Apa itu file KDC? Bagaimana cara melihat dan mengedit file KDC di Windows 11?

Dalam panduan ini, kita akan membahas apa itu file KDC dan bagaimana Anda dapat melihat dan mengeditnya di Windows 11/10. KDC adalah format gambar mentah yang menyimpan grafik dan informasi terkait dalam format data yang diproses secara minimal yang ditangkap oleh kamera. Sekarang, jika Anda memiliki gambar KDC dan ingin melihatnya atau memodifikasinya di PC Windows, Anda harus menggunakan alat yang mendukung format tersebut. Untuk membantu Anda, kami telah membagikan daftar alat gratis yang memungkinkan Anda membuka dan memodifikasi gambar KDC. Jadi, tanpa banyak basa-basi, mari kita lihat!

Apa itu file KDC?

A File KDC adalah File Gambar Mentah Kamera Digital Kodak. Gambar yang diambil oleh kamera digital Kodak, seperti Kodak DC40, Kodak DC50, Kodak DC120, dll., disimpan dengan ekstensi file KDC. Sama seperti gambar mentah lainnya, gambar tersebut dapat dilihat atau diedit dengan perangkat lunak Kodak atau aplikasi pihak ketiga yang mendukung gambar mentah termasuk KDC. Anda dapat menemukan beberapa perangkat lunak gratis yang bagus di posting ini yang memungkinkan Anda membuka file KDC.

Cara mengedit file KDC di Windows 11?

Untuk mengedit file KDC, Anda dapat menggunakan perangkat lunak gratis. Ada beberapa perangkat lunak gratis yang dapat digunakan untuk melihat dan mengedit gambar KDC di PC Windows 11/10. Berikut adalah beberapa perangkat lunak gratis yang dapat Anda gunakan:
Chasys Draw IES.digiKamIrfanViewPhotoPad Photo EditorRawTherapeeAble RAWer1] Chasys Draw IES

Chasys Draw IES adalah rangkaian pemrosesan grafis populer yang memungkinkan Anda melihat dan mengedit gambar KDC. Dengan menggunakannya, Anda juga dapat melihat dan mengedit lebih banyak gambar mentah termasuk ARW, DNG, SRF, CR3, RAW, dan banyak lagi. Ini menyediakan aplikasi terpisah yang mencakup Chasys Draw IES Viewer, Chasys Draw IES Artist, dan Chasys Draw IES Converter. Untuk melihat serta mengedit file KDC, Anda dapat menggunakan Chasys Draw IES Artist. Namun, jika Anda hanya ingin melihat gambar mentah dan gambar lain yang disimpan di PC, Anda dapat menggunakan Chasys Draw IES Viewer.

Menggunakan Chasys Draw IES Artist, Anda dapat memodifikasi gambar KDC menggunakan berbagai alat pengeditan. Anda dapat mengubah ukuran, memutar, membalik, mencerminkan, dan menggunakan beberapa alat transformasi lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan teks ke gambar, menerapkan filter dan efek, menandai gambar dengan air, dan banyak lagi. Ini juga menawarkan kepada Anda berbagai alat menggambar untuk menggambar di atas gambar KDC seperti kuas, pensil, tongkat ajaib, pertajam, halus, penghapus, guntingan, potong, bentuk, teks, pena dan jalur, dll. Jika Anda ingin menambahkan beberapa lapisan ke gambar, Anda dapat dengan mudah mengelola dan mengedit lapisan menggunakan opsi terkait.

Setelah selesai mengedit gambar KDC, Anda dapat menyimpannya dalam berbagai format populer termasuk JPEG, PNG, GIF, TIFF, BMP, dan banyak lagi.

Secara keseluruhan, ini adalah paket lengkap yang dapat Anda gunakan untuk melihat dan mengedit gambar mentah termasuk KDC. Ini juga memungkinkan Anda membuat kursor animasi, kursor statis, animasi GIF, tumpukan foto, dan banyak lagi. Unduh dari sini.

