Baca dengan Keras tidak berfungsi di Edge [Tetap]

Read Aloud adalah fitur bawaan browser Edge yang membaca konten halaman web, eBook, atau PDF, cukup keras untuk didengar. Anda mungkin menganggapnya sebagai konverter text-to-speech yang memungkinkan Anda menikmati berita, artikel, eBook; bahkan konten kustom Anda sendiri tanpa harus membacanya. Fitur ini awalnya dirancang untuk membantu pengguna dengan kesulitan membaca, tetapi saat ini banyak orang menggunakan Read Aloud secara teratur untuk mencegah kelelahan membaca dan ketegangan mata yang disebabkan karena sesi membaca yang lama.

Read Aloud tidak berfungsi di Edge

Sementara Read Aloud berfungsi dengan baik hampir sepanjang waktu pengguna telah melaporkan bahwa mereka menghadapi masalah saat menggunakannya di Microsoft Edge. Artikel ini menyarankan perbaikan berikut yang dapat membantu menyelesaikan masalah:
Periksa apakah Tab dimatikanPeriksa Tingkat Volume PCPeriksa Perangkat Keluaran SuaraHapus Data Cache PerambanSetel Ulang Microsoft Edge.
Mari kita lihat secara detail.
1] Periksa apakah Tab dibungkam

Semua modern browser, termasuk Microsoft Edge, memungkinkan untuk menonaktifkan tab tertentu sehingga Anda tidak akan terganggu oleh suara yang tidak diinginkan, seperti yang berasal dari iklan video. Mulailah dengan memeriksa apakah tab dimatikan.
Klik kanan pada tab Anda.Klik opsi `Suarakan tab`.
Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol `Ctrl + M` untuk beralih antara mute/unmute.
2] Periksa Level Volume PC

Windows memungkinkan untuk menyesuaikan suara aplikasi satu per satu. Itu berarti Anda dapat menurunkan volume atau sepenuhnya mematikan suara sistem khusus untuk Microsoft Edge.

Jika tab tidak dimatikan, periksa apakah volume untuk Edge di perangkat Anda tidak dimatikan atau disetel ke rendah.
Klik kanan pada ikon Speaker di bagian Taskbar.Klik `Buka mixer volume`.Pada panel kanan, cari Microsoft Edge di bawah Apps.Sesuaikan volume menggunakan slider yang tersedia.3] Periksa Perangkat Output Suara

Selanjutnya, periksa perangkat output suara. Terkadang, suara mungkin berasal dari headphone nirkabel yang terhubung melalui Bluetooth, yang tidak diketahui.
Klik kanan pada ikon Speaker di Taskbar.Klik opsi `Pengaturan suara`.Di bawah Output, pilih perangkat audio yang ingin Anda gunakan .
Baca Juga:Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Perangkat Output Suara di Windows.
4] Hapus Cache Browser Data

Edge menyimpan salinan halaman web untuk memuatnya lebih cepat saat Anda mengunjunginya kembali. Meskipun data cache yang ada dapat meningkatkan pengalaman menjelajah Anda, terkadang data tersebut dapat mengganggu fungsionalitas browser. Hapus data penjelajahan Edge dan periksa apakah Anda masih menemukan Read Aloud tidak berfungsi di Edge.
Klik kanan pada ikon tiga titik (…) yang terletak di sudut kanan atas browser Edge, tepat di bawah ikon x.Klik pada ` Opsi Pengaturan`.Klik `Privasi, pencarian, dan layanan` di bawah Pengaturan.Gulir ke bawah ke bagian Hapus Data Penjelajahan.Klik `Pilih yang akan dihapus`.Pilih `Sepanjang waktu` di bawah Rentang waktu.Centang `Gambar dan file dalam cache `.Tekan tombol `Hapus Sekarang`.
5] Setel ulang Microsoft Edge

Jika tidak ada yang berhasil, coba setel ulang Microsoft Edge. Harap perhatikan bahwa tindakan `reset` akan menghapus data cache dan cookie Anda serta mematikan ekstensi Anda. Namun, itu tidak akan memengaruhi bookmark, riwayat, dan kata sandi yang disimpan.
Klik kanan pada ikon tiga titik (…).Klik opsi `Pengaturan`.Klik `Setel Ulang Pengaturan` di panel kiri.Kemudian klik ` Atur ulang pengaturan ke nilai defaultnya`. Tekan tombol Atur Ulang. Tutup semua tab dan Keluar dari browser Edge. Luncurkan kembali Edge dan periksa apakah masalahnya telah diperbaiki.
Solusi di atas harus memperbaiki Read Aloud yang tidak berfungsi di Edge. Jika Anda masih menghadapi masalah, coba perbarui Microsoft Edge ke versi terbaru atau nonaktifkan ekstensi pihak ketiga apa pun yang mungkin menyebabkan masalah.

Baca: Cara menggunakan Baca dengan lantang di Microsoft Edge untuk iPad

Bagaimana cara mengaktifkan baca dengan lantang di Microsoft Edge?

Buka halaman web, PDF, atau eBuku yang ingin Anda baca di tab browser baru. Klik ikon Baca dengan Keras yang terlihat di bagian atas halaman. Atau, Anda dapat menekan kombinasi tombol `Ctrl + Shift + U`. Setelah Read Aloud diaktifkan, Anda dapat memilih suara atau menyesuaikan kecepatan pemutaran menggunakan tombol `Voice options`.

Read: Membuat eBuku, PDF, atau halaman Web browser Edge dibacakan di Windows.

Bagaimana cara mendapatkan PDF untuk dibacakan?

Untuk membacakan PDF dengan lantang, buka di tab baru browser Microsoft Edge. Setelah file dibuka, Anda akan melihat toolbar di atas. Bilah alat terdiri dari tombol `Baca dengan lantang`. Anda hanya perlu menekan tombol itu agar browser Edge membacanya untuk Anda.

Baca Selanjutnya:Cara mengimpor Data Chrome ke Microsoft Edge tanpa menginstal Google Chrome.