Bagaimana cara menggunakan fungsi TEXTJOIN di Excel?

Posting ini menjelaskan cara menggunakan fungsi TEXTJOIN di Excel. TEXTJOIN adalah fungsi Teks di Excel yang menggabungkan (atau menggabungkan) string teks dari dua sel atau lebih dan memisahkan nilai gabungan menggunakan adelimiter. Ini adalah alternatif yang lebih kuat untuk operator penggabungan (&) atau fungsi CONCATENATE, yang merupakan dua cara lain untuk menggabungkan string di Excel. Fungsi TEXTJOIN tersedia di Excel untuk Office 365, Excel 2019, dan Excel 2021.

Sintaks fungsi TEXTJOIN adalah sebagai berikut:
TEXTJOIN(pembatas, abaikan_kosong, teks1, [teks2], …)
Dimana, 
delimiter adalah karakter yang memisahkan nilai-nilai yang digabungkan. Ini adalah argumen yang diperlukan. Dibutuhkan string teks yang diapit dengan tanda kutip ganda atau referensi ke string teks sebagai nilainya. Koma (“,”), spasi (” “), dan tanda hubung (“-“) adalah beberapa contoh yang digunakan sebagai pembatas dalam fungsi TEXTJOIN. String kosong (“”) dapat ditentukan untuk tidak menggunakan delimiter.ignore_empty mengambil TRUE atau False, dengan TRUE sebagai nilai default. Ini memberi tahu Excel apakah akan menyertakan atau mengabaikan sel kosong dalam string yang dihasilkan. False menyimpan nilai kosong dan True mengabaikannya. Ini juga merupakan argumen wajib.text1 mengambil nilai string utama yang perlu digabungkan. Argumen ini juga diperlukan. Itu bisa berupa string teks, referensi ke sel yang berisi string teks, atau larik string (referensi ke rentang sel). [text2], … adalah nilai teks tambahan (dan opsional) yang perlu digabungkan dengan tali utama. Anda dapat menggabungkan hingga 252 string, termasuk text1.
Bagaimana cara menggunakan fungsi TEXTJOIN di Excel?

Mari kita lihat cara menggunakan fungsi TEXTJOIN di Excel.
Contoh 1: Menggunakan TEXTJOIN menggunakan pembatas tunggalbsp

Misalkan kita memiliki buku kerja dengan data karyawan (karyawan nama) dari suatu organisasi, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Kolom A berisi nama depan karyawan, kolom B berisi nama tengah karyawan, dan kolom C berisi nama belakang karyawan. Untuk menggabungkan nilai-nilai ini sebagai nama lengkap, kita dapat menggunakan fungsi TEXTJOIN di sel D3 sebagai:
=TEXTJOIN(” “, TRUE, A3:C3)
Untuk baris pertama (Baris 3), fungsi akan mengembalikan `Laxman+” “+ (nilai_kosong)+” “+Singh`

Karena argumen abaikan_kosong disetel ke TRUE, ini akan mengabaikan nilai kosong apa pun dalam rentang sel yang ditentukan. Jadi hasil akhirnya adalah:

`Laxman+” “+Singh`, yang menjadi `Laxman Singh`, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Sebaliknya, jika kita menetapkan ign_empty sebagai FALSE, fungsi akan mengembalikan `Laxman  Singh` , yang mencakup 2 spasi, dengan mempertimbangkan nilai kosong juga.

Tip: Untuk mengulangi rumus yang sama untuk semua baris, Anda dapat mengarahkan penunjuk mouse ke sudut kanan bawah sel D3 (yang berisi rumus TEXTJOIN), dan saat penunjuk berubah menjadi tanda tambah (+), klik lalu seret penunjuk hingga sel D6. Rumus yang sama akan berlaku untuk sel D4 hingga D6 saat Anda melepaskan penunjuk tetikus.
Contoh 2: Menggunakan TEXTJOIN menggunakan beberapa pembatas Sekarang misalkan kita memiliki lembar data lain di mana Kolom A berisi nama belakang karyawan, kolom B berisi nama depan karyawan, dan kolom C berisi nama tengah karyawan suatu organisasi, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Jika kita menginginkan nama lengkap dengan format Nama belakang, Nama depan Nama tengah, kita dapat menggunakan fungsi TEXTJOIN sebagai berikut:
=TEXTJOIN({“,”,” “}, TRUE, A3:C3)
Di sini, kami telah menyediakan lebih dari 1 pembatas (koma dan spasi) untuk menggabungkan nilai string. Jadi fungsi akan memilih nilai sel A3 (Singh), gabungkan dengan karakter koma (Singh+”, “), lalu pilih nilai sel B3 dan gabungkan dengan karakter spasi (Singh+”, “+Laxman+” “), lalu gabungkan seluruh nilai ini dengan nilai sel C3(Singh+”,”+Laxman+” “+””). Hasilnya sekarang akan muncul dalam format yang diinginkan(Singh,Laxman ), seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Catatan:
Jika panjang string yang dihasilkan melebihi 32767 karakter (yang merupakan batas sel di Excel), fungsi TEXTJOIN akan mengembalikan #NILAI! error.Jika argumen pembatas tidak disediakan atau kosong, (“”), fungsi akan menggabungkan nilai sel tanpa pembatas. Untuk menggabungkan nilai tanggal dengan nilai string, Anda harus terlebih dahulu mengubah tanggal menjadi format teks menggunakan fungsi TEXT .Untuk menyisipkan jeda baris di antara nilai string, gunakan CHAR(10) sebagai pembatas dan aktifkan format `Bungkus Teks` untuk sel. 10 adalah kode karakter ASCII untuk umpan baris. Angka yang diberikan sebagai pembatas atau teks dalam fungsi TEXTJOIN diubah menjadi teks selama proses penggabungan.
Inilah cara Anda menggunakan fungsi TEXTJOIN untuk menggabungkan data dari rentang sel. Jika Anda perlu membalikkan perubahan, Anda dapat menggunakan fungsi TEXTSPLIT untuk memisahkan string berdasarkan pembatas yang diberikan.

Semoga ini bermanfaat.

Mengapa rumus TEXTJOIN saya tidak berfungsi?

Rumus TEXTJOIN mungkin tidak berfungsi di sistem Anda jika Anda memiliki versi Excel yang tidak mendukung rumus ini. TEXTJOIN hanya tersedia di Excel 2019 dan yang lebih baru. Anda juga dapat menggunakannya jika menggunakan Excel untuk Office 365. Pada versi lainnya (Excel 2016 atau lebih lama), ini akan menampilkan #NAME? kesalahan.

Bagaimana cara menggabungkan dua sel teks di Excel?

Anda dapat menggabungkan dua sel teks di Excel menggunakan fungsi TEXTJOIN. Baik Anda ingin menggabungkan dua atau lebih dari dua sel, Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk menyelesaikan pekerjaan. Panduan mendetail tentang fungsi TEXTJOIN disebutkan di sini dan disarankan untuk mengikutinya.

Baca Selanjutnya:Mengonversi Matematika Tulisan Tangan menjadi Teks menggunakan Tinta ke Matematika di Office.