Apa yang harus dilakukan jika saya lupa kata sandi komputer saya?

Ketika Anda membeli komputer Windows, Anda harus membuat akun pengguna untuk menggunakannya. Microsoft memberi Anda fasilitas untuk membuat beberapa akun pengguna, termasuk akun kantor atau sekolah dan akun untuk anggota keluarga Anda dan pengguna lain. Semua opsi ini tersedia di pengaturan Akun Pengguna. Untuk membuat akun pengguna aman, Microsoft menawarkan opsi masuk yang berbeda yang mencakup Pengenalan Wajah Windows Hello, Sidik Jari Windows Hello, Pengenalan, PIN Windows Hello, Kata Sandi, Kata Sandi Gambar, dan kunci Keamanan. Anda juga dapat menyiapkan lebih dari satu opsi masuk untuk akun pengguna tertentu. Setelah menyiapkan opsi masuk, ucapkan kata sandi, Windows akan meminta Anda memasukkan kata sandi setiap kali Anda menghidupkan komputer. Bagaimana jika Anda lupa kata sandi Anda? Apakah ada cara untuk masuk ke komputer Anda jika Anda lupa kata sandi Anda? Dalam artikel ini, kita akan berbicara tentang apa yang harus dilakukan jika Anda lupa kata sandi komputer Anda.

Apa yang harus dilakukan jika saya lupa kata sandi komputer saya?

Karena masalah ini, pengguna terkunci dari komputer Windows mereka dan tidak dapat masuk ke komputer. Satu-satunya solusi untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan melewati layar masuk atau mengatur ulang kata sandi. Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana Anda dapat melewati layar ini sehingga Anda dapat masuk ke komputer Anda.

Menurut pengguna yang mengalami masalah ini, layar ini muncul setelah memasukkan kata sandi untuk akun pengguna tertentu. Layar ini mencegah mereka masuk ke sistem mereka. Jika Anda melihat Lupa kata sandi atau tidak melihat akun Anda saat mencoba masuk ke PC Windows, berikut adalah saran untuk membantu Anda memulihkan atau mengatur ulang kata sandi.

Lupa paspor atau tidak melihat akun Anda

Coba metode berikut untuk masuk ke komputer Anda setelah lupa kata sandi Anda.
Ubah kata sandi akun AndaSetel ulang kata sandi akun Lokal Anda dengan menggunakan Media InstalasiBuat akun pengguna baruSetel ulang PC
AndaMari lihat semua metode ini secara detail.
1] Ubah kata sandi akun Anda

Cobalah untuk mengubah kata sandi akun Anda. Karena Anda terkunci dari komputer Anda, Anda harus melakukan ini dengan masuk ke Windows Recovery Environment. Untuk memulai komputer Anda di Lingkungan Pemulihan Windows, tekan dan tahan tombol Shift, lalu mulai ulang sistem Anda. Jika ini tidak berhasil, tekan dan tahan tombol daya hingga sistem Anda mati sepenuhnya. Sekarang, nyalakan komputer Anda dan tekan dan tahan tombol daya sebelum layar masuk muncul. Ini akan mematikan komputer Anda lagi. Ulangi proses ini setidaknya tiga kali atau sampai Anda melihat pesan “Mempersiapkan Perbaikan Otomatis”.

Sekarang, buka “Pemecahan Masalah > Opsi Lanjutan > Prompt Perintah.” Command Prompt akan muncul di layar Anda. Sekarang, Anda dapat mengubah kata sandi akun administrator lokal Anda. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk berikut:

Ketik perintah berikut dan tekan Enter.
net user

Perintah di atas akan mencantumkan semua akun pengguna yang ada di sistem Anda. Sekarang, langkah selanjutnya adalah memilih akun pengguna dan mengubah kata sandi untuk hal yang sama. Untuk melakukannya, ketik perintah berikut dan tekan Enter.
net user “nama pengguna” *

Perhatikan bahwa pada perintah di atas, Anda harus mengganti kata nama pengguna di bawah tanda kutip dengan nama pengguna yang ingin Anda ubah kata sandinya. Misalnya, jika Anda ingin mengubah kata sandi untuk Pengguna Uji 3, maka perintahnya adalah: pengguna
net “Pengguna Uji 3” *
Sekarang, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru untuk akun yang dipilih. Ketik kata sandi baru. Command Prompt tidak akan menampilkan kata sandi yang dimasukkan karena alasan keamanan. Setelah mengetik kata sandi baru, tekan Enter. Sekarang, Windows akan meminta Anda untuk mengetik ulang kata sandi Anda. Ketik kata sandi yang sama lagi dan tekan Enter. Jika Anda melihat pesan, “Perintah berhasil diselesaikan,” kata sandi Anda akan diubah.

