Apa itu XMP dan bagaimana cara mengaktifkan atau menggunakannya?

Anda mungkin pernah mendengar di iklan tentang seberapa cepat RAM komputer. Nah, Anda tidak mendapatkan kecepatan secepat itu di beberapa perangkat Intel, untuk itu, Anda perlu mengaktifkan XMP. Ingin tahu lebih banyak tentang penguat RAM bawaan ini? Baca artikel ini untuk mengetahui apa itu XMP dan bagaimana Anda dapat mengaktifkan atau menggunakannya?

Apa itu XMP?

XMP adalah singkatan dari Extreme Memory Profile. Ini adalah teknologi Intel yang berisi profil memori yang berbeda dan memungkinkan Anda untuk beralih di antara mereka. Jadi, Anda dapat memilih profil dengan kecepatan memori yang lebih tinggi saat Anda membutuhkan ekstra dari memori volatil Anda. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk meng-overclock memori Anda tanpa bermain-main dengan frekuensi, voltase, dan pengaturan waktu.

Meskipun ini adalah teknologi Intel, ini juga tersedia di sistem AMD. Yang juga disebut AMP atau Profil Memori AMD.

Kerja XMP atau Profil Memori Ekstrim

Saat komputer Anda mulai boot, uji mandiri pengaktifan dilakukan. Tes ini mengonfigurasi semua perangkat keras yang ditambahkan ke sistem Anda, termasuk RAM Anda. Semuanya, mulai dari nomor model hingga waktu dan frekuensi dicatat dalam proses ini. SDP atau Serial Presence Detect, yang merupakan chip pada RAM Anda, digunakan oleh BIOS Anda untuk mengatur waktu dan frekuensi memori dengan benar.

XMP tidak lain adalah perpanjangan dari SDP. Ini memberikan frekuensi yang lebih tinggi serta waktu yang lebih baik untuk memori. Tidak hanya itu, overclocking juga distabilkan dengan mengoreksi tegangan input. Yang tidak akan menghalangi pengalaman bermain game Anda.

Profil XMP memberi RAM Anda izin untuk berjalan pada model performa tinggi, yang lebih baik daripada standar DDR industri.

Cara mengaktifkan dan menggunakan XMP?

Anda dapat dengan mudah mengaktifkan XMP dari BIOS. Namun, pengaturan BIOS berbeda pada OEM yang berbeda. Tapi, pertama-tama, mari kita boot ke BIOS/UEFI di komputer Anda. Sekarang, jika Anda melihat XMP di jendela pertama, aktifkan saja. Jika Anda tidak dapat menemukan XMP di sana, buka Menu atau Mode Lanjutan, dan cari di bawah tab Tweaker. Aktifkan saja dan Anda akan baik-baik saja.

Jika Anda ingin memeriksa apakah mengaktifkan XMP membuat perbedaan, cukup periksa Kecepatan RAM dan jika tinggi, Anda tahu fitur tersebut berfungsi. Anda juga dapat menggunakan CPU Z atau aplikasi sejenis untuk melakukan hal yang sama.

Anda tidak perlu tambahan apa pun untuk menggunakan XMP, setelah diaktifkan, Anda akan mulai melihat perbedaan kinerja.

Haruskah saya menjalankan RAM di XMP?

JEDEC atau Joint Electron Dewan Rekayasa Perangkat menetapkan standar untuk hampir semua komponen elektronik termasuk RAM Anda. Jadi, ketika Anda membeli RAM off-the-rack, Anda mendapatkan kecepatan yang diiklankan. Di sisi lain, XMP memungkinkan Anda untuk mendorong RAM itu sedikit lebih jauh tanpa banyak kompromi. Jadi, jika Anda menginginkan hasil seperti itu, Anda harus menjalankan RAM pada XMP, tetapi jika Anda setiap hari, Anda tidak perlu masuk ke BIOS dan mengaktifkan fitur tersebut.

Apakah XMP merusak RAM?

Tidak, XMP Profil tidak dapat merusak RAM Anda. RAM Anda dibuat untuk menahan jenis tekanan yang meningkatkan kecepatan. Namun, ada skenario di mana XMP rusak di CPU. Yang cukup dimengerti karena XMP Anda membutuhkan lebih banyak tegangan dan itu dapat merusak CPU Anda dalam jangka panjang. Namun, jika saya harus memilih antara overclocking dan menggunakan profil XMP yang lebih tinggi, saya akan memilih yang lain dan itulah yang harus Anda pilih juga. Tetapi jika Anda masih ingin menggunakan aplikasi overclocking, periksa daftar beberapa aplikasi Overclocking terbaik kami.

Baca: Cari tahu RAM Komputer, Kartu Grafis/memori Video di Windows 11/10.