TERKAIT:Cara membuka gambar RAW di Adobe Photoshop CS6 atau CC?
2] digiKam

digiKam adalah penampil dan editor gambar mentah yang memungkinkan Anda melihat dan memodifikasi gambar KDC di Windows 11/10. Anda cukup membuka gambar KDC ke sana dan kemudian mengedit atau mengonversi gambar menggunakan alat yang tersedia. Ini menyediakan berbagai fitur pengeditan foto standar dan lanjutan yang dapat digunakan untuk memodifikasi gambar Anda.

Anda dapat menggunakan alat transformasi untuk mengubah ukuran, memotong, memutar, mencerminkan, dan membalik gambar KDC. Ini juga berisi satu set Koreksi Warna, Peningkatan Warna, dan Efek & Filter yang dapat Anda gunakan untuk lebih meningkatkan tampilan & nuansa gambar input. Dengan bantuan alat ini, Anda dapat memodifikasi profil warna gambar, mengaburkan gambar, mempertajam gambar, dan melakukan lebih banyak lagi.

Ini juga memungkinkan Anda melihat metadata gambar KDC. Setelah Anda selesai memodifikasi gambar, itu dapat disimpan dalam salah satu format output yang didukung seperti PNG, JPEG, TIFF, BMP, GIF, dll.

digiKam adalah perangkat lunak manajemen foto hebat yang memungkinkan Anda melihat dan mengedit gambar mentah termasuk KDC gambar-gambar. Selain KDC, ini mendukung lebih banyak gambar mentah lainnya termasuk ARW, PW2, DNG, MEF, DC2, NEF, CR2, BMQ, TIF,  BAY, SRF, CS1, SRW, MDC, PDC, NRW, PEF, ORF, KC2 , MRW, SR2, MOS, dan STI.

Baca:Aplikasi Penampil Gambar dan Foto Gratis Terbaik untuk Windows.
3] IrfanView

IrfanView adalah penampil gambar dan perangkat lunak editor yang populer untuk Windows 11/10. Dengan menggunakannya, Anda juga dapat memproses gambar mentah seperti KDC. Namun, untuk melihat atau mengedit gambar mentah, Anda harus mengunduh dan memasang plugin tambahan yang dapat diunduh dari situs resminya. Setelah mengunduh Plugin IrfanView, cukup jalankan penginstal untuk menginstalnya. Anda kemudian dapat mulai melihat atau mengedit gambar mentah di dalamnya.

Seperti editor foto, ia menyediakan cukup banyak alat yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menemukan transformasi, koreksi warna, perubahan profil warna, efek dan filter, dan banyak lagi alat untuk menyempurnakan gambar KDC Anda. Dengan menggunakan alat yang tersedia, Anda dapat memotong gambar, memutar gambar, membalik gambar, menyisipkan teks ke gambar, mengubah kedalaman warna gambar berwarna, menambahkan efek, menukar warna, dan melakukan lebih banyak lagi.

Anda nanti dapat mengonversi gambar KDC yang diedit ke beberapa format umum seperti PNG, JPEG, BMP, TIFF, GIF, dll.

Software ini juga dapat menangani gambar mentah lainnya seperti ARW, MOS, NEF, SRW, TIF, STI, PW2, KC2, MRW, BAY, SRF, MDC, DNG, CR2, ORF, PEF, PDC, MEF, SR2, NRW, DC2, BMQ, CS1, dll.

Lihat:Batch Edit Data EXIF ​​​​Gambar dengan perangkat lunak Editor Batch EXIF ​​​​untuk PC.
4] PhotoPad Photo Editor

Perangkat lunak lain yang bagus untuk melihat dan mengedit gambar KDC adalah Editor Foto PhotoPad. Ini adalah penampil gambar dan editor yang hebat yang dapat digunakan untuk membuka berbagai file gambar. Anda mendapatkan koleksi alat pengeditan gambar yang bagus di dalamnya yang dengannya Anda dapat melakukan beberapa tindakan pengeditan.

Ini memberi Anda opsi pengeditan gambar yang praktis seperti mengubah ukuran, memotong, memutar, membalik, mengatur DPI, menghapus mata merah, mengkloning cap, memodifikasi cahaya , mengubah warna, mempertajam, mengaburkan, mengurangi warna, menambahkan efek, memperbaiki gambar, dan banyak lagi. Anda juga dapat menambahkan beberapa efek dan filter untuk mengubah tampilan & nuansa gambar. Gambar KDC yang diedit dapat disimpan dalam format seperti PNG, BMP, GIF, JPG, dan lainnya.

