Apakah buruk membiarkan banyak tab terbuka di komputer Anda?

Apakah buruk untuk membuka banyak tab di browser Anda? Saat bekerja di internet, kami biasanya tetap membuka situs web di tab terpisah tanpa menutup tab yang sebelumnya dibuka di browser web kami. Setiap program atau perangkat lunak yang kami buka di komputer kami menggunakan beberapa sumber daya sistem kami, termasuk memori (RAM) dan CPU. Demikian pula, browser web juga menggunakan sebagian dari RAM dan CPU sistem kami. Penggunaan RAM dan CPU oleh browser web meningkat saat kami mulai membuka banyak tab.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa setelah membuka sejumlah tab di browser web, kinerja sistem Anda sedikit menurun, dan browser web menjadi lambat. Jumlah tab yang dapat dibuka pengguna di browser sebenarnya tergantung pada perangkat keras sistemnya. Itulah mengapa ini bervariasi dari pengguna ke pengguna.

Apa yang terjadi jika Anda membuka terlalu banyak tab?

Membuka terlalu banyak tab akan membebani CPU komputer Anda. Setiap tab yang Anda buka di browser web Anda menghabiskan sejumlah memori sistem Anda. Oleh karena itu, semakin banyak tab yang Anda buka di browser web, semakin banyak RAM yang akan digunakan browser Anda. Itulah mengapa membuka terlalu banyak tab akan mengakibatkan masalah kinerja dan dapat menyebabkan sistem Anda macet atau macet.

Apakah tidak baik membiarkan banyak tab tetap terbuka di komputer Anda?

Seperti yang dijelaskan di atas, membuka banyak tab di peramban web memengaruhi kinerja peramban dan sistem . Anda dapat melihat berapa persentase RAM dan CPU sistem Anda yang digunakan browser web dengan membuka Pengelola Tugas. Jumlah tab yang dapat Anda biarkan terbuka di komputer Anda bergantung pada berbagai faktor.
Perangkat keras komputer Anda: Tidak diragukan lagi, komputer dengan RAM 4 GB memiliki kinerja yang lebih rendah dibandingkan dengan komputer dengan lebih banyak RAM, katakanlah 8 GB atau 16 GB. Namun, ada faktor lain yang terlalu bertanggung jawab atas kinerja sistem. Komputer dengan lebih banyak RAM dapat menyediakan sumber daya yang lebih baik untuk browser web dibandingkan dengan komputer dengan lebih sedikit RAM. Jika komputer Anda memiliki RAM yang lebih sedikit, katakanlah 4 GB, Anda akan mengalami masalah kinerja setelah membuka banyak tab. Gambar halaman web: Beberapa situs web memiliki grafik yang berat. Karena itu, situs web semacam itu memerlukan lebih banyak sumber daya dari suatu sistem. Membuka situs web semacam itu akan memberi lebih banyak tekanan pada sistem Anda karena Anda akan mengalami masalah kinerja dengan sistem Anda. Google Maps dan Google Earth adalah beberapa situs web yang menggunakan grafik berat.
Apakah membuka banyak tab memperlambat komputer?

Setiap tab yang Anda biarkan terbuka di browser web menghabiskan sebagian dari sumber daya sistem Anda. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa browser web memiliki fitur tidur tab bawaan. Jika Anda adalah pengguna Google Chrome atau Microsoft Edge, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ketika Anda beralih ke tab lain setelah menghabiskan beberapa waktu di tab tertentu, Chrome atau Edge memuat ulang tab itu. Ini adalah fitur tidur tab dari Chrome dan Edge. Fitur tidur tab menangguhkan tab yang tetap tidak aktif untuk waktu tertentu. Saat pengguna kembali ke tab yang tidak aktif, browser web memuat tab tersebut lagi. Dengan melakukan ini, Chrome dan Edge mengelola memori komputer pengguna. Oleh karena itu, jika browser web Anda memiliki fitur tab tidur, membiarkan banyak tab terbuka tidak akan memengaruhi kinerja sistem Anda. Di sisi lain, jika browser web Anda tidak memiliki fitur tab tidur, Anda hanya dapat membuka tab dalam jumlah terbatas setelah itu Anda akan mulai menghadapi masalah kinerja dengan sistem Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menutup beberapa tab yang terbuka.

