AutoPlay tidak berfungsi di Windows 11/10

Postingan ini akan membahas tentang berbagai langkah yang dapat Anda ambil jika AutoPlay tidak berfungsi pada Windows 11/10. Windows AutoPlay adalah salah satu fitur berharga di OS Windows. Misalnya, setiap kali Anda memutar CD musik untuk pertama kalinya, fitur AutoPlay menanyakan pemutar media mana yang ingin Anda gunakan jika beberapa aplikasi tersebut diinstal pada sistem Anda. Tetapi banyak pengguna telah melaporkan bahwa AutoPlay tidak berfungsi pada PC Windows mereka. Jangan khawatir jika Anda juga mengalami masalah yang sama. Coba solusi yang disebutkan di bawah untuk memperbaiki masalah.

AutoPlay tidak berfungsi pada Windows 11/10

Berikut adalah daftar semua solusi efektif untuk dicoba jika AutoPlay tidak berfungsi pada komputer Windows 11/10 Anda:
Aktifkan fitur AutoPlay lagiUbah layanan Deteksi Perangkat Keras ShellAktifkan Notifikasi AutoPlayUbah pengaturan AutoPlayUbah Kebijakan Grup LokalSetel ulang pengaturan AutoPlay
Kotak dialog AutoPlay tidak muncul?
1] Aktifkan fitur AutoPlay lagi

Mungkin ada kesalahan sementara yang menyebabkan fitur AutoPlay tidak berfungsi pada PC Windows Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengaktifkan kembali fitur tersebut untuk menyelesaikan masalah. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk melakukannya.
Buka menu Pengaturan pada sistem Anda.Klik pada opsi Bluetooth & perangkat yang ada di panel kiri layar.Pilih AutoPlay.Nonaktifkan opsi, dan mulai ulang PC Anda.Datang ke lokasi lagi dan aktifkan opsi.
Periksa apakah ada bedanya. Jika tidak, coba solusi berikutnya.
2] Ubah Layanan Deteksi Perangkat Keras Shell

AutoPlay tidak akan berfungsi di PC Windows Anda jika layanan Deteksi Perangkat Keras Shell dinonaktifkan. Jadi, aktifkan layanan secara manual dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Buka kotak dialog Run dengan menekan tombol pintasan Windows + R. Ketik services.msc dan tekan tombol enter. Ini akan membuka Layanan Windows. Gulir ke bawah daftar dan temukan Deteksi Perangkat Keras Shell. Klik kanan pada layanan dan pilih opsi Properties. Klik pada ikon drop-down di sebelah jenis Startup dan pilih Otomatis dari menu konteks. Klik pada Mulai hadir di bawah Status layanan. Ketuk Terapkan > OK.
Periksa apakah masalah telah diperbaiki atau tidak.

Lihat: Cara Membatasi Media Putar Otomatis di browser Microsoft Edge
3] Aktifkan notifikasi Putar Otomatis

Masalah yang disebutkan akan terjadi jika Putar Otomatis dinonaktifkan di bawah pengaturan notifikasi Windows. Anda harus mengaktifkan notifikasi AutoPlay untuk menyelesaikan masalah. Begini caranya.
Buka Pengaturan > Sistem. Cari dan buka Notifikasi. Aktifkan sakelar yang ada di sebelah AutoPlay.
Itu saja. Periksa apakah Anda masih menghadapi masalah atau tidak.
4] Ubah pengaturan AutoPlay

Pengaturan AutoPlay yang salah dikonfigurasi juga bisa menjadi alasan utama di balik masalah dalam pertanyaan. Anda harus mengubah pengaturan untuk menyelesaikan masalah. Begini caranya.
Buka Pengaturan > Bluetooth & perangkat.Pilih Putar Otomatis dari daftar opsi.Di bawah Pilih default Putar Otomatis, ubah nilainya menjadi Tanya saya setiap kali.Lakukan hal yang sama ke semua perangkat yang terpasang di sistem Anda.
Sekarang, colokkan perangkat dan periksa apakah fitur AutoPlay berfungsi.

Lihat: Cara menonaktifkan atau menghentikan Putar Otomatis Video di Microsoft Edge
5] Mengubah Kebijakan Grup Lokal

Anda juga dapat menggunakan Kebijakan Grup Lokal untuk menyelesaikan masalah. Pengaturan kebijakan yang salah dikonfigurasi akan menonaktifkan AutoPlay pada jenis driver tambahan. Berikut adalah perubahan yang perlu Anda buat di editor untuk menyelesaikan masalah.
Untuk memulainya, buka kotak dialog Jalankan di sistem Anda.Di tempat yang disediakan, ketik gpedit.msc dan tekan tombol enter.Sekarang, navigasikan ke Grup Lokal Policy > Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > AutoPlay Policies. Klik kanan pada Turn off AutoPlay, dan pilih Edit dari menu konteks. Di jendela berikut, pilih opsi Disabled. Klik Apply > OK.
Mulai ulang sistem Anda dan periksa apakah masalah sudah teratasi atau belum.

Baca: Cara mencegah AutoPlay agar tidak mengingat Pilihan Pengguna. Setel ulang setelan AutoPlay.

Jika tidak ada solusi di atas yang membantu, hal terakhir yang dapat Anda coba adalah menyetel ulang setelan AutoPlay. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Buka bilah pencarian, ketik Control Panel, dan tekan tombol enter.Ubah Tampilan dengan ke Ikon kecil.Pilih AutoPlay.Di jendela berikut, klik Atur ulang semua default.Klik Simpan dan keluar screen.
Mulai ulang sistem Anda, dan Anda akan melihat bahwa Anda tidak lagi menghadapi masalah.

Bagaimana cara menonaktifkan AutoPlay di Windows 11?

Menonaktifkan AutoPlay di Windows 11 sangat mudah. ​​Buka Pengaturan > Bluetooth & perangkat > AutoPlay. Nonaktifkan sakelar yang mengatakan gunakan AutoPlay untuk semua media dan perangkat. Anda bahkan dapat menggunakan Control Panel untuk melakukan hal yang sama. Untuk informasi lebih lanjut, lihat panduan khusus kami tentang cara mengaktifkan atau menonaktifkan AutoPlay di Windows 11/10.

Bagaimana Anda mengatur ulang AutoPlay?

Anda dapat mengatur ulang AutoPlay menggunakan panel kontrol PC Windows Anda. Berikut adalah langkah-langkah tepat yang perlu Anda ikuti – Buka Panel Kontrol di sistem Anda > Ubah Tampilan menjadi ikon Kecil/Besar > Pilih Putar Otomatis. Klik opsi Resel all defaults yang ada di bagian bawah layar.

Baca Selanjutnya: Mengaktifkan, Mengonfigurasi, dan mengatur default AutoPlay di Windows 11/10.