Apa itu File Dump Memori Kesalahan Sistem di Windows 11/10?

System Error Memory Dump Files atau Win Dump Files seperti laporan yang dibuat setiap kali komputer Anda mengalami crash. Seperti namanya, mereka adalah File Dump yang dibuat dan disimpan dengan informasi tentang setiap peristiwa kerusakan dan dapat digunakan untuk mendiagnosis masalah yang menyebabkan kerusakan. Ada dua jenis utama file dump memori, Memory.dmp dan minidump. Memori Dump File penting; namun, mereka memakan sedikit ruang, dan itu bisa menjadi masalah bagi pengguna, terutama jika penyimpanannya kecil.

Kesalahan Sistem File Dump Memori di Windows 11/10

Ketika Windows mogok, ia mengumpulkan informasi tentang kerusakan selama waktu itu Layar Kerusakan ditampilkan. Pada titik ini, OS mengumpulkan informasi dari menjalankan aplikasi, driver, memori, dll., untuk membuat file dump Win, juga dikenal sebagai file crash dumps. File-file ini bersama-sama dapat digunakan untuk menentukan penyebab crash. Ini seperti menganalisis penyimpanan data yang disimpan selama beberapa waktu, data tersebut akan berisi pola yang dapat digunakan untuk mendiagnosis penyebab masalah.

Jenis File Dump Windows

Lima jenis File Dump Memori dapat dibuat selama crash. Mereka adalah:
File Dump Memori Lengkap, File Dump Memori Kernel, File Dump Memori Kecil, File Dump Memori Otomatis, dan File Dump Memori Aktif.
Baca: Cara membuat file Crash Dump secara manual di Windows

File Dump Memori Lengkap di Windows salinan seluruh memori fisik Windows pada saat crash terjadi. Jenis Memory Dump ini adalah yang terbesar. Lokasi default untuk berkas Dump memori lengkap adalah %SystemRoot%Memory.dmp. File lama ditimpa setiap kali file baru dibuat.

TIP: Anda dapat menganalisis file Windows Memory Dump .dmp dengan WhoCrashed.

Kernel Memory Dump Files di Windows

Kernel file dump memori berisi kernel Windows dan driver mode kernel tingkat abstraksi perangkat keras. File dump memori kernel memiliki ukuran yang lebih kecil daripada file dump memori lengkap karena tidak berisi memori yang tidak terisi dan memori yang dialokasikan untuk aplikasi mode pengguna. Lokasi default untuk file dump memori kernel adalah  %SystemRoot%Memory.dmp. Yang lama ditimpa saat yang baru dibuat.

Baca: Cara membuat file Crash Dump secara manual di Windows

File Dump Memori Kecil (256 kb) di Windows

File dump memori kecil berisi informasi terkait daftar driver yang dimuat, proses yang berjalan, dan kernelnya. Mereka adalah file dump Win terkecil dan memiliki detail dan kegunaan yang lebih rendah. Lokasi default untuk berkas dump memori kecil adalah %SystemRoot%Minidump. Saat file baru dibuat, file lama akan disimpan.

Baca: Cara membuka dan membaca file Small Memory Dump (DMP)

File Dump Memori Otomatis di Windows

Automatic Memory Dump dan Kernel Memory Dump berisi informasi yang sama. Perbedaan antara keduanya adalah cara Windows mengatur ukuran file paging sistem.

Jika ukuran file halaman sistem diatur ke System managed size, dan crash dump mode kernel diatur ke Automatic Memory Dump, maka Windows dapat mengatur ukuran file paging kurang dari ukuran RAM. Dalam hal ini, Windows menetapkan ukuran file halaman cukup besar untuk memastikan bahwa dump memori kernel dapat ditangkap sebagian besar waktu.

Jika komputer mogok dan file halaman tidak cukup besar untuk menangkap dump memori kernel, Windows meningkatkan ukuran file paging untuk setidaknya ukuran RAM. Waktu peristiwa ini dicatat di sini di Registry:
HKLMSYSTEMCurrentControlSetControlCrashControlLastCrashTime
Ukuran file Paging yang meningkat tetap di tempatnya selama 4 minggu dan kemudian kembali ke ukuran yang lebih kecil. Jika Anda ingin kembali ke file paging yang lebih kecil sebelum 4 minggu, Anda dapat menghapus entri Registry.

Untuk melihat pengaturan file Halaman:
Buka Control Panel > System > Advanced system settings. Di bawah Performance, pilih Settings. Pada tab Advanced, di bawah Memori virtual, pilih Ubah. Dalam kotak dialog Memori Virtual, Anda dapat melihat pengaturan file paging.
Secara default, file Dump Memori Otomatis ditulis ke %SystemRoot%Memory.dmp.

File dump Memori Aktif di Windows

Dump Memori Aktif adalah mirip dengan Dump Memori Lengkap, tetapi menyaring halaman yang tidak mungkin relevan dengan pemecahan masalah pada komputer. Karena pemfilteran ini, biasanya jauh lebih kecil daripada dump memori lengkap. File dump ini tidak menyertakan memori yang dialokasikan untuk aplikasi mode pengguna. Ini juga mencakup memori yang dialokasikan ke kernel Windows dan lapisan abstraksi perangkat keras (HAL), serta memori yang dialokasikan untuk driver mode kernel dan program mode kernel lainnya.

An Active Memory Dump sangat berguna ketika Windows menghosting mesin virtual (VM) . Saat mengambil dump memori lengkap, konten setiap VM disertakan. Ketika ada beberapa VM yang berjalan, ini dapat menjelaskan sejumlah besar memori yang digunakan pada sistem host. Sering kali, aktivitas kode yang menarik ada di OS host induk, bukan VM anak. Sebuah dump memori aktif menyaring memori yang terkait dengan semua VM anak. Lokasi default untuk File Dump Memori Aktif adalah %SystemRoot%Memory.dmp. Active Memory Dump tersedia di Windows 11/10 dan yang lebih baru.

