Bagaimana cara mengonfirmasi konversi Format File saat dibuka di Word

Jika Anda ingin memiliki opsi untuk memilih format file sebelum membuka PDF, HTML, XML, atau file lainnya di Word, berikut adalah cara melakukannya. Dimungkinkan untuk mengonfirmasi konversi format file saat dibuka di Microsoft Word menggunakan panduan langkah demi langkah ini. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan ini menggunakan opsi bawaan, Editor Kebijakan Grup Lokal, dan Editor Registri.

Cara mengonfirmasi konversi format file saat dibuka di Word

Untuk mengonfirmasi konversi format file saat dibuka di Microsoft Word, Anda memiliki opsi berikut:
Menggunakan Opsi WordMenggunakan Kebijakan GrupMenggunakan Editor Registri
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.
1] Menggunakan Opsi Word

Ini adalah pengaturan bawaan yang disertakan dengan Microsoft Word. Apakah Anda ingin mengaktifkan atau menonaktifkan opsi ini, Anda dapat mengambil bantuan Opsi Word. Untuk mengaktifkan panel konversi format file menggunakan Opsi Word, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Microsoft Word di komputer Anda.Klik menu File.Klik Opsi.Beralih ke tab Lanjutan.Buka bagian Umum.Centang Konfirmasi format file konversi pada kotak centang terbuka.Klik tombol OK.
Setelah itu, Word akan menampilkan panel setiap kali Anda mencoba membuka file apa pun.
2] Menggunakan Kebijakan Grup

Dimungkinkan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan setelan yang sama menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal. Untuk menggunakan utilitas ini guna mengaktifkan atau menonaktifkan opsi ini, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Win+R untuk menampilkan perintah Jalankan. Ketik gpedit.msc dan klik tombol OK.Buka jalur ini: Konfigurasi Pengguna > Template Administratif > Microsoft Word 2016 > Opsi Word > LanjutanKlik dua kali pada setelan Konfirmasi konversi format file saat terbuka di sisi kanan.Pilih opsi Diaktifkan.Klik tombol OK.
Mulai sekarang dan seterusnya, setiap kali Anda mencoba membuka file apa pun di Word, Anda akan diminta untuk pilih format file untuk mengonversi file.

Catatan: Jika Anda tidak ingin menampilkan jendela konversi file, klik dua kali pada setelan yang sama seperti di atas dan pilih opsi Not Configured.
3] Using Registry Editor

Jika Anda tidak ingin menginstal template Office untuk mengaktifkan pengaturan ini, metode Penyunting Registri ini adalah untuk Anda. Dimungkinkan untuk mengaktifkan opsi ini di Windows 11/10 dengan bantuan Registry Editor. Untuk itu, lakukan hal berikut:
Tekan Win+R untuk membuka dialog Jalankan. Ketik regedit > tekan tombol Enter > klik opsi Ya di permintaan UAC. Buka jalur ini: HKEY_CURRENT_USERSoftwarePoliciesMicrosoftoffice16.0 Klik kanan pada 16.0 > Baru > Kunci dan beri nama sebagai kata. Klik kanan pada kata > Baru > Kunci dan tetapkan namanya sebagai opsi. Klik kanan pada opsi > Baru > Nilai DWORD (32-bit). Beri nama sebagai confirmfileconversion.Klik dua kali untuk menetapkan Value data sebagai 1.Klik tombol OK.Restart your computer.
Setelah itu, Word akan menampilkan panel popup konversi file yang sama.

Namun, jika Anda ingin menyembunyikan panel ini dan kembali ke pengaturan asli, Anda perlu mengklik dua kali padanya dan mengatur data Nilai sebagai 0. Atau, Anda juga dapat menghapus nilai REG_DWORD ini.

Baca: Cara mengaktifkan atau menonaktifkan Penyimpanan Latar Belakang di Word

Bagaimana bisa ketika saya membuka dokumen Word mengatakan konversi file?

Word menampilkan pesan untuk memilih format file sumber saat Anda mengaktifkan afor opsi yang disebutkan. Ini disebut Konfirmasi konversi format file saat dibuka. Sekadar informasi, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan ini menggunakan panel Opsi Word, Editor Kebijakan Grup Lokal, dan Editor Registri.

Saat saya mencoba membuka dokumen, tertulis konversi file?

Saat Anda mencoba membuka dokumen, jika tertulis konversi file, itu berarti Anda harus menonaktifkan pengaturan yang disebutkan di atas. Untuk itu, buka panel Opsi Word, dan buka bagian Lanjutan . Kemudian, cari bagian Umum, dan centang kotak Konfirmasi konversi format file saat terbuka. Terakhir, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Itu saja!

Baca: Cara menghentikan Word agar tidak menghapus atau menghapus Teks yang Dipilih saat Anda mengetik.