Apa itu Doxxing dan bagaimana melindungi diri Anda darinya?

Kami menjalani sebagian besar hidup kami di dunia online dan mengungkapkan banyak informasi pribadi dengan atau tanpa mengetahui melalui foto yang kami posting, status yang kami bagikan, dll. Jejak kaki kami ada di seluruh internet. Seseorang dapat menggunakannya untuk melawan Anda. Dalam panduan ini, kami menjelaskan kepada Anda apa itu Doxxing dan bagaimana melindungi diri Anda darinya.

Apa itu Doxxing?

Menjatuhkan dox atau Doxxing atau Doxing singkatnya, adalah serangan online di mana peretas menggali informasi dan dokumen pribadi yang sensitif dan mengungkap identitas asli orang-orang yang tetap anonim di internet. Tidak ada banyak niat di baliknya tetapi untuk membawa orang yang tidak dikenal itu ke publik dan membiarkan dunia tahu. Peretas mengumpulkan semua remah roti yang Anda jalani melalui jejak kaki Anda di seluruh internet, menembus bersama dan membuat profil Anda, dan menempatkan mereka di depan dunia, melalui doxxing.

Apa yang terjadi jika Anda mendapatkan Doxxed?

Jika Anda bekerja di perusahaan besar dan mengatakan sesuatu yang buruk terhadapnya atau kebijakannya menggunakan akun media sosial anonim ke blog, dengan doxxing Anda akan tampil di depan dunia. Anda mungkin kehilangan pekerjaan dan bahkan karir Anda dalam beberapa kasus. Kita perlu waspada dan mengatakan hal-hal yang tidak menyinggung atau merendahkan secara online untuk menghindari keadaan ini.

Doxxing dapat membantu seseorang mempermalukan atau mempermalukan Anda di depan dunia, yang dapat menyebabkan pencurian identitas, serangan dunia maya, pelecehan, dll.

Cara melindungi diri Anda dari Doxxing?

Berikut adalah cara berbeda yang dapat Anda gunakan untuk melindungi diri Anda dari Doxxing.
Berbagi informasi terbatas secara onlineTonton apa yang Anda katakanHindari situs web yang terlibat dalam pengumpulan data yang berlebihanUbah Pengaturan PrivasiLindungi dan ubah kata sandi Anda secara teraturGunakan VPN
Mari kita masuk ke detail setiap way.
1] Bagikan informasi terbatas secara online
Jangan bagikan setiap informasi tentang Anda secara online. Waspada dengan apa yang Anda bagikan. Jangan terlalu bersemangat atau terbawa arus dalam lingkaran suka dan komentar. Ada batasan untuk semuanya dan ini berlaku untuk apa yang Anda bagikan secara online.

Baca: Hindari Penipuan Rekayasa Sosial Internet Catfishing Scams
2] Perhatikan apa yang Anda katakan
Anda tidak dapat mengatakan apa pun yang Anda inginkan meskipun Anda memiliki kebebasan berbicara. Hal-hal tertentu dibiarkan tak terkatakan. Ketika Anda mengatakan sesuatu yang regresif atau berdampak pada keluarga, perusahaan, atau masyarakat Anda, Anda mungkin menjadi mangsa doxxing. Berhati-hatilah dalam menyampaikan pendapat Anda.
3] Hindari situs web yang terlibat dalam pengumpulan data yang berlebihan
Ada situs web tertentu yang mengumpulkan sejumlah besar data dalam bentuk survei, kuesioner, dll. Hindarilah dengan cara apa pun. Gunakan hanya jika Anda membutuhkannya untuk tujuan apa pun. Hanya saja, jangan menggunakannya secara acak dan memberikan informasi Anda.

Baca: Amankan diri Anda, hindari penipuan online, dan ketahui kapan harus memercayai situs web!
4] Ubah Pengaturan Privasi
Ada pengaturan privasi untuk semua yang kami gunakan secara online, dari akun media sosial hingga platform streaming . Sesuaikan pengaturan privasi agar informasi Anda tidak terlihat oleh publik. ini adalah salah satu aspek terpenting untuk menjaga privasi Anda di internet.

Baca: 10 Penipuan & Penipuan Online, Internet, dan Email paling umum yang paling umum
5] Lindungi dan ubah kata sandi Anda secara teratur
Kata sandi sederhana dapat dibobol dengan mudah. Anda harus memiliki kata sandi yang kuat dan rumit untuk melindungi akun online Anda dan mengubahnya secara teratur. Juga, jangan gunakan kata sandi yang sama untuk semua akun online.
6] Gunakan VPN
Virtual Private Network (VPN) memiliki semua fitur untuk menyembunyikan identitas Anda kecuali Anda mempostingnya. Ini memiliki metode enkripsi dan terowongan yang berbeda di mana informasi Anda dibagikan. Anda perlu menggunakan VPN untuk menjaga privasi Anda di internet dan untuk menghindari doxxing. Jangan pernah menggunakan VPN gratis yang menjual data Anda.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah atau menghindari doxxing.

Baca: Ke mana harus melaporkan situs web Penipuan, Spam, dan Phishing Online?

Dapatkah VPN menghentikan Doxxing?

Ya, VPN dapat menghentikan doxxing sampai batas tertentu. Ini mungkin tidak melindungi Anda sepenuhnya, itu memberi Anda banyak perlindungan. VPN gratis atau VPN yang tidak dapat dipercaya tidak akan pernah bisa membantu Anda menghindari doxxing. Anda harus memilih VPN terbaik dengan semua fitur keamanan untuk melindungi privasi Anda.

Bacaan terkait:Peramban privasi terbaik untuk PC Windows.