Apa itu folder System32 dan bagaimana cara membukanya?

Jika Anda bertanya-tanya apa folder System32 di komputer Windows Anda, maka artikel ini akan membantu Anda menjernihkan semua pertanyaan Anda. Ini semua yang perlu Anda ketahui tentang folder System32 yang disertakan dengan instalasi OS. Kami juga akan memberi tahu Anda cara membuka folder System32.

Apa itu folder System32?

Folder System32 berisi semua file sistem operasi dan beberapa file penting dari berbagai perangkat lunak yang diinstal di komputer Windows Anda. Dalam kebanyakan kasus, Windows menyimpan file program bawaan yang dapat dieksekusi di folder System32. Misalnya, Anda dapat menemukan file atau Kalkulator yang dapat dieksekusi (calc.exe), Command Prompt (cmd.exe), Certificate Manager (certmgr.msc), Disk Cleanup Tool (cleanmgr.exe), dll.

Ketika Anda menginstal sebuah program, dua hal terjadi pada tingkat yang lebih luas. Program utama (EXE) diinstal di folder Program sementara DLL-nya (yang dikemas dalam fungsinya, dll.) disimpan di folder System32. Ini adalah praktik umum. Terkadang, Anda mungkin perlu mengakses folder System32 karena beberapa alasan. Jika demikian, Anda cukup menggunakan metode berikut untuk membukanya. Kami telah menjelaskan empat metode berbeda untuk membuka folder System32 di sistem Windows.

Cara membuka folder System32 di Windows 11/10

Untuk membuka folder System32 di Windows 11/10, ikuti salah satu dari metode ini:
Menggunakan File ExplorerMenggunakan Run promptMenggunakan kotak pencarian TaskbarMenggunakan Windows Terminal
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang metode ini, lanjutkan membaca.
1] Menggunakan File Explorer
Ini adalah cara paling umum untuk membuka folder System32 di komputer Anda. Anda dapat membuka File Explorer di komputer Anda dan menavigasi ke jalur ini:
C:WindowsSystem32

Ini adalah jalur default folder System32. Bahkan jika Anda menggunakan perangkat lunak pengelola file pihak ketiga, Anda dapat menavigasi ke jalur yang sama di komputer Anda untuk menemukan folder System32.
2] Menggunakan Run prompt

Prompt Run membantu pengguna membuka berbagai aplikasi dan folder dalam beberapa saat. Namun, perbedaan utama antara metode pertama dan kedua adalah Anda perlu mengetahui seluruh jalur menuju metode ini. Di sisi lain, Anda cukup menavigasi dari satu folder ke folder lain untuk membuka folder System32 di Windows 11/10.

Untuk menggunakan perintah Run untuk membuka folder System32 di Windows 11/10, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Win+R untuk buka Run prompt. Ketikkan ini di kotak kosong: C:WindowsSystem32Klik tombol OK .
Ini akan segera membuka folder System32.
3] Menggunakan kotak pencarian Taskbar

Metode ini sangat mirip dengan metode kedua karena pengguna perlu mengetahui seluruh jalur untuk membuka folder System32 menggunakan kotak pencarian Taskbar. Untuk menggunakan opsi pencarian Taskbar untuk membuka folder System32, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik ikon pencarian Taskbar.Masukkan ini: C:WindowsSystem32Klik pada hasil pencarian individual.4] Menggunakan Terminal Windows

Meskipun metode ini bukan sebagai pengguna- ramah seperti metode lainnya, Anda dapat menggunakannya saat Anda tidak dapat membuka File Explorer atau File Explorer mogok terus menerus. Untuk menggunakan Terminal Windows guna membuka folder System32, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Win+X untuk membuka menu WinX.Pilih opsi Terminal (Admin).Klik tombol Ya pada prompt UAC. Pastikan instance Command Prompt dibuka. Masukkan perintah ini: cd /windows/system32Masukkan perintah ini: dir
Ini menampilkan seluruh isi folder System32 di jendela Terminal Windows.

Baca selanjutnya:Perbedaan antara folder System32 dan SysWOW64s

Bagaimana cara membuka folder System32?

Jalur folder System32 adalah C:WindowsSystem32. Untuk masuk ke folder System32 di Windows 11/10, Anda dapat mengikuti metode yang disebutkan di atas. Ada beberapa cara, termasuk menggunakan File Explorer, Terminal Windows, Command Prompt, Run prompt, pencarian Taskbar, dll.

Baca: Apa itu folder tw tmp di folder System32?

Untuk apa folder System32 digunakan?

Folder System32 mungkin yang paling folder penting di komputer Anda. Windows membuat folder ini secara otomatis saat Anda menginstal sistem operasi baru. Ini berisi semua file sistem operasi dan beberapa file program dari berbagai alat bawaan.

Baca: Folder System32 terbuka secara otomatis saat startup

Bagaimana cara mengakses System32 di Command Prompt?

Untuk mengakses folder System32 di Command Prompt, buka Command Prompt dengan hak istimewa administrator terlebih dahulu. Untuk itu, cari cmd, klik opsi Run as administrator dan klik tombol Yes di prompt UAC. Lalu, masukkan perintah ini: dir. Isi folder System32 akan terbuka.