Sekarang, nyalakan ulang komputer Anda. Anda harus dapat masuk ke akun Anda dengan memasukkan kata sandi baru. Jika ini tidak membantu, coba metode berikutnya.
2] Atur ulang kata sandi akun lokal Anda dengan menggunakan Media
InstalasiWindows 11/10 juga memungkinkan pengguna untuk mengatur ulang kata sandi akun lokal mereka dengan menggunakan Media Instalasi. Jika Anda telah membuat Media Instalasi, Anda dapat menggunakannya untuk mengatur ulang kata sandi akun lokal Anda. Jika tidak, Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Karena Anda terkunci dari komputer Anda, Anda harus masuk ke Lingkungan Pemulihan Windows untuk membuat Media Instalasi. Setelah membuat Media Instalasi, Anda dapat dengan mudah mengatur ulang kata sandi akun lokal Anda.
3] Buat akun pengguna baru
Jika metode di atas tidak membantu Anda, Anda harus membuat akun pengguna baru dengan mengaktifkan akun administrator tersembunyi. Untuk melakukannya, ketik perintah berikut dan tekan Enter.
Net user administrator /active:yes
Perintah di atas akan mengaktifkan akun administrator tersembunyi. Sekarang, restart komputer Anda dan pilih akun Administrator untuk masuk. Akun administrator baru ini tidak memerlukan kata sandi apa pun. Oleh karena itu, Anda akan dapat masuk ke komputer Anda dengan mudah. Setelah masuk ke akun administrator tersembunyi, Anda dapat membuat akun pengguna baru. Buka Pengaturan Windows 11/10 Anda dan buka halaman Akun untuk membuat akun pengguna baru. Sekarang, Anda seharusnya dapat masuk ke akun pengguna baru Anda.

Sekarang, tambahkan akun Microsoft Anda ke akun Administrator Lokal yang baru. Ini akan memulihkan semua pengaturan dan preferensi Anda ke akun pengguna baru. Perhatikan bahwa, Anda harus menggunakan akun Microsoft yang sama yang telah Anda tambahkan ke akun pengguna lama Anda.

Setelah membuat akun Administrator Lokal baru, Anda dapat menonaktifkan akun administrator tersembunyi. Untuk melakukannya, buka Command Prompt sebagai administrator dan ketik perintah berikut. Administrator pengguna
Net /active:no4] Setel ulang PC
AndaJika metode di atas tidak memperbaiki masalah Anda, setel ulang PC Anda dari Lingkungan Pemulihan Windows. Mulai komputer Anda dalam mode pemulihan dengan mengikuti proses yang dijelaskan di atas. Sekarang, buka “Pemecahan masalah> Setel ulang PC ini.” Setelah itu, Windows akan menampilkan dua opsi berikut:
Keep my filesRemove everything
Pilih opsi “Simpan file saya” jika Anda tidak ingin data Anda dihapus. Pilih opsi “Hapus semuanya” jika Anda ingin menghapus semua data Anda saat mengatur ulang PC.

Baca: Daftar alat Pemulihan Kata Sandi gratis: Windows, Browser, Mail, Web, Wi-Fi, dll.

Bagaimana cara mereset kata sandi Windows saya tanpa masuk?

Jika Anda lupa kata sandi, Anda dapat mengatur ulang tanpa masuk. Untuk ini, klik tautan Saya lupa kata sandi di layar masuk. Setelah itu, Anda akan melihat layar Verifikasi Identitas Anda. Di layar itu, Anda harus memberikan ID email terdaftar Anda. Masukkan ID email terdaftar Anda dan klik tombol Dapatkan kode. Anda akan menerima kode pada ID email terdaftar Anda. Sekarang, masukkan kode itu dan Anda akan dapat mengatur ulang kata sandi Anda. Perhatikan bahwa metode ini hanya berfungsi jika Anda telah menambahkan akun Microsoft Anda ke profil pengguna Anda di Windows 11/10.

Jika Anda memiliki akun Administrator Lokal dan Anda ingin mengatur ulang kata sandinya tanpa masuk ke Windows, Anda dapat melakukannya dengan memulai komputer di Lingkungan Pemulihan. Setelah itu, luncurkan Command Prompt dan ubah kata sandi profil pengguna Anda. Kami telah membicarakan metode ini di atas dalam artikel ini.

Baca: Gunakan Petunjuk Kata Sandi dan Disk Reset Kata Sandi untuk memulihkan dari kata sandi Windows yang lupa.

Bagaimana cara masuk ke Windows jika saya lupa kata sandi saya?

Jika Anda lupa kata sandi, Anda dapat masuk ke Windows dengan salah satu metode berikut:
Menggunakan tautan Lupa Kata SandiMenggunakan opsi masuk lainnyaMengatur ulang kata sandi Anda dengan memasukkan Windows REDengan mengaktifkan akun administrator tersembunyiSetel ulang PC
AndaMari lihat semua metode ini secara mendetail.
1] Masuk ke komputer Anda menggunakan tautan Lupa Kata Sandi
If Anda lupa kata sandi Windows Anda, Anda masih dapat masuk ke sistem Anda dengan menggunakan tautan Lupa Kata Sandi. Jika Anda telah menambahkan akun Microsoft Anda ke profil Windows 11/10 Anda, Windows akan membantu Anda mengatur ulang kata sandi akun Microsoft Anda langsung dari layar login. Setelah mengklik tautan Lupa Kata Sandi, Anda akan diminta untuk memverifikasi identitas Anda dengan memasukkan alamat email terdaftar Anda. Jika alamat email yang Anda masukkan benar, Anda akan menerima kode di email tersebut. Dengan menggunakan kode ini, Anda dapat mengatur ulang kata sandi akun Microsoft Anda. Setelah mengatur ulang kata sandi akun Microsoft Anda, Anda akan dapat masuk ke komputer Anda dengan menggunakan kata sandi baru.