Proses pengeditan gambar KDC sangat sederhana di dalamnya. Anda cukup mengimpor gambar KDC sumber dan kemudian menggunakan alat yang tersedia di tab yang berbeda untuk mengedit gambar. Ini juga menyediakan beberapa alat tambahan seperti membuat tangkapan layar, menggunakan webcam Anda untuk mengambil gambar, dll.

Perangkat lunak ini gratis untuk penggunaan non-komersial saja. Untuk menggunakannya untuk tujuan komersial, Anda harus membeli lisensi.

Lihat: Alat online untuk Mengompresi Gambar Online tanpa kehilangan kualitas.
5] RawTherapee

RawTherapee, seperti namanya, adalah perangkat lunak editor dan penampil gambar mentah khusus yang dapat Anda gunakan buka gambar KDC. Muncul dengan browser file built-in untuk memuat gambar Anda dan mengeditnya.

Alat yang Anda dapatkan di dalamnya termasuk penyesuaian Bayangan / Sorotan, penyesuaian Eksposur, Pemetaan Nada, Retinex, Penajaman, Kontras, Pengurangan Kebisingan, Filter Vignette, Filter Lulus , White balance, Vibrance, Color Toning, Wavelet toning, Channel Mixer, HSV Equalizer, Touchup, Crop, Resize, Demosaic, Chromatic Aberrations, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengubah gambar Anda dan membuat modifikasi warna.

Anda bisa mendapatkannya dari rawtherapee.com.

Baca: Cara membuka file RW2 di Windows?
6] Able RAWer

Satu lagi software yang dapat Anda gunakan untuk melihat dan mengedit gambar KDC di PC Anda adalah Mampu RAWer. Ini adalah editor gambar mentah yang bagus yang dapat menangani sejumlah besar format gambar mentah termasuk CR2, CRW, NEF, PEF, PEF, SR2, ARW, dan RAF.

Ini menawarkan banyak alat pengeditan yang bagus. Alat ini memungkinkan Anda mengedit kecerahan atau kontras gambar, mempertajam gambar, memutar/mengubah ukuran/memotong gambar, dan banyak lagi. Anda juga dapat menambahkan efek ke gambar KDC seperti bayangan lembut, gelombang, lensa, negatif, dll. Setelah mengedit gambar KDC, Anda dapat mengonversinya ke GIF, TIFF, PNG, BMP, PGM, PBM, JPGç dan format output lain yang didukungş

İf Anda ingin menggunakannya, Anda dapat mengunduhnya dari sini.

Baca: Software dan Editor Editing Gambar Gratis untuk Windows.

Bagaimana cara mengubah KDC ke JPG?

Untuk mengubah gambar KDC ke JPG, Anda dapat menggunakan perangkat lunak gratis seperti IrfanView, digiKam, atau Editor Foto PhotoPad. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda membuka dan melihat gambar KDC, mengeditnya, dan kemudian mengonversinya ke JPG dan format populer lainnya. Ada beberapa perangkat lunak gratis lainnya yang memungkinkan Anda mengonversi KDC ke JPG. Anda dapat memeriksanya di atas dalam posting ini.

Bagaimana cara melihat file RAW?

Untuk melihat file RAW di PC Windows, Anda dapat menggunakan aplikasi desktop gratis yang mendukung file gambar mentah. Beberapa perangkat lunak yang memungkinkan Anda melihat file RAW KDC termasuk IrfanView, RawTherapee, dan PhotoPad Photo Editor. Anda juga dapat menggunakan Ekstensi Gambar Mentah dari Microsoft untuk melihat gambar KDC di aplikasi Foto Microsoft. Kami telah membagikan daftar perangkat lunak gratis yang dapat digunakan untuk melihat file KDC. Anda dapat memeriksanya di atas dalam artikel ini.

Semoga membantu!

Sekarang baca: Apa itu file ARW?