Jumlah addon & ekstensi browser yang telah Anda instal juga memakan biaya!

Gunakan Pengelola Tugas bawaan untuk mengelola tab di peramban web

Peramban web populer, seperti Firefox , Chrome, dan Edge hadir dengan Pengelola Tugas bawaan yang memungkinkan pengguna mengetahui tab mana yang menghabiskan sumber daya tinggi dari sistem mereka. Saat bekerja dengan banyak tab di browser web, Anda dapat menggunakan Pengelola Tugas bawaan untuk menutup tab yang menghabiskan Ram tinggi dan membebani CPU Anda.

Di sini, kami akan menunjukkan cara menggunakan Tugas bawaan Manajer untuk mengelola tab di:
FirefoxChromeEdge1] Cara menggunakan Pengelola Tugas bawaan di Firefox untuk mengelola tabs
Ikuti langkah-langkah yang tertulis di bawah ini untuk membuka Pengelola Tugas bawaan di Firefox:

Buka Firefox.Tekan Ctrl + T untuk membuka tab baru.Ketik about:performance di address bar Firefox.
Ini akan membuka Task Manager di Firefox di mana Anda dapat melihat tab mana yang mengambil sumber daya tertinggi dari sistem Anda. Sekarang, Anda dapat menutup tab tersebut untuk mengelola RAM sistem Anda.
2] Cara menggunakan Pengelola Tugas bawaan di Chrome untuk mengelola tabs
Langkah berikut akan membantu Anda membuka Pengelola Tugas di Chrome:

Buka Google Chrome.Klik pada tiga titik vertikal di sisi kanan atas dan buka “Pengaturan Lainnya> Manajer Tugas.” Atau, Anda juga dapat menekan tombol Shift + Esc untuk membuka Pengelola Tugas di Chrome. Sekarang, pilih tab yang memakan RAM tertinggi atau yang ingin Anda tutup dan klik tombol Akhiri Proses.3] Cara menggunakan Pengelola Tugas bawaan di Edge untuk mengelola tabs
Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuka Pengelola Tugas di Edge:

Buka Microsoft Edge. Klik pada tiga titik horizontal di sisi kanan atas dan buka “Pengaturan Lainnya > Pengelola tugas peramban.” Atau cukup tekan tombol Shift + Esc. Saat Task Manager muncul, Anda dapat melihat tab mana yang menggunakan sebagian besar RAM Anda. Untuk menutup tab tertentu, pilih tab itu di Pengelola Tugas dan pilih Akhiri Proses.
Inilah cara Anda mengelola tab di browser web yang berbeda sehingga membuka banyak tab tidak akan memengaruhi kinerja sistem Anda.

Baca: Cara terbaik mengamankan browser web untuk PC Windows.

Apakah membuka banyak tab memperlambat komputer?

Membiarkan banyak tab terbuka di browser web memperlambat komputer Anda. Ini karena setiap tab menggunakan beberapa persentase dari RAM sistem Anda. Oleh karena itu, jika Anda membuka banyak tab di browser web Anda, sebagian besar RAM komputer Anda akan digunakan oleh browser web Anda, akibatnya sistem Anda akan memiliki lebih sedikit RAM bebas untuk mengelola tugas-tugas lain. baterai?

Secara umum, masuk akal untuk mengharapkan bahwa semakin banyak tab yang Anda buka, semakin banyak konsumsi sumber daya dan akibatnya konsumsi daya. Tetapi pengurasan baterai yang sebenarnya dapat diabaikan dan penelitian juga menunjukkan bahwa semakin banyak tab yang Anda buka, semakin sedikit efek setiap tab baru terhadap masa pakai baterai.
Kata Penutup Berapa banyak tab yang dapat kita buka di browser web kita sebenarnya tergantung pada perangkat keras sistem kami. Jika Anda memiliki PC kelas atas, jumlah ini relatif lebih besar daripada mereka yang memiliki PC dengan RAM lebih sedikit. Namun, setiap mesin memiliki batas. Setelah titik tertentu, Anda akan mulai mengalami masalah kinerja dengan sistem Anda. Oleh karena itu, lebih baik untuk menutup tab yang tidak digunakan.

Kami ingin mengetahui berapa banyak tab browser yang Anda buka setiap saat, biasanya!

Baca selanjutnya: Browser Privasi Terbaik untuk PC Windows.