Apa itu Pemandu Lokal Google dan apa manfaatnya?

Google Maps adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sekarang, hampir tidak mungkin untuk bepergian dengan bantuannya hari ini. Mulai dari memeriksa jarak antara dua tempat hingga menemukan pom bensin terdekat, restoran, ATM, dll., Google Maps adalah bagian dari rutinitas harian kami sekarang. Baik itu pencarian lokal kami atau menemukan tempat di kota baru, Google Maps sangat berguna setiap saat. Jadi, ketika Anda melihat informasi mendetail tentang suatu tempat di Google Maps, pernahkah Anda memikirkan siapa yang menambahkan informasi itu? Dilakukan oleh Google Local Guides.

Apa itu Google Local Guide?

Google Local Guides adalah komunitas penjelajah yang berbagi/berkontribusi ulasan, gambar, dan informasi lain tentang tempat-tempat di Google. Mereka juga memeriksa fakta yang sudah tersedia di Google dan mengeditnya jika diperlukan. Pemandu Lokal Google mendapatkan beberapa poin untuk setiap kontribusi di Google Maps. Jadi, pada dasarnya, mereka menambahkan informasi berguna tentang tempat lokal di Google dan membantu jutaan orang di seluruh dunia menemukan tempat baru.

Bagaimana cara menjadi Pemandu Lokal Google?

Seperti yang saya katakan, menjadi Pemandu Lokal Google sangatlah mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah akun Google. Anda hanya perlu pergi ke situs web Google ini, masuk menggunakan akun Google Anda, pilih kota Anda, terima syarat dan ketentuannya dan klik Menjadi Pemandu Lokal.

Setelah bergabung dengan komunitas, Anda dapat langsung mulai berkontribusi, yang berarti membagikan ulasan Anda tentang suatu tempat, gambar, atau video suatu tempat, dan bahkan mengedit informasi yang sudah diunggah di Google jika salah.

Siapa yang dapat menjadi Pemandu Lokal Google?

Siapa saja yang memiliki akun Google dapat menjadi Pemandu Lokal Google, asalkan Anda memenuhi persyaratan usia di negara Anda. Tidak ada kriteria kelayakan, yang Anda butuhkan hanyalah pengetahuan dan pengalaman dan kemauan untuk membaginya dengan orang-orang.

Cara berkontribusi ke Google Maps?

Setelah mendaftar dengan program Google Local Guide, Anda dapat langsung mulai berkontribusi di Google Peta. Klik tombol Mulai Berkontribusi seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di atas.

Anda mendapatkan poin untuk setiap kontribusi di Google Maps dan tentu saja, Anda mulai dengan level 1. Ada total 10 level yang harus dicapai termasuk hadiah dan lencana juga.
Add tempat baru dan dapatkan 15 poinSebuah video akan memberi Anda 7 poin dan sebuah gambar akan memberi Anda 5 poin.Ulasan di tempat yang ada di Google akan memberi Anda 5 poin.Mengedit tempat juga akan mendapatkan 5 poin.Menjawab pertanyaan tentang tempat dan dapatkan 1 poin.Berikan peringkat bintang ke suatu tempat dan dapatkan 1 poin.
Ke mana pun Anda pergi, gambar apa pun yang Anda klik, atau video yang Anda rekam, dapat diunggah di Google Maps, asalkan memberikan beberapa informasi. Tidak diperlukan persetujuan untuk menambahkan foto atau video suatu tempat, tetapi jika Anda menambahkan tempat baru ke peta, Anda memerlukan persetujuan dari Google. Jika GPS di perangkat seluler Anda dihidupkan, Anda akan melihat semua tempat yang pernah Anda kunjungi, di dasbor Anda. Sinkronkan akun Google Anda di semua perangkat Anda dan Anda dapat mengunggah konten dari mana saja.

Saya adalah Pemandu Lokal Google selama beberapa waktu sekarang dan saya berada di level 8 dengan 20.618 poin.

Setelah dipublikasikan, gambar, video, dan ulasan Anda akan muncul pada setiap produk dan layanan milik Google seperti Google Maps, Google Search, Google Earth, dan Street View, dan akan dapat diakses oleh semua orang. Pastikan semua konten Anda mematuhi kebijakan konten buatan pengguna Google Maps.

Apa imbalan atau keuntungan menjadi Pemandu Lokal Google?

Program ini pada dasarnya untuk pelancong atau orang yang menyukai petualangan. Seseorang yang suka berbagi cerita dan pengalaman perjalanan mereka dengan dunia akan senang menjadi Pemandu Lokal Google. Tidak ada keuntungan uang untuk menjadi Pemandu Lokal Google, tetapi ada beberapa keuntungan dan penghargaan yang mungkin ingin Anda dapatkan.

Anda mendapatkan lencana dengan setiap level yang dibuka yang selanjutnya akan membantu konten Anda menjangkau khalayak luas. Setiap kali salah satu gambar/video atau ulasan Anda melewati tonggak sejarah, Anda akan diberi tahu melalui email. Anda mendapatkan lencana pertama saat mencapai level empat.

Selain itu, Google memberi Anda akses awal ke produk dan layanan barunya sebagai imbalan atas kontribusi Anda. Dan coba tebak, jika Anda benar-benar pandai membuat Google Maps lebih baik dengan kontribusi Anda, Anda mungkin mendapat kesempatan untuk menghadiri pertemuan puncak yang dibayar penuh dan bertemu dengan Pemandu Lokal terbaik di dunia.

Baca:Kiat dan Trik Google Maps

Apakah Pemandu Lokal Google dibayar ?

Tidak, Pemandu Lokal Google tidak dibayar. Anda mendapatkan beberapa poin, hadiah, dan lencana di profil Anda setiap kali Anda berkontribusi sesuatu di Google Maps, seperti beberapa informasi tentang tempat, gambar, video, atau ulasan. Jika Anda cukup beruntung, Anda mungkin mendapatkan kesempatan untuk menghadiri pertemuan dengan bayaran penuh di AS.

Berapa banyak poin Google yang saya miliki?

Anda dapat memeriksa level dan poin Anda langsung di dasbor Anda. Cukup buka situs web Google Local Guides dan klik gambar profil Anda di pojok kiri atas. Anda akan dapat melihat poin Anda di sana.