Apa perbedaan antara Partisi, Volume, dan Drive Logis

Anda pasti pernah mendengar istilah ini – Partisi, Volume, dan Drive Logis. Dan, jika Anda bertanya-tanya apa arti sebenarnya dari istilah-istilah ini, maka posting ini akan membantu Anda menjelaskannya. Kami akan membantu Anda memahami perbedaan antara Partisi, Volume, dan Drive Logis di komputer Windows 11/10 dengan menjelaskan artinya dan informasi lain yang terkait dengannya dengan kata-kata sederhana.

Perbedaan antara Partisi, Volume, dan Drive Logis

Semua istilah ini, yaitu partisi, volume, dan drive logis adalah unit penyimpanan data. Tetapi ada perbedaan yang telah kami coba ulas dalam posting di bawah ini. Mari kita pelajari satu per satu.

Apa yang dimaksud dengan Partisi di komputer Windows?

Hard disk fisik (misalnya HDD) dapat dibagi menjadi unit penyimpanan yang berbeda dan unit penyimpanan tersebut dikenal sebagai partisi. Jadi, membagi hard disk drive menjadi bagian yang berbeda dikenal sebagai partisi untuk hard disk tertentu.

Misalnya, jika Anda memiliki hard disk drive 1 TB, dan Anda membaginya menjadi 4 bagian (katakanlah masing-masing 250 GB), bagian-bagian itu disebut partisi . Anda dapat membuat empat partisi primer atau tiga partisi primer dan satu partisi tambahan. Inilah artinya: Partisi
Primary adalah partisi di mana Anda dapat menginstal Windows dan meletakkan data lain. Misalnya, jika Anda telah menginstal Windows 11/10 pada drive C, maka drive C adalah partisi utama Partisi tambahan berfungsi sebagai wadah yang dapat Anda gunakan untuk membuat beberapa partisi logisPartisi logis adalah tempat Anda dapat membuat folder, menambahkan media Anda file, dan data pribadi lain yang Anda inginkan.
Anda dapat dengan mudah membuat, mengubah ukuran, dan memperluas partisi baru di komputer Windows 11/10 menggunakan alat Manajemen Disk bawaan atau perangkat lunak Pengelola Partisi dan Disk pihak ketiga gratis.

Apa itu Volume pada komputer Windows?

Kecuali Anda memformat partisi, volume (atau volume logis) tidak dapat dibuat. Dan, hingga volume tidak dibuat, Anda tidak akan dapat menginstal Windows dan menambahkan data Anda. Jadi, setelah Anda memformat partisi untuk sistem file (misalnya sistem file NTFS untuk Windows), itu menjadi volume.

Dengan kata lain, setelah Anda memformat partisi untuk membuat hard drive dan menetapkan huruf (misalnya D, E, dll .) ke drive itu, ini dikenal sebagai volume. Anda juga dapat memperpanjang, mengecilkan, atau menghapus volume.

Terkait:Cara mempartisi ulang hard drive di Windows tanpa menghapus data.

Ada 5 jenis volume logis yaitu sebagai berikut:
Volume Sederhana: Jenis volume ini dapat memiliki volume tunggal atau beberapa wilayah pada hard disk. Anda dapat membuat volume sederhana untuk seluruh hard disk atau mengatur ukuran volume pilihan Anda (tidak melebihi ukuran total hard disk)Spanned Volume: Dalam jenis volume ini, ruang yang tidak terisi dari beberapa hard disk digabungkan atau digabungkan menjadi satu volume logis. Jadi, katakanlah Anda memiliki 5GB ruang yang tidak terisi pada satu hard disk dan 15GB ruang yang tidak terisi pada yang lain, maka Anda dapat membuat 20GB spanned volumeStriped Volume: Jenis volume ini dibuat dengan menggabungkan ruang kosong yang tersedia pada dua atau lebih hard disk di satu volume logis menggunakan teknologi RAID-0. Jenis volume seperti itu bukan toleransi kesalahan. Itu berarti, jika disk yang berisi data strip gagal, maka seluruh volume bergaris gagal.RAID-5 Volume: Juga dikenal sebagai bergaris dengan volume paritas (dibuat dengan ruang kosong yang tersedia di tiga atau lebih hard disk) menawarkan toleransi kesalahan. Jika bagian dari hard disk gagal dan data yang ada di bagian itu hilang, maka data yang sama dapat dibuat kembali dari data yang tersisaMirrored Volume: Seperti namanya, jenis volume ini menyimpan salinan persis dari data yang sama pada dua disk fisik. Ini juga merupakan volume toleransi kesalahan. Bahkan jika satu disk fisik gagal atau rusak, data cermin yang ada pada disk kedua dapat digunakan oleh sistem.
Apa itu Drive Logis?

Drive logis (atau volume logis) adalah ruang drive yang dibuat secara logis di atas hard fisik disk. Setelah Anda memformat partisi dan menetapkan huruf seperti D, E, dll., (seperti yang dijelaskan di atas), itu menjadi drive logis yang dapat digunakan untuk menyimpan file, folder, dan data pribadi lainnya. Saat Anda membuka File Explorer di komputer Windows 11/10, partisi logis (seperti Disk Lokal (D:), Disk Lokal (E:), dll.) yang ada di bagian PC ini adalah contoh drive logis. Jadi, pada dasarnya, drive logis dan volume adalah istilah yang sama.

Semoga ini membantu.

Apa perbedaan antara Partisi dan drive Logis?

Partition (bila menyangkut hard disk drive) adalah bagian dari hard disk yang Anda buat untuk menginstal OS Windows dan menyimpan data pribadi Anda. Ada partisi utama yang dapat Anda gunakan untuk menginstal sistem operasi. Selain itu, ada partisi tambahan yang dapat Anda bagi lagi menjadi beberapa partisi logis untuk menyimpan data Anda (gambar, file audio-video, dokumen, dll.). Di sisi lain, drive logis dibuat saat Anda memformat partisi dan menetapkan huruf drive (termasuk sistem file) ke dalamnya.

Haruskah saya menggunakan partisi Primer atau Logis?

Meskipun tidak ada perbedaan antara partisi primer dan logis untuk menyimpan data, tidak ada gunanya membuat partisi utama tempat Anda dapat menginstal Windows dan mem-boot komputer Anda. Partisi utama terutama digunakan untuk menginstal sistem operasi. Di sisi lain, partisi logis digunakan untuk menyimpan data pribadi Anda.

Baca selanjutnya:Perbedaan antara Sistem File NTFS, FAT32, FAT, dan exFAT.