Jika Anda mengalami masalah dengan metode di atas, Anda dapat mencoba satu hal. Setel ulang kata sandi akun Microsoft Anda di perangkat lain. Anda dapat menggunakan smartphone atau komputer teman Anda untuk tujuan ini. Setelah Anda mengatur ulang kata sandi akun Microsoft, Anda dapat menggunakan kata sandi itu untuk masuk ke komputer Anda.

Jika Anda belum menambahkan Akun Microsoft ke profil Windows 11/10, akun Anda akan menjadi akun Administrator Lokal. Saat Anda membuat akun administrator tanpa menggunakan akun Microsoft, Windows akan meminta Anda memasukkan beberapa pertanyaan keamanan. Pertanyaan dan jawaban keamanan ini akan digunakan untuk mengatur ulang kata sandi Windows Anda dari layar masuk untuk akun Administrator Lokal. Jika Anda tidak ingat kata sandi akun Administrator Lokal Anda, Anda dapat mengatur ulang dengan mengikuti langkah-langkah yang tertulis di bawah ini:

Masukkan kata sandi yang salah di layar login dan tekan Enter. Anda akan melihat pesan, “Kata sandi salah. Coba lagi.” Klik OK. Sekarang, Anda akan melihat link Reset Password pada layar login. Klik tautan itu. Pada layar berikutnya, Windows akan meminta Anda untuk memasukkan jawaban atas pertanyaan keamanan Anda. Jika semua jawaban yang Anda masukkan benar, Windows akan mengizinkan Anda untuk mengatur ulang kata sandi Anda langsung dari layar login. dapat masuk ke sistem Anda dengan menggunakan kata sandi baru.
2] Masuk ke komputer Anda dengan menggunakan opsi masuk lainnya
Microsoft juga memungkinkan pengguna mengatur lebih dari satu opsi masuk untuk akun tertentu. Untuk menyiapkan lebih dari satu opsi masuk untuk akun Anda, buka “Pengaturan > Akun > Opsi masuk”. Jika Anda telah menyiapkan lebih dari satu opsi masuk untuk akun Anda, Anda dapat masuk ke sistem Anda dengan menggunakan salah satunya.

Pada layar masuk, klik tautan Opsi Masuk. Setelah itu, Windows akan menunjukkan kepada Anda semua opsi masuk yang telah Anda atur untuk akun Anda, seperti PIN Hello Windows, kata sandi akun Microsoft, dll. Anda dapat menggunakan salah satu opsi masuk untuk masuk ke sistem Anda.
3] Masuk ke sistem Anda dengan mengatur ulang kata sandi Anda dengan memasukkan Windows RE
Jika metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mengatur ulang kata sandi komputer Anda dengan menggunakan Command Prompt. Untuk ini, Anda harus masuk ke Lingkungan Pemulihan Windows dan meluncurkan Command Prompt dari sana. Kami telah membicarakan hal ini sebelumnya di artikel.
4] Masuk ke sistem Anda dengan mengaktifkan akun administrator tersembunyi
Semua komputer Windows memiliki akun administrator yang dinonaktifkan secara default. Hal ini umumnya dikenal sebagai akun administrator tersembunyi. Dengan mengaktifkan akun ini, Anda dapat mengelola semua akun pengguna di perangkat Anda. Jika Anda masih terkunci dari komputer Windows, Anda dapat mengaktifkan akun administrator tersembunyi dari Command Prompt dengan memasuki Lingkungan Pemulihan Windows.

Secara default, akun administrator tersembunyi tidak memerlukan kata sandi apa pun untuk masuk. Anda dapat menetapkan kata sandi sama tetapi kami tidak menyarankan Anda melakukannya karena Anda dapat menggunakan akun ini jika Anda lupa kata sandi akun pengguna lain. Setelah mengaktifkan akun administrator tersembunyi, Anda dapat dengan mudah masuk ke komputer Anda. Sekarang, Anda dapat mengelola akun lain atau membuat akun baru.

Baca: Pulihkan Kata Sandi Windows yang terlupakan atau hilang dengan iSeePassword.
5] Setel ulang PC
AndaJika tidak ada yang membantu Anda, menyetel ulang PC Anda adalah opsi terakhir. Anda dapat mengatur ulang PC Anda dari Lingkungan Pemulihan Windows. Jika Anda tidak ingin kehilangan data Anda, pilih opsi “Keep my Files”, jika tidak, pilih opsi “Hapus Semuanya”.