Apa itu Replay Attack dan bagaimana cara mencegahnya?

Semuanya sekarang tersedia online, termasuk data pribadi kami. Kami dipandu oleh algoritma dan kami membuat pilihan kami sesuai dengan mereka. Ada berbagai cara orang pihak ketiga seperti peretas juga dapat mengakses data pribadi dan sensitif tersebut. Pelanggaran data terjadi secara teratur dan data sensitif kami bocor bersamanya. Ini adalah salah satu cara untuk mengakses data pribadi. Cara lainnya adalah melalui serangan Replay. Dalam panduan ini, kami menjelaskan kepada Anda apa itu Replay Attack dan bagaimana Anda dapat mencegahnya.

Apa itu Replay Attack?

Serangan replay adalah sejenis serangan jaringan di mana orang tengah masuk dan menangkap lalu lintas dan pesan yang dikirim melalui jaringan, menunda itu, dan kemudian mengirim ulang untuk menyesatkan penerima agar melakukan apa yang diinginkan peretas. Serangan semacam ini bahkan tidak mengharuskan peretas untuk mendekripsi pesan atau keterampilan kelas atas. Ambil contoh di mana Mark meminta teman-temannya James untuk meminjamkannya sejumlah uang melalui pesan teks. James mungkin telah mengirimkan jumlahnya. Misalkan, jika hal yang sama dicegat oleh penyerang, dia akan mengirim pesan yang sama kepada James meminta jumlah seperti Mark yang mungkin James kirim lagi jika dia yakin demikian. Beginilah serangan Replay terjadi.

Serangan semacam ini terjadi di mana-mana secara online seperti saat Anda berbelanja dengan kartu Anda, masuk ke akun media sosial, akun perusahaan, dll. Penyerang hanya mengetahui pertukaran data dan memutar ulang dengan niat jahat.

Bagaimana caranya Anda mencegah Serangan Putar Ulang?

Ada berbagai cara untuk mencegah serangan semacam ini.
Gunakan OTPMenggunakan Protokol HTTPSGunakan VPNGunakan stempel waktuGunakan Key
Sesi Mari masuk ke detail setiap metode.
1] Gunakan OTPs
Sandi atau OTP satu kali adalah yang paling banyak cara aman untuk melindungi diri Anda secara online. Ini memastikan bahwa bahkan dengan pemutaran ulang, penyerang tidak dapat mengirim ulang karena memerlukan OTP untuk mengaksesnya. Ini dapat mencegah serangan replay dan melindungi data Anda.
2] Menggunakan Protokol HTTPS
Masuk ke situs web dengan protokol HTTPS diaktifkan. Ada banyak ekstensi peramban web tepercaya yang tersedia yang memastikan hanya versi HTTPS situs web yang dimuat.
3] Gunakan VPN
Virtual Private Networks atau VPN mengirimi Anda data lalu lintas melalui terowongan terpisah dengan tingkat enkripsi yang baik. Tidak ada yang bisa membaca data yang ditransfer melalui terowongan VPN. Ini adalah salah satu cara aman untuk menggunakan internet karena memberikan keamanan dari banyak hal di internet. Bahkan VPN membantu Anda tetap aman saat menggunakan WiFi publik.
4] Gunakan stempel waktu Cara lain untuk mencegah serangan replay adalah dengan menambahkan stempel waktu yang hanya valid untuk waktu yang singkat. Ini akan menghilangkan kemungkinan pemutaran ulang oleh penyerang bahkan setelah mencegatnya.
5] Gunakan Key
Sesi Ini melibatkan penggunaan kunci sesi acak lengkap yang valid untuk satu transaksi. Kunci sesi berisi kode khusus yang tidak dapat diprediksi atau dilewati. Hal ini membuat sulit untuk melakukan serangan replay.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah serangan replay.

Apakah serangan replay umum terjadi?

Serangan replay sangat umum dan menjadi berita hampir setiap hari. Mayoritas serangan replay terjadi di mana itu melibatkan transfer uang. Kita perlu waspada agar aman dari serangan seperti itu.

Apa yang dimaksud dengan serangan Replay dengan contoh?

Serangan replay tidak lain adalah seseorang yang mengirimkan pesan yang sama berpura-pura seperti Anda kepada penerima, setelah beberapa waktu. Penerima percaya bahwa Andalah yang mengirim pesan dan melakukan apa yang diinginkan penyerang. Contohnya adalah ketika Anda masuk ke situs web dan penyerang memotongnya, dia akan memutar ulang kredensial masuk setelah beberapa waktu dan mengambil alih akun Anda tanpa mengetahui Anda.

Baca:Amankan diri Anda, hindari penipuan online, dan ketahui kapan harus mempercayai situs web!