Baca: Perangkat lunak Crash Dump Analyzer Gratis untuk Windows

Apakah Lokasi File Dump Memori Kesalahan Sistem?

Lokasi default untuk File Dump Kesalahan Sistem atau File Win Dump ada di drive yang Sistem Operasi diinstal. Dalam kebanyakan kasus itu adalah drive C:. Anda dapat mencari:
%systemroot%minidump%systemroot%memory.dmp
or
C:WindowsminidumpC:Windowsmemory.dmp
Jika Sistem Operasi diinstal pada drive dengan huruf drive lain, maka huruf drive tersebut akan menggantikan C :.

Dalam kebanyakan kasus, Anda akan melihat minidump dan Memory.dmp di komputer Anda. Hal ini terjadi karena semua file Memory Dump lainnya akan disimpan di memory.dmp sedangkan file dump kecil akan disimpan di file minidump.

Jika Anda tidak dapat menemukan File Memory Dump, itu bisa berarti bahwa mereka mungkin telah dihapus di tempat yang bersih. -ke atas. Ini juga bisa berarti bahwa tidak ada kerusakan yang direkam.

Di Windows 11, file dump juga dapat disimpan sebagai file dump memori yang lebih kecil yang disebut Minidump. Anda dapat menemukan file dump minidump.dmp di C:WindowsMinidump.dmp. Beberapa file minidump akan memiliki nama sendiri, biasanya angka seperti tanggal dan waktu kejadian crash.

Baca:
Windows Memory Dump SettingsCara mengubah jumlah Memory Dump Files, Windows membuat dan menyimpans
Apakah Aman Menghapus System Error Memory Dump Files ?

Ya, aman untuk menghapus File Dump Memori Kesalahan Sistem. Semua File Dump Memori Sistem berisi beberapa informasi tentang sistem crash. Setiap kali sistem macet, File Dump Kesalahan Sistem dibuat. File-file ini dapat digunakan untuk menganalisis penyebab crash. Menghapus file-file ini tidak akan secara langsung mempengaruhi sistem, namun, mereka mungkin menyimpan data berharga. Akan lebih bijaksana untuk membuat cadangan dari File Dump Memori Kesalahan Sistem untuk referensi di masa mendatang. File yang lebih lama dari 30 hari dapat dihapus jika Anda mau jika tidak ada masalah. Dorongan untuk menghapus File Dump biasanya karena ruang yang mereka ambil di komputer. Anda dapat memilih untuk mencadangkan file secara eksternal selama 30 hari dan menghapusnya jika tidak ada masalah.

File juga dapat dikirim ke Microsoft untuk dianalisis. sebaiknya laporkan ke Microsoft sebelum menghapusnya. Mengirim file dump ke Microsoft adalah ide yang bagus karena ada tim yang meninjaunya dan mencoba menyelidiki penyebabnya dan menyelesaikannya baik melalui Pembaruan Windows atau memberi tahu Anda tentang kemungkinan solusi di Pusat Tindakan.

Cara Menghapus File Dump Memori di Windows?

Untuk menghapus Memory Dump Files Anda dapat menemukannya di hard drive dan menghapusnya. Anda juga dapat menghapusnya menggunakan Windows Disk Cleanup Tool.

Buka PC ini di panel kiri.

Klik Kanan pada drive C: dan klik Properties.

A akan muncul jendela. Klik Disk Cleanup, dan itu akan memuat.

Sebuah jendela akan muncul, lihat apakah file yang perlu Anda hapus dipilih lalu klik Clean Up System Files lalu tunggu sampai selesai.

Jendela lain akan muncul menampilkan daftar hal-hal yang dapat dibersihkan. Anda akan melihat beberapa file yang dipilih dan jumlah ruang yang akan dibebaskan jika file tersebut dihapus.

File Dump Memori Kesalahan Sistem dan file Minidump Kesalahan Sistem tidak dipilih. Anda dapat memilih untuk menghapusnya dengan memilihnya dan mengklik ok,

Anda akan diminta untuk mengonfirmasi penghapusan. Konfirmasikan dengan mengklik Hapus Files.

Apa itu File Dump Memori Kesalahan Sistem?

File Dump Memori Kesalahan Sistem pada dasarnya adalah log kesalahan yang dibuat setiap kali komputer Anda mogok. Mereka dapat menyimpan sejumlah kecil informasi tentang kecelakaan atau sejumlah besar informasi. File Dump Memori Kesalahan Sistem dapat digunakan oleh pengguna atau teknisi untuk melihat mengapa crash terjadi dan mereka dapat memutuskan apa yang harus dilakukan. Jika file-file ini dikirim ke Microsoft, mereka dapat menggunakannya untuk memperbaiki apa pun yang menyebabkan crash.

Terkait berbunyi:
Batas Memori Fisik dalam file Crash DumpKonfigurasi Windows untuk membuat File Crash Dump di Blue Screen
Berapa Lama File Memory Dump Error Harus Disimpan?

Error Memory Dump Files dapat disimpan selama 30 hari atau 60 hari. Mereka dapat dihapus setelah waktu itu jika kerusakan tidak terjadi lagi. Jika crash terus terjadi maka File Dump Kesalahan yang lebih besar akan terhapus. File Dump Memori Lengkap adalah yang terbesar dari lima jenis karena berisi lebih banyak data tentang kerusakan. Ini biasanya yang menjadi perhatian pengguna karena ukurannya. Jika Anda ingin menyimpannya lebih lama tetapi ruang disk Anda hampir habis, Anda dapat memilih untuk menyimpannya secara eksternal.