Bagaimana cara mengetahui apa yang dilakukan proses Windows?

Mungkin ada saatnya Anda ingin mengetahui apa yang dilakukan suatu proses di komputer Windows Anda. Posting ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk melanjutkan. Kami telah membahas beberapa proses Windows seperti rundll32.exe, winlogon.exe, Service Host SysMain, AppVShNotify.exe, lsass.exe, dll. dalam postingan terpisah, sekarang postingan ini akan menunjukkan cara Anda melakukannya.

Cara menemukannya tahu apa yang dilakukan proses Windows? Folder System32 – Maka itu seperti proses OS Jika tidak terletak di folder Windows, kemungkinan proses pihak ke-3 non-OS. Sekarang cari file tersebut di folder dan klik kanan padanya Pilih dan buka Properties lalu buka tab Detail Apakah Anda melihat Nama Produk atau Hak Cipta sebagai Microsoft? Jika ya, ini adalah proses Microsoft yang sah. Anda tidak? Maka itu bukan file OS Windows.
Memeriksa lokasi File dan Properti memberikan gambaran sebenarnya, tapi ingat-
Hanya karena file terletak di folder Windows atau System32 tidak menjadikannya file Microsoft atau Windows OS yang sah!Hanya karena a nama file mirip dengan yang lain yang dimiliki oleh perangkat lunak yang sah, tidak berarti bahwa file ini dapat dikaitkan dengan perangkat lunak tersebut.
Microsoft dan sebagian besar perusahaan perangkat lunak yang sah akan selalu menandatangani file mereka secara digital. Jadi memeriksa tab Detail juga penting.

File OS Windows yang sah akan selalu menyebutkan detail seperti yang ditunjukkan di atas.

Anda juga dapat Memeriksa Penerbit Terverifikasi atau Integritas File dengan Nilai Hash.

Baca: Cara mengetahui ID Proses Aplikasi di Windows

Jika Anda memiliki terletak file di Task Manager, Anda juga dapat klik kanan di atasnya dan pilih Cari online.

Mesin pencari favorit Anda akan terbuka dan memberitahu Anda tentang hal itu.

Jangan hanya mengunjungi situs apapun, tetapi mengidentifikasi beberapa situs asli dari hasil dan kunjungi mereka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang prosesnya.

Jika Anda mencari informasi tentang suatu proses, Anda juga dapat mencarinya di sini dan melihat apakah itu tersedia.

Bagaimana Anda tahu proses apa yang menggunakan file?

Anda bisa gunakan salah satu dari metode ini untuk mengetahui proses mana yang mengunci atau menggunakan file di Windows 11/10:
Periksa proses yang mengunci file menggunakan Resource Monitor.Gunakan SysInternals Pr ocess Explorer untuk mengidentifikasi proses yang mengunci file.Cari tahu melalui Command Prompt menggunakan alat Handle.Gunakan OpenedFilesView freeware untuk mengidentifikasi proses yang menyimpan file.
Bagaimana cara mendapatkan daftar proses di Windows?

Untuk menemukan semua proses menggunakan WMIC di Windows 11/10, ikuti langkah berikut:
Tekan Win+X untuk membuka menu WinX.Pilih opsi Terminal Windows .Masukkan perintah ini: daftar proses wmicTemukan detailnya di jendela Terminal Windows.
Cara memeriksa apakah file berbahaya atau tidak di Windows?

Ini adalah cara untuk memeriksa apakah file program adalah virus atau tidak sebelum menginstalnya di PC Anda:
Langkah dasarKlik kanan file dan pindai dengan perangkat lunak keamanan AndaDapatkan pindaian dengan Pemindai Malware OnlinePeriksa Penerbit TerverifikasiVerifikasi File Integritas dengan Nilai HashGunakan fitur Windows Sandbox.
Bagaimana menemukan PID Proses di Windows?

Anda dapat menemukan ID Proses aplikasi dengan empat cara berbeda:
Melalui Pengelola TugasMelalui Koma nd PromptThrough Resource MonitorThrough PowerShell
Saya harap tip kecil ini bermanfaat bagi Anda.