yang lambat dan pelukis yang baik, pelukis harus menunggu mekanik menyelesaikan pekerjaan ini. Akibatnya, dibutuhkan lebih banyak waktu untuk membangun sebuah mobil.

Demikian pula, GPU yang kuat harus menunggu CPU menyelesaikan tugasnya. Jadi, GPU Anda dapat menghasilkan 60 FPS, tetapi CPU tidak, ini menciptakan penurunan bingkai dan Anda akhirnya mengurangi FPS maksimum untuk mendapatkan pengalaman yang layak. Itulah mengapa selalu disarankan untuk membuat sistem yang seimbang.

Baca: Tingkatkan Performa Windows 11 dengan mengubah lima pengaturan ini 

Bagaimana cara menghindari Bottleneck di PC?

Bottleneck terjadi ketika ada perbedaan tingkat performa komponen Anda. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu memastikan bahwa komputer Anda memiliki keseimbangan antara kinerja CPU dan GPU. Ini mungkin tidak membantu kinerja Anda saat ini, tetapi ingatlah ini ketika Anda ingin membuat PC kustom.

Sebagai untuk komputer Anda saat ini, Anda dapat mencoba memberi beban ekstra pada komponen Anda yang terlalu bertenaga. Misalnya, jika CPU Anda kuat, tambahkan beban ekstra di atasnya, karena ini akan memberi ruang bagi GPU Anda untuk bernafas.

Selain itu, saat Anda dalam game, cobalah batas FPS. Anda dapat melakukannya dari pengaturan gim Anda. Meskipun tidak menjamin kecepatan bingkai yang konstan, ini menetapkan batas kinerja internal Anda, yang akan menghentikannya dari pelambatan.

Baca: PC DIY: Buat Komputer Anda sendiri menggunakan alat online ini 

Bagaimana cara mengetahui apakah PC saya apakah bottlenecking?

Ada berbagai alat untuk memeriksa Bottlenecking. Anda dapat menggunakan FPS Agen CPU dan Kalkulator Bottleneck dari cpuagent.com. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan informasi PC Anda di bidang yang diberikan dan itu akan memberi Anda hasil yang diperlukan. Jika Anda tidak tahu apa yang harus dimasukkan di bidang tersebut, temukan spesifikasi perangkat keras Anda.

Anda juga dapat mencoba Kalkulator Bobot Leher Pembuatan PC dari pc-builds.com. Ini adalah alat yang serupa, Anda harus memasukkan data yang diperlukan dan memeriksa hasilnya. Anda dapat menggunakan salah satu alat tersebut untuk memeriksa Kemacetan. Semoga alat ini dapat membantu Anda.

Baca: 5 Alat Informasi Sistem di Windows

Dapatkah Bottlenecking merusak GPU?

Bottlenecking tidak benar-benar merusak komponen komputer Anda, baik itu CPU atau GPU. Itu hanya membatasi kinerja mereka. Namun, banyak pengguna mencoba melakukan overvolting pada CPU dan GPU mereka, yang dapat merusaknya. Jadi, jika komputer Anda mengalami kemacetan, coba ubah pengaturan gim Anda, tetapi jangan naikkan voltase ke titik di mana komponen Anda mulai merasakan panas. .

Read: Mengoptimalkan Windows untuk bermain game; Tingkatkan kinerja game PC.