Apa itu igfxTray.exe? Apakah aman? Bisakah saya menonaktifkannya?

Kami selalu waspada terhadap proses yang tidak diketahui dan igfxTray.exe adalah salah satunya. Anda mungkin telah melihat proses, igxfxTray, berjalan di Pengelola Tugas dan ingin tahu apa ini. Pada artikel ini, kita akan melihat apa itu igfxTray.exe dan apakah aman?

Apa itu proses igfxTray.exe?

Pertama-tama, igfxTray adalah singkatan dari Intel Graphics System Tray Helper Icon. Intel Corporation meluncurkan igfxTray.exe sebagai bagian dari Intel Common User Interface. Itu tertanam sebagai bagian dari Driver Akselerator Media Grafis Anda, yang berarti sudah diinstal sebelumnya di komputer Intel. Ini memberitahu tentang kehadirannya di Taskbar. Anda akan melihat sedikit tanda Intel dari waktu ke waktu, dan itu baik-baik saja. Proses yang dimaksud benar-benar asli dan akan diinstal pada sebagian besar sistem Intel.

Apakah igfxTray exe aman?

Malware dan Virus terkadang dapat menipu Anda. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat Anda dengan bersembunyi di bawah file yang dapat dieksekusi. Meskipun igfxTray.exe benar-benar asli, tetap saja, virus dapat menyamarkannya dan muncul di Pengelola Tugas Anda.

Berikut yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa apakah file tersebut asli atau sebenarnya malware dan virus.

Hit Ctrl+Shift+Esc untuk buka Task Manager.

Klik kanan pada igfxTray.exe dan klik pada tab Properties.

Pada tab General, cari lokasinya. Harus.
C:WindowsSystem32
Jika lokasi salah, file Anda bisa virus, jika benar, periksa tanda tangan digital untuk dikonfirmasi.

Untuk melihat Tanda Tangan Digital, klik kanan pada proses igfxTray.exe dari Task Manager dan pilih Properties, buka Tanda tangan digital. Di sana, Anda dapat melihat apakah prosesnya dari Microsoft atau Intel, atau merek lain yang tidak dapat Anda kenali. Jika dari Microsoft atau Intel, Anda aman, jika tidak, itu bisa berbahaya.

Jika file lulus kedua tes dengan warna terbang maka tidak ada alasan untuk khawatir tentang malware dan virus. Ini adalah file igfxtray.exe yang benar-benar otentik. Tidak ada kerusakan pada PC Anda.

Jika lokasi tidak cocok dan Tanda Tangan Digital tidak diverifikasi, cukup adil untuk mengatakan bahwa proses di komputer Anda tidak lebih dari virus atau malware. Anda harus menjalankan antivirus Anda dan memintanya untuk memindai dan menyelesaikan masalah. Jika Anda tidak memiliki antivirus pihak ketiga, coba salah satu dari antivirus gratis ini. Anda juga dapat menggunakan Keamanan Windows dan menjalankan pemindaian offline untuk mengatasi masalah tersebut. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menerapkan Windows Defender Offline Scan.
Search dan buka aplikasi Keamanan Windows. Buka Perlindungan virus & ancaman > Opsi pemindaian. Klik pemindaian Microsoft Defender Offline > Pindai sekarang. working

Jika Anda melihat pesan kesalahan yang menyatakan bahwa Modul IgfxTray telah berhenti bekerja, periksa solusi berikut untuk mengatasi masalah tersebut.
Uninstal dan Instal Ulang Driver GrafisInstal Ulang Driver Intel dan Asisten DukunganJalankan SFC
Mari kita bicarakan secara mendetail.
1] Copot Pemasangan dan Instal Ulang Grafik Drivers

Karena IgfxTray adalah proses Intel, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menghapus dan menginstal ulang Driver Grafis Intel. Ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk melakukan hal yang sama.
Buka Pengelola Perangkat.Perluas Display Adapters.Klik kanan pada Driver Grafis Intel Anda dan klik Copot pemasangan perangkat.
Setelah mencopot pemasangan driver, mulai ulang komputer Anda. Driver Grafis Windows generik akan diinstal. Anda kemudian perlu mengunjungi intel.com dan mengizinkan Intel Driver and Support Assistant untuk mengunduh driver yang sesuai untuk komputer Anda. Mudah-mudahan, ini akan membantu Anda.

Pemecahan Masalah:Masalah Driver Grafis Intel
2] Instal Ulang Driver Intel dan Asisten Dukungan
Anda mungkin melihat kesalahan yang dimaksud jika Intel DSA Anda rusak. Kami akan menginstal ulang dan melihat apakah itu berhasil. Untuk mencopot pemasangan aplikasi, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka Setelan dengan Menang + I.Buka Aplikasi > Aplikasi & Fitur. Cari Intel Driver & Support AssistantUntuk Windows 11: Klik tiga titik vertikal dan pilih Copot pemasangan.Untuk Windows 10: Pilih aplikasi dan klik Uninstall. Setelah menghapus aplikasi, unduh Intel Driver and Support Assistant dari Intel.com.
Setelah menginstal alat, restart komputer Anda dan periksa apakah masalah berlanjut
3] Jalankan SFC
Terkadang file sistem yang rusak juga dapat menyebabkan masalah. Anda harus menjalankan perintah SFC dan melihat apakah mereka membantu. Buka Command Prompt sebagai administrator dan jalankan perintah berikut.
sfc /scannow
Biarkan perintah dan jalankan file perbaikan untuk Anda.

Semoga solusi ini dapat membantu Anda.

Apakah saya memerlukan modul igfxTray saat memulai? Tidak, Anda dapat menonaktifkannya!

Seperti yang disebutkan sebelumnya, igfxTray adalah program penting. Namun, Anda mungkin tidak membutuhkannya saat startup. Anda dapat dengan mudah melarang program diluncurkan saat startup menggunakan aplikasi Task Manager. Ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk melakukan hal yang sama.
Klik Ctrl+Shift+Esc untuk membuka Pengelola tugas. Arahkan ke tab Startup dan kemudian klik Igfxtray. Klik kanan pada file dan pilih opsi Disable.
Setelah selesai, Anda tidak akan melihat masalah apa pun yang mungkin muncul di layar Anda karena file ini.

Baca selanjutnya: Driver Intel dan Asisten Dukungan tidak berfungsi.