Apakah CreateExplorerShellUnelevatedTask adalah virus? Bisakah saya menonaktifkannya?

Banyak pengguna Windows bingung tentang apakah tugas CreateExplorerShellUnelevatedTask yang mereka lihat di Penjadwal Tugas adalah tugas yang sah atau virus. Ada juga laporan yang mencegah Windows Explorer memulai dalam mode yang ditinggikan. Jika Anda mengalami masalah ini di komputer Anda, artikel ini akan menjelaskan apa tugas aneh ini dan apakah aman untuk menonaktifkan atau menghapusnya.

Apa itu CreateExplorerShellUnelevatedTask?

Tugas sistem yang disebut CreateExplorerShellUnelevatedTask dibuat oleh Windows untuk mencegah pengguna dan aplikasi dari memulai Windows Explorer dalam mode yang ditinggikan. Setiap kali Explorer dimulai dengan sakelar elevasi, Windows memotong permintaan dan kemudian membuat dan menjalankan tugas CreateExplorerShellUnelevatedTask atas namanya. Karena tugas diatur untuk dijalankan dengan tingkat akses terendah, Explorer tidak akan pernah berjalan dengan hak yang lebih tinggi.

Baca:Mengapa Explorer tidak berjalan sebagai administrator?

Apakah CreateExplorerShellUnelevatedTask adalah virus?

CreateExplorerShellUnelelevatedTask dicurigai berbahaya, dan banyak pengguna bertanya apakah itu adalah virus. Dari sudut pandang saya, tampaknya bukan karena perangkat lunak berbahaya atau trojan. Masalahnya tampaknya dipicu oleh beberapa pengaturan Windows, dan tidak semua versi Windows 11/10 memilikinya. Masalah ini mungkin diperbaiki dengan pembaruan Windows berikutnya, tetapi untuk saat ini, Anda dapat menonaktifkannya.

Bagaimana cara menonaktifkan CreateExplorerShellUnelevatedTask?

Banyak pengguna telah melaporkan bahwa ketika mereka mencoba menjalankan Windows Explorer yang ditinggikan, tugas meluncurkan Explorer tanpa hak istimewa yang lebih tinggi. Ini membuat CreateExplorerShellUnelevatedTask tidak mencurigakan. Sebenarnya, ini adalah tugas sah yang dibuat oleh Windows, jadi jangan khawatir. Berikut adalah dua metode yang dapat Anda gunakan untuk menonaktifkannya:
Melalui jendela Penjadwal Tugas.Menggunakan Command Prompt
Mari kita lihat lebih dekat keduanya:
1] Melalui jendela Penjadwal Tugas.
Jika Anda ingin menonaktifkan proses CreateExplorerShellUnelevatedTask di perangkat Windows Anda , Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Klik kanan pada Start dan pilih Run.Ketik taskchd.msc di kotak teks dan tekan tombol Enter.Ketika jendela Task Scheduler terbuka, cari CreateExplorerShellUnelelevatedTask di panel kanan.Klik kanan padanya dan pilih Nonaktifkan. Selesai. Tugas akan segera dinonaktifkan.
Silakan lihat bagian berikut untuk penjelasan lebih rinci tentang langkah-langkah di atas:

Untuk memulai, Anda harus membuka kotak dialog Run terlebih dahulu. Untuk ini, cukup tekan tombol Windows + X untuk mengakses menu pengguna daya dan pilih opsi Jalankan dari daftar menu. Sebagai alternatif, Anda dapat membuka perintah Run langsung dari keyboard Anda dengan menggunakan tombol Windows + R pintasan keyboard.

Sekarang ketika Anda membuka kotak dialog Run, ketik taskchd.msc di kotak teks dan klik tombol OK. Jendela Penjadwal Tugas akan terbuka segera setelah Anda melakukannya.

Selanjutnya, navigasikan ke panel tengah jendela Penjadwal Tugas dan cari CreateExplorerShellUnelevatedTask di bawah kolom Nama. Setelah Anda menemukan tugas, klik kanan dan pilih Nonaktifkan. Anda sudah selesai. Tugas akan segera dinonaktifkan.
2] Nonaktifkan CreateExplorerShellUnelevatedTask menggunakan Command Prompt
Atau, Anda dapat menonaktifkan tugas CreateExplorerShellUnelevatedTask dengan baris perintah. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti.

Luncurkan Command Prompt sebagai administrator. Untuk melakukan ini, Anda perlu menggunakan tombol Windows + I pintasan keyboard untuk membuka kotak dialog Run. Kemudian ketik cmd di bidang teks dan tekan Ctrl+Shift+Enter untuk meluncurkan jendela prompt perintah yang ditinggikan.

Pada prompt perintah yang ditinggikan, salin dan tempel baris perintah di bawah ini:
SchTasks /Change /Disable /TN CreateExplorerShellUnelelevatedTask
Sekarang tekan Enter untuk mengeksekusi kode .

Setelah Anda menyelesaikan tugas di atas, tugas CreateExplorerShellUnelevatedTask akan dinonaktifkan pada perangkat komputer Anda.

Related:
Apa itu twain_32.dll di Windows? Apakah itu virus? Apa proses rundll32.exe? Apakah itu virus?