Apa itu driver Chipset dan bagaimana Anda memperbarui driver Chipset?

Dalam terminologi komputer, driver perangkat adalah kumpulan file yang memberi tahu perangkat keras cara berfungsi dengan berkomunikasi dengan sistem operasi komputer. Dalam posting ini, kita membahas apa itu driver Chipset dan bagaimana Anda memperbarui driver Chipset pada sistem Windows 11 atau Windows 10.

Semua perangkat keras memerlukan driver, dari komponen komputer internal Anda, seperti kartu grafis Anda, ke periferal eksternal Anda , seperti pencetak. Di semua versi Windows, driver disimpan di folder C:WINDOWSinf dan C:WindowsSystem32 di sub-folder Drivers, DriverStore dan jika instalasi Anda memilikinya, direktori DRVSTORE. Folder ini berisi semua driver perangkat keras untuk sistem operasi Anda. Di lokasi folder, C mewakili drive tempat Anda menginstal Windows, ini mungkin huruf yang berbeda pada sistem Anda.

Apa itu driver Chipset?

Di Device Manager, Anda akan menemukan driver perangkat chipset di bawah bagian Perangkat sistem. Driver

Chipset adalah instruksi perangkat lunak yang memberi tahu Windows cara berkomunikasi dan bekerja dengan benar dengan motherboard Anda dan subsistem kecil di dalamnya, dan didasarkan pada keluarga prosesor yang dapat Anda gunakan pada motherboard tersebut. Driver chipset memiliki dampak yang signifikan dan memainkan peran penting dalam mengontrol komunikasi antar komponen yang berbeda termasuk hard drive, memori sistem, dll.

Bagaimana cara memperbarui driver Chipset?

Driver chipset yang ketinggalan jaman pada komputer Windows 11/10 Anda akan memperlambat sistem Anda pertunjukan. Untuk meningkatkan kinerja sistem Anda, perlu memperbarui driver chipset tepat waktu. Anda dapat memperbarui atau mengunduh driver Chipset dengan cara berikut:
1] Perbarui driver Chipset melalui situs web Produsen
Sebelum menginstal/memperbarui driver chipset, Anda dapat memeriksa manual motherboard Anda untuk model motherboard dan nomor seri. Kemudian Anda dapat mengunjungi situs web resmi pabrikan motherboard Anda untuk mengunduh driver untuk chipset dan MOBO yang mendukung OS Windows Anda. Atau, produsen PC memiliki perangkat lunak pengunduhan driver khusus untuk merek mereka yang dapat Anda gunakan.
2] Perbarui driver Chipset melalui Windows Pembaruan Opsional

Microsoft telah memperkenalkan yang baru. cara intuitif dan lebih mudah bagi pengguna PC untuk menemukan pembaruan fitur Windows 11/10 yang tersedia, pembaruan kualitas non-keamanan bulanan, dan pembaruan driver. Anda bisa mendapatkan pembaruan driver chipset (jika tersedia) di bagian Pembaruan Opsional di Windows Update.
3] Perbarui driver Chipset melalui Command Prompt

Microsoft menawarkan utilitas bawaan PnPUtil.exe yang memungkinkan administrator untuk menambahkan paket driver, menginstal, atau memperbarui dan hapus paket driver dari toko driver. Utilitas ini juga memungkinkan pengguna PC untuk melihat daftar paket driver yang saat ini diinstal di toko driver.

Anda dapat memperbarui driver chipset melalui Command Prompt. Dengan metode ini, pertama-tama Anda harus mengunduh paket dari situs web OEM atau menyalinnya dari USB atau media penyimpanan, dan menyalinnya ke komputer; kemudian jalankan utilitas untuk memperbarui driver.
4] Perbarui driver Chipset menggunakan Perangkat Lunak Pembaruan Driver

Opsi lain yang tersedia untuk Anda adalah memperbarui driver chipset Anda secara otomatis menggunakan salah satu Perangkat Lunak Pembaruan Driver gratis untuk PC Windows 11/10. Perangkat lunak pihak ketiga ini memungkinkan Anda memperbarui driver perangkat dengan mudah, dan sangat berguna bagi pengguna PC yang tidak ingin mengunjungi situs web produsen untuk mengunduh driver.

Namun, seseorang harus berhati-hati saat menggunakan perangkat lunak ini dan membuat pemulihan sistem point terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
5] Update driver Chipset menggunakan file INF di Device Manager

Anda dapat mengupdate driver chipset secara manual melalui Device Manager jika sudah mendownload file .inf atau .sys untuk driver tersebut. File INF atau file Informasi Pengaturan adalah file teks biasa yang digunakan oleh Microsoft Windows untuk penginstalan perangkat lunak dan driver. File INF paling sering digunakan untuk menginstal driver perangkat untuk komponen perangkat keras. File SYS sering berisi driver perangkat atau konfigurasi perangkat keras untuk sistem. File .sys adalah driver perangkat mode nyata dan tidak sama dengan file .inf.

Berharap posting ini cukup informatif untuk Anda.

Pos terkait: driver perangkat PCI hilang; Di mana saya mengunduhnya?

Haruskah Anda memperbarui driver chipset?

Anda mungkin tidak perlu memperbarui driver chipset. Jika ada sesuatu yang penting yang diperlukan, itu mungkin akan muncul melalui Pembaruan Windows, jika Anda belum menonaktifkan pembaruan driver.

Mengapa chipset penting?

Sebuah chipset elektronik mengelola aliran data antar komponen pada motherboard. Ini adalah pengontrol lalu lintas antara CPU, GPU, RAM, penyimpanan, dan periferal. Para ahli menyebutnya sebagai “lem” motherboard.

Apa perbedaan antara chipset dan prosesor?

Singkatnya, CPU adalah prosesor utama di komputer yang melakukan semua perhitungan, sedangkan chipset adalah bit yang menghubungkan CPU ke seluruh komputer. Chipset juga merupakan bit yang dapat menentukan CPU mana yang dapat didukung oleh motherboard.

Apakah chipset sama dengan SoC?

Chipset biasanya terdiri dari satu hingga empat chip dan pengontrol fitur untuk periferal yang umum digunakan, seperti keyboard, mouse, atau monitor. System-on-a-Chip (SoC), mengintegrasikan hampir semua komponen ini (fitur chipset) ke dalam satu chip silikon.